Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Peneliti Lemhanas Kaji Implementasi Comdev di Kukar

Ketua Tim Pengkaji Program comdev Lemhanas RI Drs H Radjab Semendawai SH Msi didampingi Wabup Kukar Samsuri Aspar ketika menyampaikan maksud kunjungannya ke Kukar
Ketua Tim Pengkaji Program comdev Lemhanas RI Drs H Radjab Semendawai SH Msi didampingi Wabup Kukar Samsuri Aspar ketika menyampaikan maksud kunjungannya ke Kukar
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 09/08/2005 19:24 WITA
Tim Pengkaji sekaligus Peneliti dari Lembaga Pertahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia dipimpin Drs H Radjab Semendawai SH MSi yang beranggotakan 2 orang masing-masing Marsekal Muda Dr Ir Suharso dan Drs Marwoto Suswito MM melakukan kajian awal tentang Implementasi Program Community Development (Comdev) dengan berbagai pihak di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kedatangan tim peneliti Lemhanas ini diterima Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM di Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagi. Menurut Ketua Tim Radjab Semendawai kunjungan ini dalam rangka mengkaji dan meneliti implementasi program comdev yang dilakukan pihak perusahaan swasta, BUMN dan BUMD yang ada di wilayah Kukar.

"Hasil kajian Lemhanas ini nanti akan dijadikan sebagai rekomendasi kepada pemerintah dalam rangka implementasi Sistem Manajemen Nasional (Sismennas) guna mendukung peningkatkan Ketahanan Nasional," ungkapnya.


Dua anggota tim peneliti Lemhanas RI Drs Marwoto Suswito MM (kanan) berdampingan dengan Marsma Dr Ir Suharso pada acara pertemuan perusahaan dan Pemkab Kukar
Photo: Joe

"Sementara menurut anggota tim lainnya, Drs Marwoto Suswito MM, hampir semua program comdev di Indonesia belum dilakukan secara transparan sehingga masyarakat maupun pemerintah di daerah kurang merasakan dampak program comdev sebagai program yang dapat membantu meringankan beban pembangunan.

Selama ini program comdev selain tidak transparan juga tidak bersifat partisipatif dan akuntabel. Sehingga program comdev hanya sebagai program akal-akalan pihak perusahaan yang bersifat jangka pendek yang lebih menguntungkan pihak perusahaan," ujar Marwoto.

Padahal, lanjutnya, kehadiran suatu perusahaan di suatu wilayah harus memiliki kontribusi bagi kesejahteraan masyarakat maupun wilayah. "Dengan program comdev yang transparan, akuntabel dan partisipatif, secara tidak langsung menjadikan perusahaan sebagai aset masyarakat karena dapat menampung tenaga kerja dan Pemda dengan PAD," paparnya seraya menyebut perusahaan rokok PT Gudang Garam di Kediri, Jawa Timur, sebagai sala satu contoh.

Sementara Wakil Bupati Samsuri Aspar mengakui selama ini kesulitan mencari titik temu mengenai keterbukaan comdev. Upaya koordinasi acap dilakukan melalui rapat dan diskusi dengan perusahaan, namun hasilnya nol. "Kami hanya diberitahu sesaat akan meresmikan program comdev, tidak lebih dari itu. Padahal Pemkab bersama DPRD sepakat bahwa program comdev harus dicantumkan dalam APBD setiap tahun anggaran, sebagai pos sumbangan pihak ketiga," demikian kata Wabup Kukar.

Hadir dalam pertemuan dengan tim peneliti Lemhanas diantaranya pihak perusahaan swasta besar, BUMN dan BUMD yang beroperasi di Kukar, pimpinan dinas instansi serta Muspida dan sejumlah anggota DPRD Kukar. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Swab Massal di Sanga-Sanga: PDP Yang Meninggal Dunia Ternyata Tidak Dimakamkan Secara COVID-19
Satu Warga Sanga-Sanga Meninggal Dunia Ternyata Positif Terjangkit Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com