Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

DPRD Setuju Kabupaten Kutai Tengah

Ketua Timses Pembentukan Kuteng, Asnan Hifni, menyampaikan dokumen usulan pembentukan Kuteng kepada Ketua DPRD Kukar H. Rahmat Santoso
Ketua Timses Pembentukan Kuteng, Asnan Hifni, menyampaikan dokumen usulan pembentukan Kuteng kepada Ketua DPRD Kukar H. Rahmat Santoso
Photo: Humas Kukar

KutaiKartanegara.com - 24/06/2008 22:33 WITA
Tiga fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kutai Kartanegara (Kukar) sepakat secara bulat mendukung dibentuknya Kebupaten Kutai Tengah (Kuteng).


Kesepakatan itu disampaikan dalam sidang penyampaian kata akhir di Rapat Paripurna VII yang dipimpin Ketua DPRD Rachmat Santoso, Senin (23/06) kemarin, di Tenggarong.


Namun dukungan dewan ini baru merupakan modal awal terutama bagi Tim Sukses (Timses) pembentukan Kabupaten Kuteng yang sudah diupayakan sejak 8 tahun lalu. Karena untuk merealisasikan wilayah pemekaran baru, banyak hal yang harus ditempuh seperti antara lain persetujuan Pemkab Kukar sebagai Kabupaten Induk, sesuai Peraturan Pemerintah (PP) 78/2007 tentang syarat pemekaran wilayah.


Fraksi Partai Gokar DPRD Kukar di kata akhirnya yang disampaikan Wahyudi mengatakan, fraksinya memahami aspirasi masyarakat Kuteng untuk secara mandiri berpisah dengan Kabupaten induknya Kukar. Namun demikian untuk menjadi wilayah pemekaran maka lebih dahulu melalui tahapan proses sesuai sistem dan ketentuan yang berlaku.


Senada dengan Fraksi Partai Golkar, Fraksi PDIP yang dijuru bicarai Sutanto mengatakan fraksinya tidak keberatan jika Kuteng terbentuk. Namun yang lebih penting adalah harus dilakukan terlebih dahulu kajian-kajian yang matang dan mendalam. “Baik dari aspek administratif, teknis operasional maupun potensi wilayah,” ujarnya.


Sementara fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR) disampaikan Marwan SP, dengan tegas menyetujui dibentuknya segera Kabupaten Kuteng. Karena menurut fraksinya adanya keinginan untuk memekarkan wilayah disebabkan keinginan untuk menyediakan pelayanan publik yang lebih baik dan mudah di masa mendatang.


Kemudian sebagai upaya mempercepat akselerasi dan pertumbuhan ekonomi penduduk. Dan yang terakhir adalah sebagai upaya penyerapan tenaga kerja. “Penyerapan tenaga kerja ini bukan hanya sebatas pada sektor pemerintahannya saja namun lebih luas lagi hingga sektor swasta lainnya. Oleh sebab itu Fraksi AKR sangat setuju dan mendukung penuh pembentukan dan pemekaran wilayah Kuteng menjadi Kabupaten mandiri, ujarnya.


Sementara Ketua Timses Pembentukan Kuteng Asnan Hifni mengatakan rasa syukur atas dukungan dewan terhadap pembentukan Kuteng. “Semua ini merupakan hasil jerih payah kami dimana selama ini kami selalu berusaha untuk mewujudkan Kuteng yang mandiri,” katanya.


Dikatakan bahwa Kuteng memiliki sudah sewajarnya berdiri sendiri karena syarat-syarat minimal sudah terpenuhi diantaranya memiliki 6 Kecamatan, memiliki potensi sumberdaya alam dan jumlah penduduk yang memadai. Ke 6 kecamatan itu adalah Kembang Janggut, Muaramuntai, Kotabangun, Tabang, Muarawis dan Kenohan.


Rapat paripurna VII DPRD Kukar tentang persetujuan Kuteng untuk menjadi Kabupaten ini dihadiri Plt Bupati Samsuri Aspar, Muspida, Kepala Dinas/Instansi, Ketua dan anggota Timses bersama tokoh masyarakat Kuteng. (Joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com