Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pj Bupati Kukar: Bangun Kebersamaan di Unikarta

Pj Bupati Kukar Sjachruddin (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Rektor Unikarta HM Aswin yang baru dikukuhkan
Pj Bupati Kukar Sjachruddin (kanan) memberikan ucapan selamat kepada Rektor Unikarta HM Aswin yang baru dikukuhkan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 19/03/2009 23:35 WITA
Besar harapan yang digantungkan kepada Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) yang merupakan universitas pertama dan satu-satunya di Kutai Kartanegara (Kukar).


Dari visi yang dicanangkan, Unikarta bertekad menjadi salah satu pusat pengembangan, peningkatan dan pemberdayaan sumber daya manusia menuju masyarakat berketerampilan secara profesional, kompetitif, mandiri dan bermoral, yang membawa manfaat bagi peningkatan kesejahteraan dan kemaslahatan diri, keluarga, masyarakat bangsa dan umat manusia.


"Oleh karena itu, sudah seharusnya seluruh komponen civitas akademika Unikarta bersinergi dalam upaya mewujudkan visi tersebut," kata Pj Bupati Kukar H Sjachruddin MS pada acara pengukuhan Rektor Unikarta Dr Ir HM Aswin MM di gedung Puteri Karang Melenu, Tenggarong Seberang, tadi siang.


Dikatakan Sjachruddin, berhasil tidaknya Unikarta meraih cita-citanya tidak lepas dari peran dan tanggung jawab Yayasan Kutai Kartanegara (YKK) yang menaungi Unikarta.


"Dalam kaitan ini, selaku wakil pemerintah juga berkomitmen untuk mendukung Yayasan Kutai Kartanegara dalam upayanya mewujudkan Unikarta sebagai sebuah universitas yang sesuai dengan harapan masyarakat, karena apapun alasannya Pemerintah juga turut bertanggung jawab terhadap semua yang terkait dengan upaya mencerdaskan kehidupan bangsa seperti yang termaktub dalam cita-cita terbentuknya negara ini dalam Pembukaan UUD 1945," kata Sjachruddin.


Dikatakannya, dari data yang diperoleh diketahui bahwa sejak berdirinya sampai dengan sekarang Unikarta telah meluluskan kurang lebih 5000 orang sarjana dari berbagai disiplin ilmu. Sementara mahasiswa yang saat ini menempuh studi di Unikarta mencapai kurang lebih 7000 orang mahasiswa. Dari jumlah ini kita bisa menilai betapa besar sumber daya manusia yang dimiliki oleh Universitas ini baik dalam konteks alumni maupun mahasiswa aktifnya.


"Namun jumlah ini tidak akan berarti apa-apa jika kemudian peran segenap civitas akademika didalamnya tidak seperti yang diharapkan. Karena kuantitas bukanlah parameter dari sebuah ukuran," imbuhnya.


Kepada Rektor Unikarta yang baru dikukuhkan, Pj Bupati berharap agar HM Aswin beserta segenap jajarannya dapat mengemban amanah yang dititipkan. "Bawalah Unikarta kepada masa keemasan dan kejayaannya, karena masa keemasan dan kejayaan Unikarta sangat mungkin sekaligus menjadi masa keemasan dan kejayaan Kukar," harapnya.


Ditambahkan pula oleh Pj Bupati Kukar, kualitas bukan hanya diukur dari kemampuan intelegensi melainkan juga pada sisi moralitas yang meliputi kecerdasan emosi maupun spiritual.


"Kampus adalah pusat atau tempat dimana orang masih sangat banyak percaya bahwa masih ada kejujuran, kebenaran, obyektivitas, independensi dan integritas moral yang dijunjung tinggi di dalamnya," ujarnya.


"Kampus harus tetap menjadi benteng untuk tegaknya pilar-pilar kebenaran dan kejujuran serta independensi tersebut. Kampus harus netral dan tidak memihak. Satu-satunya keberpihakan kampus hanyalah untuk kebenaran dan kejujuran. Kampus tidak boleh terseret oleh tarik menarik kepentingan dan politik. Kampus tidak boleh terjebak oleh kemauan segelintir elit yang hanya akan membuat kampus tidak lebih sebagai alat stempel untuk melegitimasi kebijakan yang dilakukannya," tegas Sjachruddin.


Kepada Pengurus YKK dan Rektor Unikarta yang baru dikukuhkan, Pj. Bupati Kukar berharap agar mereka mampu mewujudkan harapan dan cita-citanya seperti yang tertuang di dalam visi dan misi Unikarta.


"Wujudkan semangat kebersamaan agar kampus ini bisa dibangun dengan energi yang utuh dari segenap komponen civitas akademika di dalamnya, tentunya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebenaran, kejujuran, obyektifitas dan profesionalisme," demikian pesan Pj Bupati Kukar Sjachruddin. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kecuali Akhir Pekan dan Hari Libur, Lampu Tematik Jembatan dan Taman Kota Raja Tetap Nyala Pada Hari Biasa
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com