Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Departemen Agama Peringati Hari Amal Bhakti ke-64

Pj Bupati Kukar H Sulaiman Gafur saat menyematkan Satya Lencana kepada Kepala Kandepag Kukar H Djamaluddin HD
Pj Bupati Kukar H Sulaiman Gafur saat menyematkan Satya Lencana kepada Kepala Kandepag Kukar H Djamaluddin HD
Photo: Humas Kukar/Heru

KutaiKartanegara.com - 05/01/2010 15:48 WITA
Peringatan Hari Amal Bhakti Departemen Agama (Depag) ke-64 di Kutai Kartanegara (Kukar) Senin (04/01) kemarin dilaksanakan dalam sebuah upacara yang dipimpin Pj Bupati H Sulaiman Gafur.


Upacara yang berlangsung di halaman Kantor Depag Kukar itu diikuti para pejabat Muspikab Kukar, sejumlah kepala dinas/instansi di lingkungan Pemkab Kukar, tokoh Agama, pegawai di lingkungan Kantor Depag Kukar serta sejumlah pelajar SLTA di Tenggarong.


Menteri Agama RI H Suryadharma Ali dalam amanat tertulis yang dibacakan Pj Bupati Sulaiman Gafur mengatakan, peringatan Hari Amal Bhakti Depag diharapkan tak sekedar hanya rutinitas, namun sebaiknya mengenang kembali, memaknai dan mengaktualisasikan cita-cita dan nilai perjuangan yang diwariskan oleh para perintis dan pendiri Depag.


Departemen Agama yang berdiri pada 3 Januari 1946 melalui keputusan sidang Komite Nasional Indonesia Pusat (KNIP), mengisi tempat yang amat penting dan strategis dalam susunan dan fungsi pemerintahan Indonesia, Khususnya untuk membina, melayani dan mengembangkan kehidupan beragama dengan sebaik-baiknya sesuai dengan amanat UUD 1945.


"Sejak awal berdirinya Depag, dengan struktur organisasi vertikal di seluruh wilayah NKRI, turut berperan dan memberikan andil dalam menegakkan persatuan dan kesatuan bangsa, memajukan kehidupan beragama, mencerdaskan kehidupan bangsa serta menjaga kerukunan antar umat beragama. Hal tersebut harus selalu menjadi komitmen dan menjadi kebanggaan bagi setiap aparatur Departemen Agama," ujarnya.


H Suryadharma Ali juga mengajak kepada para pejabat dan karyawan/karyawati di lingkungan Depag, agar dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat selalu berpegang teguh pada prinsip-prinsip agama, akhlak mulia dan menampilkan budaya kerja yang profesional.


Dikatakannya, pelaksanaan reformasi birokrasi di lingkungan Departemen Agama tidak hanya menyangkut pembaruan organisasi, tata kerja dan administrasi yang harus memenuhi prinsip-prinsip Good Governance, tetapi harus menyentuh pembaruan sikap mental dan budaya kerja yang lebih baik.


"Sebagai aparatur Depag yang menyandang nilai-nilai agama, akhlak dan moral, kita seharusnya berada paling depan dalam menciptakan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih, bebas dari praktik KKN dan perbuatan melanggar hukum lainnya," imbuhnya.


Kepada semua jajaran aparatur di lingkungan Depag, lanjutnya, diimbau untuk terus memperbaiki diri dan memacu kemajuan dari berbagai ketinggalan yang dirasakan selama ini serta mengatasi berbagai masalah yang ada, sehingga Depag dapat menjadi teladan yang dapat dibanggakan oleh masyarakat.


"Saya berharap kepada para pimpinan di lingkungan unit kerja masing-masing agar memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada para staf atau bawahannya untuk terus menggali dan mengoptimalkan potensi yang dimilikinya. Disamping itu, mari kita ciptakan dan pelihara suasana kerja yang kondusif dan komunikatif," pungkasnya.


Acara tersebut juga dirangkai dengan penyerahan penghargaan Satya Lencana 30, 20 dan 10 tahun bagi sejumlah pegawai di lingkungan Kantor Depag Kukar.


Dilanjutkan dengan penyaluran bantuan dari Badan Amil Zakat (BAZ) Kukar kepada para Muzakki, serta penyerahan hadiah kepada pemenang lomba Festival Muharram Kukar. Penyerahan bantuan dan hadiah tersebut dilakukan secara simbolis oleh Pj Bupati Sulaiman Gafur didampingi Kepala Kantor Depag Kukar H Djamaluddin HD. (her)


Pj Bupati Sulaiman Gafur saat membacakan sambutan Menteri Agama RI H Suryadharma Ali pada upacara peringatan Hari Amal Bhakti Depag ke-64 di Tenggarong, Senin (04/01) kemarin
Photo: Humas Kukar/Heru

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com