Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gerakan Pramuka Perlu Direvitalisasi

Suasana pengukuhan Mabiran Gerakan Pramuka Muara Badak masa bakti 2007-2010 di Desa Tanjung Limau, Muara Badak, Sabtu (08/03) kemarin
Suasana pengukuhan Mabiran Gerakan Pramuka Muara Badak masa bakti 2007-2010 di Desa Tanjung Limau, Muara Badak, Sabtu (08/03) kemarin
Photo: Bastian

KutaiKartanegara.com - 09/03/2008 17:28 WITA
Gerakan kepramukaan di Kutai Kartanegara (Kukar) dewasa ini boleh dibilang tidak berjalan optimal. Minimnya sarana dan prasarana pendidikan termasuk pembina dan pelatih, membuat materi pendidikan kepramukaan sekarang tidak menarik bagi generasi muda. Akibatnya kegiatan Pramuka tidak lagi berperan untuk membendung munculnya permasalahan generasi muda.


Hal tersebut dikatakan Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kutai Kartanegara (Kukar), Suriansyah HM, saat mengukuhkan pengurus Mejelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Gerakan Pramuka Kecamatan Muara Badak, Sabtu (08/03) kemarin, di Gudep BJ Habibie SMPN4 Desa Tanjung Limau, Kecamatan Muara Badak.


Ditambahkan Suriansyah, perlu adanya revitalisasi terhadap Gerakan Pramuka yang dilakukan secara sistematis, berkelanjutan dan terencana yang sesuai dengan pendidikan kepramukaan agar Pramuka di daerah ini dapat aktif kembali dalam rangka membentuk kepribadian, watak dan budi pekerti kaum muda.


"Ilmu-ilmu yang berasal dari kepramukaan justru sangat populer diadopsi oleh pihak lain. Contohnya saja kegiatan outbond. Kegiatan seperti itu sejak dini sudah diajarkan di Pramuka," ujarnya.


Menurutnya, ke depan pihaknya memprogramkan agar setiap Kwarran yang ada di wilayah Kukar bisa memiliki kantor sekretariat tetap. "Jangan sampai begitu ganti pengurus Kwarran, ganti pula alamat Kwarrannya," kata Surianyah yang juga Kepala Dinas Peternakan Kukar.



Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar Suriansyah menyaksikan penandatanganan berita acara pelantikan oleh Ketua Mabiran Pramuka Muara Badak Hj Rusmina
Photo: Bastian

Suriansyah juga menegaskan bahwa kegiatan seperti Jambore Cabang tidak akan digelar di Tenggarong, tetapi akan dilaksanakan di Kwarran. Menurutnya, Kwarcab hanya bertindak sebagai panitia pengarah sedangkan Kwarran sebagai panitia pelaksana. Sebagai langkah awal di tahun 2008 ini, Kwarran Muara Badak dipilih sebagai tuan rumah Jambore Cabang Pramuka.


Pengukuhan pengurus Mabiran Gerakan Pramuka Kecamatan Muara Badak masa bakti 2007-2010 kemarin pagi ditandai pula dengan penyematan tanda jabatan oleh Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kukar Suriansyah HM.


Pengurus Mabiran Gerakan Pramuka Muara Badak ini terdiri dari Hj Rusmina selaku Ketua dibantu Wakil Ketua AKP Makruf dan Kapt Art Sugeng Winarto dan Sekretaris H Dadi Wahab SPd MM. Usai dilantik, Ketua Mabiran Gerakan Pramuka Muara Badak Hj Rusmina kemudian melantik pengurus Kwarran Gerakan Pramuka Muara Badak periode 20082011.


Sementara dikatakan Ketua Mabiran Pramuka Muara Badak Hj Rusmina, pihaknya menyambut baik atas terpilihnya Muara Badak sebagai tuan rumah pelaksana Jambore Cabang Pramuka se-Kukar. "Saya minta kepada Pengurus Kwarran dan DKR agar segera mengadakan Rapat Kerja untuk membahas rencana pelaksanaan Jambore Cabang ini," ujar Rusmina yang juga Camat Muara Badak ini.


Menanggapi hal itu, Ketua Kwarran Gerakan Pramuka Muara Badak Saharuddin menyatakan siap untuk menggelar raker dalam rangka mempersiapkan Jambore Cabang Pramuka Kukar.


"Kalau sekarang kami masih konsentrasi dengan kegiatan Kemah Peduli & Prestasi II Galang 2008 yang berlangsung selama 3 hari dari tanggal 7 hingga 9 Maret 2008 di bumi perkemahan Gudep BJ Habibie, SMPN 4 Tanjung Limau," pungkasnya. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
Vaksinasi COVID-19 Perdana di Kukar, Ada 3 Tokoh Ditunda Jalani Vaksinasi
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com