Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bekerja Lewat Program Food for Work
Warga Miskin Terima Upah Sembako Plus Uang

Setelah bekerja membersihkan tempat ibadah, upah berupa bahan pokok dan uang pun diberikan
Setelah bekerja membersihkan tempat ibadah, upah berupa bahan pokok dan uang pun diberikan
Photo: Dok. BAZ Kukar

KutaiKartanegara.com - 26/09/2008 22:22 WITA
Gerakan Ramadhan Food for Work (Makanan untuk Pekerjaan) yang dicanangkan secara nasional sejak awal bulan lalu lewat Badan Amil Zakat (BAZ) Kutai Kartanegara (Kukar), secara resmi berakhir Rabu (24/09) lalu.


Penutupan Gerakan Food for Work ini dilakukan langsung Ketua BAZ Kukar HAM Alimuddin Mandu di Langgar Nurul Muchtadin KM 5 Kelurahan Jahab Tenggarong.


Gerakan Ramadhan Food for Work diluncurkan awal Ramadan merupakan upaya dari BAZ untuk memberdayakan warga miskin dengan cara memberikan pekerjaan bagi mereka.


Tak kurang dari 200 orang warga miskin terlibat dalam kegiatan ini. Mereka bekerja membersihkan sarana ibadah seperti masjid dan langgar dengan upah berupa bahan pokok serta uang Rp 300 ribu per orang.


Menurut Ketua BAZ Kukar HAM Alimuddin Mandu, pihaknya mengalokasikan dana untuk mendukung Gerakan Ramadan Food for Work ini sebesar Rp 100 juta. "Anggaran tersebut diambil dari infaq dan sadaqah yang terkumpul di BAZ Kukar," ujarnya.



Sekcam Tenggarong HM Machmud menyerahkan santunan pendidikan kepada sejumlah pelajar
Photo: Dok. BAZ Kukar

Pelaksanaan Food for Work dengan sasaran 10 desa dan kelurahan daerah pinggiran. Seperti Loa Tebu, Loa Lepu, Loa Raya, Ponoragan, Rapak Lambur, Loa Ipuh Darat dan Jahab, tujuannya untuk menumbuhkan etos kerja dan membangun mental mandiri di kalangan penduduk miskin.


Penutupan diwarnai penyerahan santunan pendidikan kepada 72 anak SD se-Kukar dan santunan Hari Raya bagi 500 orang muallaf dengan total santunan Rp 90 juta. Anggaran itu Rp 45 juta berasal bantuan BAZ Kaltim.


"Santunan pendidikan bagi 72 murid SD, warga miskin akan dibantu selama setahun. Setiap kecamatan mendapat jatah 4 siswa. Sedangkan santunan Hari Raya Idul Fitri untuk muallaf, masing-masing Rp50 ribu. Kami juga memberikan bantuan pendidikan kepada 14 siswa SMA dan 14 pelajar SMP selama setahun. Anggaran seluruhnya mencapai Rp46,2 juta," jelas Alimuddin.


Sementara itu Kepala Kantor Departemen Agama (Kandepag) Kukar, Djamaluddin HD melalui Kabag Tata Usaha (TU), Drs Ruspiani MPd, menyambut positif kegiatan tersebut. Hal ini merupakan bagian dari peningkatan syiar dan kualitas beragama khususnya Islam.



Ketua BAZ Kukar HAM Alimuddin Mandu memberikan santunan kepada salah seorang muallaf
Photo: Dok. BAZ Kukar

"Kegiatan Gerakan Ramadan ini telah memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi umat. Kegiatan ini merupakan sebuah ibadah dan akan mendapatkan imbalan pahala yang berlipat ganda dari Allah SWT. Ke depan saya berharap agar kegiatan BAZ ini lebih ditingkatkan karena akan lebih banyak lagi umat khususnya kaum dhuafa yang dapat disantuni," jelas Ruspiani.


Ucapan terimakasih kepada BAZ Kukar juga disampaikan Sekretaris Camat (Sekcam) Tenggarong, HM Machmud. Pihaknya menyambut baik dan mengucapkan terima kasih kepada BAZ yang telah menyelenggarakan kegiatan Food for Work tersebut. Kegiatan tersebut akan memberikan nilai positif umat kepada BAZ sebagai lembaga pengumpul dan penyalur Zakat, Infaq dan Sadaqah.


"Akan terus meningkat yang pada gilirannya semakin banyak umat yang bersedia menjadi muzakki atau wajib zakat. Kita tak ingin cara atau pola penyaluran zakat seperti yang terjadi di Pasuruan Jawa Timur baru-baru ini. Puluhan warga miskin tewas berebut zakat," ujar Machmud.


Warga juga dihimbau menyalurkan zakat langsung ke BAZ Kukar atau BAZ kecamatan yang sudah memiliki manajemen operasional yang baik. Kepada para muallaf yang telah menerima santunan Hari Raya Idul Fitri agar dapat memanfaatkan uang itu sebaik-baiknya. "Kami menerima saudara-saudara yang baru masuk Islam. Ketahuilah kita orang Islam ini sesungguhnya adalah bersaudara," katanya lagi. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com