Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Obyek Wisata Pulau Kumala Kini Dikelola Swasta

Pulau Kumala kini ditangani pihak ketiga setelah Pemkab Kukar menyerahkan kewenangan kepada PT El John Pulau Kumala kini ditangani pihak ketiga setelah Pemkab Kukar menyerahkan kewenangan kepada PT El John
Photo: Yanda


Disaksikan Sekkab HAPM Haryanto Bachroel, Direktur Utama  PT El John Tirta Emas Wisata, Johnnie Sugiarto, menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan Pj Bupati Sulaiman Gafur
Disaksikan Sekkab HAPM Haryanto Bachroel, Direktur Utama PT El John Tirta Emas Wisata, Johnnie Sugiarto, menandatangani surat perjanjian kerjasama dengan Pj Bupati Sulaiman Gafur
Photo: Humas Kukar/Heru

KutaiKartanegara.com - 04/02/2010 23:21 WITA
Pengelolaan obyek wisata Pulau Kumala yang berada di tengah Sungai Mahakam, Tenggarong, kini diserahkan kepada pihak swasta. Adalah PT El John Tirta Emas Wisata yang dipercaya Pemkab Kutai Kartanegara untuk menangani pulau wisata tersebut.


PT El John Tirta Emas Wisata sendiri terpilih sebagai pengelola Pulau Kumala sejak awal November 2009 lalu setelah menyisihkan 7 calon investor lainnya, seperti PT Jaya Ancol, PT Westin Hotel Jakarta, PT Grand Victoria Samarinda, PT S3M Sea World, Prisma Group, Pecatu Bali dan Aston International.


Penetapan El John sebagai pengelola Pulau Kumala kemudian ditandai dengan penandatanganan Surat Perjanjian Kerjasama Pemanfaatan Aset Daerah No 01/KSP/KAB.KUKAR/II/2010 antara Pj Bupati Kukar H Sulaiman Gafur dengan Direktur Utama PT E John Tirta Emas Wisata, Johnnie Sugiarto.


Penandatangan perjanjian kerjasama tersebut berlangsung di Ruang Eksekutif Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, Rabu (03/02) kemarin, disaksikan Sekkab Kukar HAPM Haryanto Bachroel, Kepala Kantor Pengelola Aset Daerah Bambang Arwanto dan pejabat dari dinas/instansi terkait lainnya.


Kontrak PT El John dengan Pemkab Kukar sendiri akan berlangsung selama 18 tahun terhitung sejak ditandatangani perjanjian kerjasama tersebut.


Dan yang menarik, PT El John akan memberikan konstribusi tetap kepada Pemkab Kukar sebesar Rp 500 juta per tahun. Sedangkan kontribusi bagi hasilnya sebesar 10,5 % dari Net Operating Profit (NOP) keuntungan bersih.


"Kerjasama ini bertujuan untuk mengoptimalkan pemanfaatan aset daerah, dan diharapkan memberikan keuntungan baik Pemkab maupun pihak ke tiga yang mengelolanya," harap Pj Bupati Sulaiman Gafur.


Dengan kerjasama tersebut, lanjut Sulaiman, diharapkan dapat meningkatkan geliat pariwisata di Kukar. "Karena hal itu sesuai dengan salah satu pilar utama arah pembangunan Kukar yang tertuang dalam program Gerbang Dayaku yaitu Pengembangan sektor pariwisata," katanya.


Sementara dikatakan Dirut PT El John Tirta Emas Wisata, Johnnie Sugiarto, Resort Kumala yang terletak di obyek wisata Pulau Kumala akan dibuka kembali mulai Sabtu (06/02) lusa.


"Saat ini kami tengah membenahi fasilitas-fasilitas di Resort Kumala khususnya hotel, restoran dan kolam renang agar siap dipakai saat Soft Opening pada Sabtu ini," ujarnya.


Menurut Johnnie, restoran akan buka mulai pukul 06.00 hingga 23.00 WITA. "Khusus malam hari, pengunjung restoran akan dihibur dengan live music," kata Johnnie.


Sekedar informasi, Resort Kumala merupakan akomodasi atau penginapan yang di dalamnya terdapat 22 kamar dan 21 cottage, kolam renang, fasilitas spa dan restoran.


Sebelumnya, Resort Kumala pernah beroperasi dari tahun 2004 hingga 2007. Setelah dikelola PT El John Tirta Emas Wisata, nama Resort Kumala akan dirubah menjadi "Paray Kumala Resort and Spa". (her)


Johnnie Sugiarto menjelaskan langkah-langkah yang akan dilaksanakan perusahaannya dalam menangani Pulau Kumala ke depan
Photo: Humas Kukar/Heru

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com