Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Nelayan Desa Tanjung Limau Laksanakan Pesta Laut

Prosesi melarung sesajen di perairan Selat Makassar menjadi inti pelaksanaan Pesta LautProsesi melarung sesajen di perairan Selat Makassar menjadi inti pelaksanaan Pesta Laut
Photo: Humas Kukar/Rudy


Para petugas sibuk menyiapkan sesajen diatas perahu kecil sebelum dibawa ke tengah laut
Para petugas sibuk menyiapkan sesajen diatas perahu kecil sebelum dibawa ke tengah laut
Photo: Humas Kukar/Rudy

KutaiKartanegara.com - 14/10/2008 16:58 WITA
Pesta Laut di Pesisir Pantai Pangempang, Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak, Kutai Kartanegara (Kukar), Minggu (12/10) lalu berlangsung meriah.


Ratusan orang memadati Pantai Pangempang menyaksikan prosesi adat "Mappanre Kampong", sebagai tanda syukur atas rezeki yang diberikan Allah SWT. Acara itu merupakan adat-istiadat masyarakat setempatyang berasal dari Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel).


Kegiatan Pesta Laut Pangempang pun terasa unik. Pesta Laut dikenal kental dengan budaya Bugis itu ternyata juga diwarnai budaya daerah lain. Bahkan seni budaya Jawa, Kutai dan Banjar ikut memeriahkan dengan berbagai lomba perahu tradisional.


"Pesta laut merupakan ritual masyarakat pesisir sebagai tanda syukur atas melimpahnya hasil laut sebagai rezeki yang diberikan Yang Maha Kuasa kepada manusia. Ritual ini merupakan bentuk rasa syukur sebagai fitrah manusia atas segala nikmat dan karunia Tuhan YME," ujar Wakil Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kukar, Fahrodin membacakan sambutan Plt Bupati Samsuri Aspar.


Ditegaskan, Pemkab Kukar mendukung pelestarian budaya yang berada di Kukar termasuk Pesta Laut di Pangempang. Pesta laut sebagai ritual tradisional tentu saja menampilkan artefak-artefak kebudayaan dari sebuah kelompok etnik tertentu. Eksotisme kultural inilah yang menjadikan harapan Pemkab Kukar agar menjadi daya tarik pariwisata.


"Sungguh harapan besar jika masyarakat Tanjung Limau dapat semakin mengggali potensi kultural, untuk menjaga kelestarian warisan budaya. Warisan budaya untuk dapat dipertahankan identitas kulturalnya dan dipandang positif sebagai keunikan dalam rangka multikulturalisme dan bukannya menekan pentingnya perbedaan di dalam pluralisme," jelasnya lagi.



Daeng Muklis menggantungkan Ance-Ance di sebuah pohon
Photo: Humas Kukar/Rudy

Satu upaya penting adalah dokumentasi atau catatan sejarah dari setiap artefak-artefak budaya dimiliki. Upaya itu dapat memelihara dan menjaga bukti identitas dan kepemilikan budaya, untuk menghindari klaim kepemilikan warisaan budaya potensial sebagai komoditi pariwisata pihak lain.


"Kesadaran saling bekerjasama antara berbagai lapisan masyarakat memiliki berbagai kultur dan budaya dengan pemerintah hendaknya terus ditingkatkan. Sehingga potensi dimiliki dapat terus dikembangkan, diangkat ke permukaan agar menjadi komoditi pariwisata unggulan. Guna suksesnya program Pemkab Kukar," tuturnya.


Melarung Sesajen
Pesta Laut didahului acara kecil, disebut Kela-kela, sebuah ritual di akhir bulan Syafar (penanggalan Islam). Daeng Muklis, selaku pemangku adat mengisahkan inti dari Pesta Laut yang dinamakan Melarung (memberikan sesajen ke laut). Sajen yang dilarung berupa keranjang yang terbuat dari anyaman bambu berhiaskan daun kelapa diberi tali pengikat dinamakan Ance-Ance.


"Di dalam Ance-Ance itu diisi nasi ketan warna merah, kuning dan hitam, yang dibentuk seperti tumpeng, di atasnya diletakkan sebutir telur. Selain itu terdapat ayam panggang, sesisir pisang dan lilin," katanya.


Ance-Ance itu diletakan di 4 tempat. Sajen pertama diletakkan di Dusun Pangempang, di mana warga menggantung Ance-Ance di pohon. Sebelum digantung Ance-Ance tersebut dimantrai atau didoakan pemangku adat. Prosesi ini dimaksudkan agar Pengempang beserta warganya, tidak mendapat gangguan dan marabahaya dari laut.


Sesajen berikutnya dibawa melarung ke laut dengan sebuah kapal atau perahu yang diberi hiasan dan cat berwarna kuning, di dalamnya terdapat 3 Ance-Ance. Sampan itu dinaiki 2 orang, masing-masing memiliki peranan sebagai pendayung dan pembawa Ance-Ance.


Tempat kedua dan ketiga sesajen, diikatkan di salah satu pohon di muara dan ulu Pulau Pangempang. Pulau tersebut berada 100 meter di seberang Dusun Pangempang. Prosesi ini juga dimaksudkan untuk memohon agar warga masyarakat yang mencari ikan, tidak mendapatkan gangguan dan marabahaya.


Terakhir Ance-Ance di bawa ke laut. Prosesi ini dimaksudkan untuk menarik sebanyak-banyaknya hasil laut masuk ke Pangempang. Juga agar musim tahun ini, nelayan asal Pangempang mendapat hasil melimpah. Kejadian menarik dari prosesi melarung sajen di Pangempang, selalu diperebutkan oleh warga setempat dan para pengunjung.


"Pesta Laut di Pangempang ini merupakan suatu momentum penting dalam setiap tahunnya. Karena ini adalah suatu ajang untuk berkumpul dalam membina silaturahmi antara satu sama lain sehingga tercipta suatu kerukunan," jelas Daeng Muklis. (win)


Ratusan warga Muara Badak antusias menyaksikan kegiatan Pesta Laut di Desa Tanjung Limau, Muara Badak
Photo: Humas Kukar/Rudy

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com