Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Program Konversi Minyak Tanah ke LPG Disosialisasikan di Kukar

Simulasi penggunaan kompor gas LPG 3 kg
Simulasi penggunaan kompor gas LPG 3 kg
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/06/2009 15:53 WITA
Saat ini Pemerintah Pusat secara bertahap terus menggalakkan program Konversi Minyak Tanah Bersubsidi ke LPG kepada seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Tak terkecuali bagi masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).


Guna memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat dan keuntungan penggunaan LPG, PT Surveyor Indonesia bekerjasama dengan Pertamina GasDom Region VI Kalimantan Kamis (25/06) kemarin melakukan sosialisasi dan peluncuran program ini di Tenggarong.


Kegiatan yang digelar di Pendopo Wabup Kukar ini dihadiri Pj Bupati Kukar H Sjachruddin MS, sejumlah pejabat terkait serta masyarakat dari 4 kecamatan, yakni Tenggarong, Tenggarong Seberang, Loa Janan dan Loa Kulu.


Acara sosialisasi dan peluncuran program ini ditandai pula dengan demo penggunaan kompor gas LPG serta penyerahan bantuan paket kompor berikut tabung LPG isi 3 kg dan aksesoris kepada 4 orang perwakilan warga oleh Pj Bupati H sjachruddin.



Pj Bupati Kukar Sjachruddin didampingi Alfian Nasution (kiri) menyerahkan paket bantuan kompor dan tabung gas LPG 3 kg kepada masyarakat
Photo: Agri

Menurut GM Pertamina Pemasaran BBM Retail Region VI Kalimantan, Alfian Nasution, sosialisasi di Kukar ini merupakan kegiatan tahap II setelah sebelumnya dilaksanakan di Balikpapan.


"Sosialisasi ini dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dan pemahaman mengenai Konversi Minyak Tanah ke LPG sebagai program Pemerintah Pusat. Jadi program ini bukan semata milik Pertamina, namun merupakan program dari Pemerintah Pusat," ujarnya.


Ditambahkan Alfian, berdasarkan kesetaraan nilai kalori, subsidi LPG lebih rendah daripada subsidi minyak tanah. "Sehingga jika program ini berhasil secara nasional, maka penghematan subsidi oleh negara dapat mencapai Rp 20 Trilyun per tahun," imbuhnya.


Selain memberi keuntungan bagi pemerintah dalam melakukan penghematan anggaran negara, masyarakat yang beralih menggunakan dari minyak tanah ke LPG juga diuntungkan karena lebih hemat dari segi biaya dan efisien dalam penggunaan energi untuk memasak.


Sementara Pj Bupati Kukar H Sjachruddin berharap agar masyarakat yang menerima paket bantuan kompor gas LPG 3 kg dapat berhati-hati. "Jika mencium bau gas, jangan coba-coba menyalakan kompor," katanya.


Sjachruddin juga meminta kepada pihak Pertamina untuk menjamin ketersediaan pasokan LPG bagi masyarakat di daerah ini demi menjaga stabilitas harga pasaran LPG. "Karena meski kita ini merupakan daerah penghasil migas, namun nyatanya daerah kita masih mengalami kesulitan memperoleh pasokan bahan bakar," ungkapnya.


Adanya program Konversi Minyak Tanah ke LPG ini mendapat perhatian antusias dari masyarakat Kukar. Salah seorang warga Loa Kulu, Sri Rahayu (24), mengaku selama ini menghabiskan biaya Rp 80 ribu per bulan untuk membeli 20 liter minyak tanah.


"Jika membeli gas LPG 3 kg dengan harga tertinggi sekitar Rp 13 ribu per minggu, saya bisa melakukan penghematan biaya bulanan," ujar warga Desa Loa Kulu Kota ini. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Sempat Zero COVID-19, Kecamatan Samboja Kembali Tambah 2 Kasus Baru
Ingat, Dokumen Kependudukan Yang Ada TTE Tak Perlu Dilegalisir
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com