Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Diluncurkan November 2010
Pelajar Kembang Janggut Terbitkan Mengukir Jejak

Salah seorang pelajar SMAN 1 Kembang Janggut menceritakan kisahnya melalui kegiatan SCM di sekolah tersebut
Salah seorang pelajar SMAN 1 Kembang Janggut menceritakan kisahnya melalui kegiatan SCM di sekolah tersebut
Photo: Hanafi

KutaiKartanegara.com - 16/10/2010 12:31 WITA
Kreatifitas remaja di daerah ini bertambah lagi. Sejumlah pelajar yang tergabung dalam Study Club Menulis (SCM) di SMA Negeri 1 Kecamatan Kembang Janggut, menerbitkan buku yang diberi judul Mengukir Jejak.


Buku yang diterbitkan ini berkat kerjasama SCM SMA Negeri 1 Kembang Janggut dan penerbit Riview Jakarta. Buku Mengukir Jejak merupakan catatan-catatan sederhana para remaja yang bercerita tentang keseharian mereka.


Mereka menceritakan semangat berjuang menuntut ilmu, meski berada di tengah keterbatasan hidup. Serta beberapa tulisan tentang Palestina yang turut membuat tangan mereka bergerak untuk mencurahkan isi hati mereka.


Buku yang diberi kata pengantar oleh Nala Arung, seorang penulis dan pekerja seni Kukar ini seolah jadi jawaban atas kerisauan banyak pihak mengenai minat dan bakat menulis remaja di daerah ini.


Sejumlah remaja mengukirkan tulisan mereka di buku setebal 160 halaman ini. Dengan sedikit berani, mereka yang berada di daerah pedalaman ini menyentil tentang kehidupan kota yang glamor, serta pendidikan di tempat mereka yang terkucilkan.


Meski demikian mereka tak berkurang semangatnya dalam mengejar cita-cita. Kekurangan guru serta fasilitas sekolah tidak menjadikan mereka putus asa untuk terus sekolah. Justru api semangat kian berkobar.



Buku Mengukir Jejak yang merupakan kumpulan kisah para pelajar SMAN 1 Kembang Janggut akan diluncurkan November mendatang
Photo: Hanafi

Dikatakan pembina SCM sekaligus editor dalam buku Mengukir Jejak, Hanafi SPdI, buku yang sebentar lagi akan diluncurkan itu adalah bukti bahwa remaja di daerah terpencil pun dapat mengembangkan kreatifitasnya.


SCM yang dikembangkannya telah berdiri sejak tiga tahun yang lalu. Baru pada tahun 2010 ini mendapatkan kesempatan untuk menerbitkan buku karya para anggotanya.


Hanafi yang juga wakil ketua Forum Lingkar Pena wilayah Kalimantan Timur serta pengajar di SMA Negeri 1 Kembang Janggut ini mengatakan bahwa sebenarnya banyak minat serta bakat yang dimiliki oleh remaja, khususnya remaja atau pelajar di daerah-daerah terpencil. "Hanya saja wadah untuk mengembangkan kreatifitas para remaja sangat kurang. Sehingga banyak remaja yang kemudian tidak melakukan apa-apa untuk mengembangkan minat dan bakat yang mereka miliki," ungkap Hanafi.


Hal senada juga diungkapkan oleh Kepala SMAN 1 Kembang Janggut, Drs Syaiful Islam. Menurutnya banyak pelajar yang memiliki bakat-bakat yang luar biasa. Namun sering terkendala minimnya pembinaan serta dana. Sehingga banyak pelajar atau remaja yang tidak terbina secara berkesinambungan.


Untuk itulah sebagai kepala sekolah ia pun menjembantani kegiatan SCM dengan memberikan dukungan dana untuk menerbitkan buku Mengukir Jejak tersebut. Baginya, kegiatan-kegiatan SCM sangat memberikan manfaat bagi pelajar di sekolahnya. "Pelajar memiliki kesibukan yang positif, sehingga hasil yang mereka dapatkanpun bermanfaat bagi mereka," ungkap Syaiful Islam.


Buku Mengukir Jejak yang merupakan prestasi pelajar daerah terpencil ini diharapkan mampu memberikan motivasi bagi remaja di daerah ini. Boleh jadi buku Mengukir Jejak ini adalah buku pelajar pertama yang pernah terbit di kabupaten Kutai Kartanegara. Sehingga patut mendapatkan apresiasi bagi pelajar serta masyarakat Kukar. Mengingat prestasi menulis di kalangan pelajar Kukar pada saat ini masih sangat kurang.


Rencananya buku Mengukir Jejak akan diluncurkan pada bulan Nopember 2010. Diharapkan buku ini mendapat respon positif dari masyarakat Kukar. "Harapan kami, buku ini adalah awal bagi pengembangan prestasi menulis para remaja di daerah ini. Buku inipun tidak asal jadi, karena kami sangat selektif dalam menyeleksi tulisan-tulisannya. Jadi kami juga memperhatikan kualitas tulisan mereka," ucap Hanafi.


Hanafi serta pengurus FLP Kaltim saat ini juga tengah menggiatkan kreatifitas menulis di kalangan anak muda di Kaltim. Beragam pengembangan serta program telah disusun untuk meningkatkan kemampuan menulis bagi anak-anak dan remaja. FLP Kids serta SCM adalam program yang telah berjalan, serta membuahkan beragam prestasi kepenulisan. (win)


Para remaja yang tergabung dalam SCM SMAN 1 Kembang Janggut menuangkan kisah-kisah mereka dalam Mengukir Jejak
Photo: Hanafi

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kecuali Akhir Pekan dan Hari Libur, Lampu Tematik Jembatan dan Taman Kota Raja Tetap Nyala Pada Hari Biasa
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com