Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Workshop Pengenalan Fotografi Lensa Kukar
Pelajar SMAN 1 Tenggarong Dibekali Pengetahuan Fotografi

Para pelajar SMAN 1 Tenggarong yang tergabung dalam Rana Smansa Photography Club tampak asyik praktek memotret mdoel   Para pelajar SMAN 1 Tenggarong yang tergabung dalam Rana Smansa Photography Club tampak asyik praktek memotret mdoel
Photo: Agri


Pendiri Lensa Kukar, Nopianda, memaparkan materi tentang dasar-dasar fotografi
Pendiri Lensa Kukar, Nopianda, memaparkan materi tentang dasar-dasar fotografi
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 29/01/2010 09:56 WITA
Untuk lebih menggiatkan dunia fotografi di Kutai Kartanegara (Kukar), khususnya di kalangan pelajar, Komunitas Fotografer Lensa Kukar kembali menggelar Workshop Pengenalan Fotografi di SMAN 1 Tenggarong.


Kegiatan pelatihan fotografi yang digelar Rabu (27/01) lalu diikuti 27 pelajar SMAN 1 Tenggarong yang tergabung dalam Rana Smansa Photography Club (RSPC).


Menurut Rajudin selaku penanggung jawab RSPC yang bertindak mewakili Kepala SMAN 1 Tenggarong, pihaknya sangat mendukung digelarnya kegiatan Workshop Pengenalan Fotografi yang digagas Lensa Kukar.


Ditambahkannya, RSPC telah menjadi salah satu kegiatan ekstra kurikuler (ekskul) yang diakui SMAN 1 Tenggarong. "Jadi kegiatan RSPC ini memiliki penilaian tersendiri. Kalau ada siswa yang tidak ikut ekskul, maka siswa tersebut bisa tidak naik kelas," imbuhnya.


Oleh karena itu, Rajudin meminta kepada para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan sungguh-sungguh. "Semoga lewat kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi peserta sebagai bekal untuk mengembangkan potensi diri," ujarnya.


Sementara menurut Koordinator Acara, Hari Setiawan, pelatihan ini dimaksudkan untuk menyebarluaskan atau berbagi ilmu pengetahuan tentang fotografi kepada para anggota RSPC.


Agri saat memaparkan materi tentang foto jurnalistik
Photo: Ifoel



Praktek olah digital dalam fotografi oleh Sekretaris Lensa Kukar, Hendra Maulani
Photo: Ifoel

Materi yang disampaikan, lanjut Hari, terdiri empat bagian yang meliputi Dasar-Dasar Fotografi yang disampaikan Nopianda yang juga pendiri Lensa Kukar dan fotografer situs KutaiKartanegara.com.


Kemudian materi kedua tentang Foto Jurnalistik disampaikan oleh pengelola situs KutaiKartanegara.com M Agri Winata. Dilanjutkan praktek memotret model oleh Ketua Lensa Kukar, Fariza Prima Yudha serta praktek olah digital oleh Sekretaris Lensa Kukar, Hendra Maulani.


Dikatakan Ketua Lensa Kukar, Fariza Prima Yudha, komunitas fotografer Lensa Kukar sendiri telah terbentuk sejak tahun 2003 sebagai wadah berkumpul, bertukar pikiran dan berbagi informasi para penggemar fotografi di Kukar.


"Selain aktif melakukan kegiatan di bidang fotografi, Lensa Kukar juga memiliki perhatian untuk menggairahkan dunia fotografi di daerah ini, salah satunya lewat kegiatan pelatihan fotografi untuk para pelajar. Selain di SMAN 1 Tenggarong, kami juga telah menggelar kegiatan serupa di SMKN 1 Tenggarong," ujar Fariza yang juga pemilik Blue Project Studio ini.


Menurut Fariza, kegiatan Workshop Pengenalan Fotografi ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Lensa Kukar terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia di bidang fotografi. "Kami berharap di daerah ini akan banyak lahir fotografer-fotografer handal yang akan memotret alam, lingkungan dan budaya di daerah kita," pungkasnya.


Kegiatan pelatihan fotografi ini sendiri mendapat sambutan antusias dari para anggota RSPC. Seperti dikatakan Dea Niyeza, siswi kelas XI IPA 4, pelatihan tersebut sangat membantu dirinya untuk lebih memahami tentang dunia fotografi.


"Banyak ilmu yang saya dapat dari pelatihan ini. Awalnya saya hanya suka difoto, sekarang saya ingin bisa lebih banyak berkarya lewat fotografi," ungkapnya. (win)


Ketua Lensa Kukar, Fariza Prima Yudha (kiri), saat menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan para pelajar SMAN 1 Tenggarong
Photo: Ifoel

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com