Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dialog FSGNPP dengan Dinas Pendidikan-FSGK
Kadis Pendidikan Kukar Usir Mahasiswa dan Wartawan

Kadis Pendidikan Kukar Drs HM Idrus SY MSi (kanan) didampingi Ketua FSGK Drs H Syamsul Khaidir MMPd ketika menerima pengurus FSGNPP Kukar
Kadis Pendidikan Kukar Drs HM Idrus SY MSi (kanan) didampingi Ketua FSGK Drs H Syamsul Khaidir MMPd ketika menerima pengurus FSGNPP Kukar
Photo: Yanda

KutaiKartanegara.com - 18/05/2005 01:00 WITA
Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) Drs HM Idrus SY MSi, Selasa (17/05) siang kemarin, secara arogan mengusir mahasiswa Unikarta Tenggarong dan wartawan yang biasa meliput kegiatan di lingkungan kantor Dinas Pendidikan Kukar Tenggarong dalam acara pertemuan antara Forum Silaturahmi Guru Nusantara Peduli Pendidikan (FSGNPP) Kukar dengan pihak Dinas Pendidikan Kukar dan Forum Solidaritas Guru Kukar (FSGK).

Awal peristiwa pengusiran ini terjadi ketika sejumlah pengurus FSGNPP Kukar diterima Kadis Pendidikan Kukar HM Idrus dalam ruang rapat kantor tersebut untuk melakukan dialog tentang insentif tenaga guru dan kredit sepeda motor dimana sebelumnya pihak FSGNPP mengajak mahasiswa Unikarta Tenggarong untuk mendampingi mereka.

Namun sebelum dialog dilakukan, Idrus yang didampingi Ketua FSGK Drs H Syamsul Khaidir MMPd mengabsen satu-persatu nama yang tertera di dalam daftar hadir pertemuan. Saat mengabsen pengurus FSGNPP tidak ada permasalahan, namun ketika sampai pada giliran mahasiswa, Idrus lalu menanyakan kapasitas mereka dalam pertemuan tersebut.

Merasa tidak ada kaitan dengan pertemuan ini, Idrus lalu meminta mahasiswa Unikarta yang menyertai para pengurus FSGNPP untuk segera keluar meninggalkan ruangan termasuk para wartawan yang sedianya akan meliput pertemuan itu.

Idrus mengancam bila para mahasiswa dan wartawan tidak mau keluar dari ruang pertemuan maka dialog dengan FSGNPP ditiadakan dan Idrus mengancam akan meninggalkan ruang pertemuan. "Saya tidak akan memulai dialog dengan pengurus FSGNPP bila mahasiswa dan wartawan masih ada di ruangan ini. Saya harap, mahasiswa dan wartawan keluar dari sini," kata Idrus.

"Saya berhak menerima atau tidak menerima siapa pun yang datang kesini, jadi saat ini saya mau menerima perwakilan guru saja. Bukan perwakilan mahasiswa atau wartawan. Sekali lagi saya harap, mahasiswa dan wartawan untuk segera keluar dari sini," ujarnya lagi.

HM Idrus juga berkilah, sebagai Kadis Pendidikan dan secara internal kelembagaan dirinya berhak memberikan pembinaan, pengarahan maupun teguran terhadap guru–guru termasuk dalam pertemuan ini.

Ancaman Idrus yang besifat arogan inilah yang memicu kekesalan mahasiswa termasuk wartawan. Setelah sempat adu argumen antara HM Idrus dengan mahasiswa, akhirnya mahasiswa bersama wartawan keluar dari ruang pertemuan. Pertemuan antara Kadis Pendidikan Kukar dan FSGK di satu pihak dengan FSGNPP Kukar di pihak lain kemudian dilanjutkan namun bersifat tertutup bagi mahasiswa dan wartawan.

Salah seorang dari mahasiswa Unikarta Tenggarong Efri Novianto yang sempat bersitegang dengan Idrus ketika ditemui mengatakan, keberadaan mereka dalam pertemuan itu adalah untuk mendampingi sekaligus memberikan dukungan moral bagi pengurus FSGNPP Kukar.

Menurut Efri, Kadis Pendidikan HM Idrus tidak aspiratif dan cenderung menutup-nutupi masalah, ini tidak sesuai dengan UUD 1945 pasal 28F yang menyatakan bahwa setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi serta berhak untuk menyampaikan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Sementara Ketua FSGNPP Kukar, Sukardi, sebelum berdialog dengan Dinas Pendidikan Kukar kepada KutaiKartanegara.com mengatakan, pertemuan tersebut selain untuk mempertanyakan insentif guru dan kredit sepeda motor juga untuk mempertanyakan hasil rapat konsolidasi FSGK pada hari Minggu (15/05) lalu yang berbuah pernyataan sikap berupa dukungan FSGK kepada salah satu pasangan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Kukar dalam Pilkada 1 Juni 2005 mendatang.

Padahal menurut Sukardi, profesi guru yang sebagaian besar adalah PNS harus bersikap netral. "Sikap netralitas inilah yang ingin kami dengarkan dari FSGK maupun Kepala Dinas Pendidikan Kukar. Kami dari FSGNPP berharap agar guru-guru tidak mau dibawa-bawa dalam kegiatan politik praktis. Profesi kami sangat jelas sebagai pendidik, politik praktis bukan wilayah kami," demikian katanya. (nop/joe)


Kadis Pendidikan HM Idrus mengabsen satu per satu pengurus FSGNPP sebelum mengusir mahasiswa dan wartawan
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com