Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bupati Kukar Canangkan Rencana Pembangunan Pusat Perkantoran dan Bisnis

Rita Widyasari berharap agar pembangunan Pusat Perkantoran dan Bisnis di Tenggarong dapat memperhatikan ketentuan hukum berlakuRita Widyasari berharap agar pembangunan Pusat Perkantoran dan Bisnis di Tenggarong dapat memperhatikan ketentuan hukum berlaku
Photo: Agri


Bupati Kukar Rita Widyasari didampingi Ketua DPRD Salehudin dan Wabup Ghufron Yusuf  membuka selubung papan nama lokasi pembangunan Pusat Perkantoran dan Bisnis
Bupati Kukar Rita Widyasari didampingi Ketua DPRD Salehudin dan Wabup Ghufron Yusuf membuka selubung papan nama lokasi pembangunan Pusat Perkantoran dan Bisnis
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 07/11/2010 16:24 WITA
Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari hari ini mencanangkan rencana lokasi pembangunan Pusat Perkantoran dan Bisnis yang berlokasi di sekitar Jembatan Kartanegara, Tenggarong.


Pencanangan rencana lokasi Pusat Perkantoran dan Bisnis ini ditandai dengan pelepasan selubung papan nama oleh Bupati Rita Widyasari bersama Ketua DPRD Kukar Salehudin.


Selain itu juga dilakukan ritual Tepong Tawar oleh kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara ing Martadipura di lokasi yang berada di sebelah barat Jam Bentong tersebut.


Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kukar Totok Heru Subroto, meski belum dilaksanakan publikasi, tetapi beberapa pengusaha telah menyatakan siap untuk berinvestasi dengan pola Build, Operate and Transfer (BOT) atau Bangun Guna Serah. "Sehingga pembangunan fisik Pusat Perkantoran dan Bisnis ini tidak menggunakan dana APBD sepeser pun," tegas Totok.


Meski demikian, lanjut Totok, Pemkab Kukar terlebih dahulu akan melaksanakan serangkaian proses persiapan, seperti pelelangan, perjanjian kerjasama, persetujuan DPRD serta melengkapi sejumlah persyaratan seperti penyusunan dokumen Studi Kelayakan, Analisa Dampak Lingkungan (AMDAL), Detail Engineering Design (DED), serta Izin Mendirikan Bangunan.



Kerabat Kesultanan Kutai melakukan ritual Tepong Tawar di lokasi Pusat Perkantoran dan Bisnis
Photo: Agri

Sementara dikatakan Bupati Kukar Rita Widyasari, keinginan untuk menghadirkan Pusat Perkantoran dan Bisnis ini sudah lama dicetuskan oleh ayahnya, H Syaukani HR, saat masih menjabat sebagai Bupati Kukar periode sebelumnya.


"Beliau (Syaukani-red) berkeinginan agar ada pusat perkantoran yang merupakan kantor pusat bagi perusahaan-perusahaan swasta yang beroperasi di Kukar. Oleh karena itu saya mencoba merealisasikannya," ujar Rita.


Ditambahkan Rita, kehadiran Pusat Perkantoran dan Bisnis ini dimaksudkan untuk memudahkan koordinasi antara pemerintah daerah dengan swasta.


"Saya berharap kehadiran Pusat Perkantoran dan Bisnis ini akan mempermudah proses pelayanan yang harus diberikan pemerintah kepada pihak swasta," imbuhnya.


Selain itu, lanjut Rita, kehadiran Pusat Perkantoran dan Bisnis ini diharapkan akan mendorong usaha perdagangan di daerah serta meningkatkan laju perekonomian di kota Tenggarong sebagai kota wisata.


"Karena rasanya tak lengkap jika orang berkunjung ke Tenggarong sebagai kota wisata, namun belum ada mall atau pusat perbelanjaaan," kata Rita.


Rita juga mengingatkan kepada instansi terkait seperti BAPPEDA, Dinas Pekerjaan Umum dan Kantor Aset Daerah untuk memperhatikan aturan dan ketentuan hukum dalam melaksanakan proses pembangunan Pusat Perkantoran dan Bisnis tersebut.


"Karena dalam rencana pembangunan ini ada barang milik daerah berupa lahan yang digunakan sebagai lokasi pembangunan. Jadi harap perhatikan aturan dan ketentuan hukum berlaku, khususnya ketentuan mengenai pola kerjasama pemanfaatan aset milik daerah," tegasnya.


Pusat Perkantoran dan Bisnis di kota Tenggarong rencananya akan dibangun di atas lahan seluas 8,3 hektar. Bangunan yang terdiri dari 7 lantai ini akan diisi dengan pusat perbelanjaan yang menempati lantai dasar hingga lantai 3, kemudian untuk perkantoran swasta mulai lantai 4 hingga 7. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kabar Baik, Kecamatan Samboja Kini Zero COVID-19
Satu Pasien Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal di 5 Kasus
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com