Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Program Konversi Minyak Tanah ke LPG Disosialisasikan di Kukar

Simulasi penggunaan kompor gas LPG 3 kg
Simulasi penggunaan kompor gas LPG 3 kg
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/06/2009 15:53 WITA
Saat ini Pemerintah Pusat secara bertahap terus menggalakkan program Konversi Minyak Tanah Bersubsidi ke LPG kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat dan keuntungan penggunaan LPG, PT Surveyor Indonesia bekerjasama dengan Pertamina GasDom Region VI Kalimantan Kamis (25/06) kemarin melakukan sosialisasi dan peluncuran program ini di Tenggarong.


Kegiatan yang digelar di Pendopo Wabup Kukar ini dihadiri Pj Bupati Kukar H Sjachruddin MS, sejumlah pejabat terkait serta masyarakat dari 4 kecamatan, yakni Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Janan dan Loa Kulu.


Acara sosialisasi dan peluncuran program ini ditandai pula dengan demo penggunaan kompor gas LPG serta penyerahan bantuan paket kompor berikut tabung LPG isi 3 kg dan aksesoris kepada 4 orang perwakilan warga oleh Pj Bupati H sjachruddin.



Pj Bupati Kukar Sjachruddin didampingi Alfian Nasution (kiri) menyerahkan paket bantuan kompor dan tabung gas LPG 3 kg kepada masyarakat
Photo: Agri

Menurut GM Pertamina Pemasaran BBM Retail Region VI Kalimantan, Alfian Nasution, sosialisasi di Kukar ini merupakan kegiatan tahap II setelah sebelumnya dilaksanakan di Balikpapan.


"Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman mengenai Konversi Minyak Tanah ke LPG sebagai program Pemerintah Pusat. Jadi program ini bukan semata milik Pertamina, namun merupakan program dari Pemerintah Pusat," ujarnya.


Ditambahkan Alfian, berdasarkan kesetaraan nilai kalori, subsidi LPG lebih rendah daripada subsidi minyak tanah. "Sehingga jika program ini berhasil secara nasional, maka penghematan subsidi oleh negara dapat mencapai Rp 20 Trilyun per tahun," imbuhnya.


Selain memberi keuntungan bagi pemerintah dalam melakukan penghematan anggaran negara, masyarakat yang beralih menggunakan dari minyak tanah ke LPG juga diuntungkan karena lebih hemat dari segi biaya dan efisien dalam penggunaan energi untuk memasak.


Sementara Pj Bupati Kukar H Sjachruddin berharap agar masyarakat yang menerima paket bantuan kompor gas LPG 3 kg dapat berhati-hati. "Jika mencium bau gas, jangan coba-coba menyalakan kompor," katanya.


Sjachruddin juga meminta kepada pihak Pertamina untuk menjamin ketersediaan pasokan LPG bagi masyarakat di daerah ini demi menjaga stabilitas harga pasaran LPG. "Karena meski kita ini merupakan daerah penghasil migas, namun nyatanya daerah kita masih mengalami kesulitan memperoleh pasokan bahan bakar," ungkapnya.


Adanya program Konversi Minyak Tanah ke LPG ini mendapat perhatian antusias dari masyarakat Kukar. Salah seorang warga Loa Kulu, Sri Rahayu (24), mengaku selama ini menghabiskan biaya Rp 80 ribu per bulan untuk membeli 20 liter minyak tanah.


"Jika membeli gas LPG 3 kg dengan harga tertinggi sekitar Rp 13 ribu per minggu, saya bisa melakukan penghematan biaya bulanan," ujar warga Desa Loa Kulu Kota ini. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Rotasi Jabatan Polres Kukar, 2 Kasat dan 3 Kapolsek Dimutasi
Curah Hujan Tinggi di Kaltim, Kukar Siap Siaga Hadapi Bencana
 
Edi Damansyah Lantik 5 Kepala OPD Pemkab Kukar
Edi-Rendi Lakukan Mutasi Perdana, 217 Pejabat Pemkab Kukar Dimutasi
 
Ramadan 1442 H, Disperindag Kukar Gelar Operasi Pasar di 4 Kecamatan
Digelar Selama 2 Hari, Festival Ramadhan dan Pasar Murah di Aula Kedaton
 
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
Kerap Sasar Mobil Perusahaan, 2 Spesialis Pencuri HT Berhasil Diringkus
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Inilah 20 Finalis Pemilihan Teruna Dara Kukar 2021
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
 
Kalah Dari Persiba di Laga Akhir, Mitra Kukar Terancam Turun Kasta
Kalahkan Kalteng Putra, Mitra Kukar Buka Peluang ke 8 Besar
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Gubernur Kaltim Resmikan 3 Gedung Baru SMA di Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com