Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dari Workshop Internet dan Fotografi di SMAN I Tenggarong
Minati Fotografi, Peserta Workshop Bentuk Klub Fotografer

Workshop Pengenalan Internet yang disampaikan M Agri Winata di hadapan 24 pelajar SMAN I TenggarongWorkshop Pengenalan Internet yang disampaikan M Agri Winata di hadapan 24 pelajar SMAN I Tenggarong
Photo: Yanda


Para siswi SMAN I Tenggarong tengah mengakses situs-situs web pilihan mereka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan
Para siswi SMAN I Tenggarong tengah mengakses situs-situs web pilihan mereka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/08/2005 22:36 WITA
Setelah sehari sebelumnya mengikuti Workshop Pengenalan Linux bersama Kelompok Pengguna Linux Indonesia (KPLI) Samarinda dan KPLI Kutai Kartanegara (Kukar), 24 pelajar SMAN I Tenggarong sejak siang hingga sore tadi kembali mengikuti kegiatan workshop yang berkaitan dengan dunia internet dan fotografi digital bersama KutaiKartanegara.com dan Bagian Humas & Protokol Pemkab Kukar.

Kegiatan yang juga didukung Total E&P Indonesie dan G2 Computers Tenggarong pada hari kedua ini menampilkan CEO KutaiKartanegara.com M Agri Winata ST dan Kasubag Pengumpulan Informasi Bagian Humas & Protokol Zainul Effendi Joesoef SSos pada sesi pertama yang memberikan pemaparan pesatnya perkembangan teknologi informasi dan komunikasi melalui media internet.


Kasubag Informasi Bag Humas Protokol Pemkab Kukar Zainul Effendi Joesoef dan Agri (belakang) ketika membimbing para peserta workshop menjelajahi internet
Photo: Buyung

Disamping mendapatkan materi tentang perkembangan dunia maya seperti mendapatkan informasi melalui situs web, mengirim e-mail dan chatting, para pelajar SMAN I Tenggarong ini juga mempraktekkan langsung penggunaan internet tersebut melalui 12 komputer yang telah terkoneksi ke jaringan internet.

Sementara pada sesi kedua, kegiatan workshop diisi dengan materi Pengenalan Fotografi Digital oleh Jaya Miharja dan Fotografi Jurnalistik oleh Johan A Hakim dan Nopianda. Sesi yang dimulai sekitar pukul 13.00 WITA ini menarik perhatian para pelajar yang rata-rata duduk di bangku kelas II IPA maupun IPS tersebut.

Jaya Miharja secara panjang lebar memaparkan mengenai perkembangan dunia fotografi mulai dari penemuan foto pertama hingga munculnya kamera atau fotografi digital di awal 1990an. Tak hanya itu, Jaya Miharja juga menunjukkan kemahirannya dalam olah digital yang sangat memukau para pelajar peserta workshop tersebut.


Pemaparan Fotografi Digital oleh Jaya Miharja yang menarik minat pelajar SMAN I Tenggarong
Photo: Agri

Yang menarik, sesi ini juga diisi praktek pemotretan langsung oleh para pelajar tersebut baik dengan menggunakan kamera ponsel, kamera saku digital hingga kamera digital SLR. Para pelajar SMAN I Tenggarong ini sangat antusias melakukan praktek pemotretan jurnalistik yang menggambarkan suasana peninjauan proyek renovasi gedung SMAN I Tenggarong oleh pejabat Kukar dan Kepala Sekolah yang diperankan para pemateri workshop.

Setelah ditransfer ke komputer, hasil jepretan dari para pelajar tersebut kemudian diulas satu per satu oleh Nopianda dan Zainul Effendi Joesoef mengenai kekurangan maupun kelebihannya. Antusiasme para pelajar SMAN I Tenggarong terhadap dunia fotografi ini akhirnya melahirkan hobi baru bagi mereka yakni memotret dengan membentuk sebuah klub fotografer SMANSA.

Salah seorang pelajar SMAN I Tenggarong bernama Faisal Ibnu Mubarak mengaku senang dengan diadakannya workshop ini karena dapat menambah pengetahuan dan pengalaman baru. "Sayang waktunya cuma 2 hari untuk mengenali Linux, internet dan fotografi. Saya juga tergugah untuk menerjuni dunia fotografi karena sepertinya menyenangkan dan menantang. Saya harap suatu saat nanti bisa seperti kakak-kakak fotografer," ujar Faisal.

Senada dengan Faisal, M Alvin Asri menyatakan bahwa kegiatan workshop ini sangat bermanfaat bagi mereka, terutama bagi dirinya yang kebetulan sangat menggemari dunia komputer, internet dan fotografi.

Lain lagi pendapat Baqi Pradana, dia berharap agar akses internet di Kukar dapat digratiskan. "Minimal pulsa diturunkan sampai Rp 1.000 per jam," demikian ujar pelajar yang sangat berminat terhadap dunia maya ini. (win/nop/bm)


Nopianda yang akrab disapa Yanda ketika memaparkan materi Fotografi Jurnalistik
Photo: Buyung


Berita Terkait:
Pelajar SMAN I Tenggarong Ikuti Workshop Pengenalan Linux (24/08/2005)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
Vaksinasi COVID-19 Perdana di Kukar, Ada 3 Tokoh Ditunda Jalani Vaksinasi
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com