Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sambil Rekreasi di Tenggarong, Ketua RT hingga Camat se-Bontang Studi Banding Pilkada Kukar

Walikota Bontang Dr H Andi Sofyan Hasdam SpS mengemudikan sendiri kendaraan wisata yang ditumpangi para aparatur pemerintahan di Bontang mengelilingi pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala, Tenggarong, Minggu (31/07) siang
Walikota Bontang Dr H Andi Sofyan Hasdam SpS mengemudikan sendiri kendaraan wisata yang ditumpangi para aparatur pemerintahan di Bontang mengelilingi pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala, Tenggarong, Minggu (31/07) siang
Photo: Jaya

KutaiKartanegara.com - 31/07/2005 21:05 WITA
Dengan dipimpin langsung Walikota Bontang Dr H Andi Sofyan Hasdam SpS, segenap Ketua Rukun Tetangga (RT), Lurah hingga Camat se-Kota Bontang termasuk pejabat teras dan anggota KPUD Bontang tadi pagi melakukan studi banding tentang pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Kunjungan sehari rombongan Pemkot Bontang ke Kukar yang berjumlah sekitar 700 orang ini diterima oleh Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kukar HM Ishack Iskandar SE di Gedung Putri Karang Melenu, Tenggarong Seberang.

Menurut Walikota Bontang Andi Sofyan Hasdam, kunjungan untuk melakukan studi banding tentang pelaksanaan Pilkada di Kukar ini adalah atas prakarsa murni para Ketua RT se-Bontang.

"Dipilihnya Kukar menjadi sasaran studi banding Pilkada karena selain sukses melaksanakan Pilkada yang relatif berlangsung aman dan demokratis, juga sekaligus sebagai sarana refreshing dengan mengunjungi objek-obyek wisata di kota Tenggarong," ujar Sofyan Hasdam.

Ditambahkan Walikota Bontang, studi banding ini penting karena Kota Bontang dalam waktu dekat juga akan melaksanakan Pilkada secara langsung.

Sofyan Hasdam pada kesempatan itu menolak tudingan bahwa kunjungan para Ketua RT, Lurah dan Camat se Kota Bontang ke Tenggarong adalah wisata politik. Akan tetapi menurutnya, benar-benar murni prakarsa para Ketua RT, Lurah dan Camat demi membuka wawasan tentang pelaksanaan Pilkada, langsung dari penyelenggaranya yaitu KPUD Kukar.

Walikota Bontang juga menilai bahwa tidak ada pasca Pilkada yang tidak ribut. "Setiap daerah yang melaksanakan Pilkada pasti ujung-ujungnya ribut. Untuk itu persiapan Pilkada di Bontang harus benar-benar dipersiapkan agar Pilkada di Bontang nantinya menjadi Pilkada teladan secara nasional," tuturnya.

Menurut Sofyan Hasdam, ada 3 cara efektif untuk melaksanakan Pilkada. Yang pertama, membuat kesepakatan damai antar kandidat dengan para tokoh agama dan masyarakat. Kedua, setiap akhir kampanye baik monologis maupun dialogis, kandidat maupun tim sukses harus diakhiri dengan membuat kontrak politik bersama masyarakat.

"Dan ketiga, sayembarakan pelanggaran Pilkada. Yaitu dengan memberi hadiah kepada rakyat bila menemukan dan melaporkan pelanggaran Pilkada. Bila ke 3 hal ini dilakukan insya Allah Pilkada akan berlangsung dengan tertib dan aman." katanya.

Sementara Ketua KPUD Kukar HM Ishack Iskandar SE mengatakan, studi banding Ketua RT, Lurah dan Camat se-Bontang tentang penyelenggaraan Pilkada di Kukar ini dinilainya sangat tepat. Sebab para Ketua RT, Lurah dan Camat merupakan aparat ujung tombak pelaksana di lapangan.

Dikatakan pula pelaksanaan Pilkada secara langsung di Kukar bukan berarti yang terbaik, namun Pilkada yang pertama kali dilaksanakan dalam sejarah bangsa Indonesia. "Kesuksesan Pilkada di Kukar berkat kerjasama yang baik antara KPUD sebagai penyelenggara dengan pihak eksekutif dalam hal ini Pemkab Kukar dan legislatif atau DPRD Kukar," ungkapnya.

Diakui Ishack, pihak eksekutif maupun legislatif di Kukar sangat membantu dalam mem-back up kelancaran tugas KPUD. Eksekutif maupun legislatif tidak mencampuri tugas KPUD namun memberikan dukungan sinergi yang kuat agar KPUD dapat berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. "Disamping itu, sosialisasi Pilkada juga penting terutama tentang berdemokrasi yang lebih baik kepada rakyat pemilih," demikian kata Ishack Iskandar.

Usai pertemuan bersama KPUD Kukar, Walikota Bontang Sofyan Hasdam beserta rombongan mengunjungi objek wisata yang ada di Tenggarong diantaranya mendatangi pusat rekreasi dan wisata Pulau Kumala, Tenggarong. (joe/jay)


Para Ketua RT, Lurah dan Camat se-Kota Bontang saat mengikuti pemaparan Ketua KPUD Kukar HM Ishack Iskandar tentang pelaksanaan Pilkada Kukar 2005 di Gedung PKM, Tenggarong Seberang
Photo: Jaya

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com