Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Putri Pariwisata Indonesia 2009 Kagumi Wisata Kukar

Putri Pariwisata Indonesia 2009 Andara Rainy Ayudini  menerima cenderamata berupa kalung manik dari Putra Duta Wisata Kukar 2009 Tirta Kusuma Negara
Putri Pariwisata Indonesia 2009 Andara Rainy Ayudini menerima cenderamata berupa kalung manik dari Putra Duta Wisata Kukar 2009 Tirta Kusuma Negara
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 07/02/2010 20:36 WITA
Kesempatan berkunjung ke Tenggarong dalam rangka menghadiri soft opening Parai Kumala Resort & Spa, dimanfaatkan Putri Pariwisata Indonesia 2009 Andara Rainy Ayudini dan Runner Up III Jamila Catheleya untuk menyaksikan langsung keindahan alam, budaya dan pariwisata di Kutai Kartanegara (Kukar).


Andara dan Jamila hadir di 'Kota Raja' Tenggarong atas undangan Yayasan El John selaku penyelenggara ajang Pemilihan Putri Pariwisata Indonesia. Dan El John sendiri, melalui anak perusahaannya yakni PT El John Tirta Emas Wisata, merupakan pemenang tender pengelolaan obyek wisata Pulau Kumala, termasuk fasilitas resort dan spa yang ada di dalamnya.


Didampingi finalis Putri Pariwisata Indonesia asal Kaltim, Adelina, beserta beberapa finalis Duta Wisata Kukar 2009, kedua putri jelita ini mengunjungi sejumlah obyek wisata di kota Tenggarong.


Mulai dari Pulau Kumala, Museum Mulawarman, Kedaton Kutai Kartanegara, Museum Kayu Tuah Himba, Waduk Panji Sukarame, hingga taman pedestrian Jembatan Kartanegara, tak luput dari kunjungan Andara dan Jamila.


"Sejak di Jakarta kami berdua sangat antusias dan senang ketika mendengar kabar bahwa kami mendapat kesempatan datang ke Kaltim untuk hadir pada soft launching Parai Kumala Resort & Spa," ujar Andara dalam jumpa pers yang dipandu Kabag Humas & Protokol Setkab Kukar, Sri Wahyuni, Sabtu (06/02) sore.


Ditambahkan gadis yang akrab disapa Dara ini, tingginya antusiasme mereka untuk datang ke Tenggarong lantaran Kukar merupakan daerah yang terkenal sebagai kerajaan tertua di Indonesia.


"Yang bikin saya tambah takjub setelah tiba di sini ternyata tidak hanya sejarahnya yang masih kental, namun juga seni budayanya yang masih tetap dipertahankan, seperti ukiran asli maupun tarian suku Dayak," ungkap Dara.


Andara juga mengaku sangat terkesan dengan peninggalan dan warisan budaya Kesultanan Kutai yang masih lestari. "Saya sangat takjub mendengar bahwa Sultan menjadi orang yang dituakan disini. Meski ada pemerintahan di sini, Kesultanan masih berjalan beriringan dengan pemerintah daerah setempat," kata gadis kelahiran 25 November 1987 ini.


Dara berjanji akan membantu mempromosikan potensi pariwisata dan budaya Kukar saat menjalankan misi-misi yang diberikan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata di luar negeri.


Senada dengan Dara, Runner Up III Putri Pariwisata Indonesia asal Provinsi Gorontalo Jamila Catheleya mengaku sangat terkesan setelah menjejakkan kaki ke Tenggarong bisa menyaksikan langsung keindahan alam dan budaya di daerah ini.


"Ini pertama kali saya ke Kalimantan yang terkenal dengan wisata alamnya. Saat saya tiba di Tenggarong, ternyata wisata sejarah, alam dan budayanya masih lestari. Dan setiap tahun masih ada festival besar yang dilaksanakan Kesultanannya," ujar Jamila.


Jamila berharap agar seluruh potensi wisata tersebut dapat terus dikembangkan dan dilestarikan. "Saya harap kita bisa saling bekerjasama agar budaya kita tetap lestari," katanya. (win)


Finalis Putri Pariwisata Indonesia asal Kaltim, Adelina (kanan), turut hadir di Tenggarong mendampingi Andara (tengah) dan Jamila
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kebakaran Lahap 5 Rumah Warga Desa Jembayan Tengah
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com