Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bedah Kesiapan Parpol Baru
HMI Tenggarong-LSM Pajar Gelar Bincang Koetai

Suasana Bincang Koetai di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jum'at (08/08) malamSuasana Bincang Koetai di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jum'at (08/08) malam
Photo: Agri


Prof Iskandar (tengah) dari Unikarta ketika memberikan tanggapan atas kehadiran parpol baru
Prof Iskandar (tengah) dari Unikarta ketika memberikan tanggapan atas kehadiran parpol baru
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/08/2008 02:43 WITA
Sebanyak 34 Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2009 telah diumumkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat beberapa waktu lalu. Dari puluhan parpol tersebut, 12 di antaranya merupakan parpol baru.


Bagaimana kesiapan 12 parpol baru untuk merebut simpati masyarakat, khususnya warga Kutai Kartanegara (Kukar), di ajang pesta demokrasi tahun depan, menjadi topik utama dalam acara Bincang Koetai bertajuk Membedah Program dan Peluang Parpol Baru di Kukar Menyongsong Pemilu 2009.


Kegiatan Bincang Koetai yang digarap Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Tenggarong bekerjasama dengan LSM Pajar Kukar ini berlangsung Jumat (08/08) malam lalu di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.


Acara yang dimoderatori Ketua LSM Pajar Hendy Yuzar ini menghadirkan tiga panelis asal Unikarta Tenggarong yaitu Prof Dr Iskandar SE MSi, Suroto SSos MSi dan Sudirman SIP MSi, serta para pimpinan parpol baru dari wilayah Kukar.



Salah seorang peserta diskusi mengajukan pertanyaan kritis kepada perwakilan parpol baru di Kukar
Photo: Agri

Kendati 12 parpol baru di Kukar telah diundang, hanya 7 perwakilan parpol baru yang dapat hadir pada acara bincang-bincang tersebut, yakni Partai Barisan Nasional (Barnas), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), Partai Demokrasi Pembaharuan (PDP), Partai Matahari Bangsa (PMB), Partai Pemuda Indonesia (PPI), Partai Republik Nusantara dan Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra).


Ketua pelaksana Hendy Yuzar yang juga sebagai moderator mengatakan, Bincang Koetai merupakan kepedulian pihaknya untuk menciptakan suasana sekaligus wacana kompetisi politik yang sehat di tengah demokrasi Indonesia yang baru menanjak dewasa, khususnya di wilayah Kukar.


Menurutnya sebagai bagian dari komunikasi dan pembelajaran politik, bincang ini menjadi penting, yaitu demi mengetahui sejauh mana parpol baru mengimplementasikan program dan idealismenya menyongsong pesta demokrasi Indonesia yang bersih dan transparan.


Sementara Ketua Partai Barnas Kukar Damanhuri, Ketua Partai Hanura Kukar Mulyadi maupun Ketua PDP Kukar H Armansyah sama-sama mengatakan bahwa partai mereka mengusung idealis muda yang bertekad membela kebenaran dan berpihak kepada rakyat.



Dari 12 parpol baru yang diundang, hanya 7 perwakilan parpol yang hadir dalam acara Bincang Koetai garapan HMI-LSM Pajar
Photo: Agri

Menurut mereka selama ini orang-orang partai belum maksimal melakukannya. "Sebagai partai baru akan memberikan alternatif ditengah merosotnya idiealisme terutama dalam membela kepentingan rakyat," ujar Armansyah.


Hal yang hampir senada juga diungkapkan Haidir dari PMB Kukar, Alfian dari Partai Pemuda Indonesia dan Toni Nurhadi Kumayza dari Partai Republik Nusantara maupun Martinus dari Partai Gerindra Kukar.


Sebagai partai baru, mereka tidak berbeda dengan partai yang sudah lama. Karena programnya sama baik yaitu menginginkan kemakmuran dan kesejahteraan rakyat. "Hanya saja sebagai partai baru memiliki perbedaan terutama komitmen berpihak ke rakyat," ujar Haidir dari PMB.


Sementara Martinus dari Gerindra menimpali bahwa kehadiran partai baru bukan sekedar rame-rame tapi memberikan alternatif bagi rakyat sebagai memilih Pemilu menyalurkan aspirasi politiknya yang selama ini belum terakomodir maksimal.


Yang menarik di acara Bincang Koetai ini, semua parpol baru merasa optimis dan berpeluang meraih kursi minimal satu fraksi di DPRD Kukar. Bincang Koetai yang berakhir hingga tengah malam ini diwarnai tanya jawab seru antara peserta, tokoh partai serta panelis. (win/joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 4 Pasien Positif Corona: Kasus Positif COVID-19 di Kukar Tembus Angka 50 Kasus
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com