Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Panwascam se-Kukar Resmi Dilantik

Suasana pengambilan sumpah jabatan petugas Panwascam se-Kukar oleh Ketua PN Tenggarong Sunaryo WiryoSuasana pengambilan sumpah jabatan petugas Panwascam se-Kukar oleh Ketua PN Tenggarong Sunaryo Wiryo
Photo: Humas Kukar/Nor Aida


Ketua Panwas Pilkada Kaltim Hatta Zainal memasangkan atribut secara simbolis kepada salah seorang petugas Panwascam yang baru dikukuhkan
Ketua Panwas Pilkada Kaltim Hatta Zainal memasangkan atribut secara simbolis kepada salah seorang petugas Panwascam yang baru dikukuhkan
Photo: Humas Kukar/Nor Aida

KutaiKartanegara.com - 14/02/2008 17:27 WITA
Untuk mengawasi pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kaltim 2008 yang tinggal 3 bulan lagi, sebanyak 54 orang petugas Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dari 18 kecamatan se-Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini secara resmi dikukuhkan di Ruang Serba Guna Kantor Bupati Kukar, Tenggarong.


Pengukuhan dan pengambilan sumpah janji anggota Panwascam se-Kukar ini dilakukan Ketua PN Tenggarong Sunaryo Wiryo SH yang ditandai pula dengan pemasangan atribut dan penyematan pin terhadap perwakilan petugas Panwascam oleh Koordinator Panwas Kaltim HM Hatta Zainal.


Hatta Zainal yang juga mewakili Ketua DPRD Kaltim dalam sambutannya mengatakan, pembentukan Panwas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota hingga Kecamatan, adalah bagian dari implementasi UU No 32/2004 yang merupakan wujud keterlibatan masyarakat dalam penyelenggaraan desentralisasi demokrasi.


Dikatakannya, Pilgub Kaltim 2008 harus menjadi momentum terselenggaranya partisipasi masyarakat dalam menggunakan hak dan kewajiban politiknya secara baik dan benar.


"Serta terkawalnya proses Pilkada sesuai aturan yang ada, sehingga akan melahirkan pimpinan daerah yang legitimate dan kredibel," ujarnya.


Dia berharap agar tugas berat yang bakal dihadapi Panwas mendapat dukungan dari semua pihak. Baik dari Pemkab Kukar sendiri, KPUD, para kandidat gubernur serta masyarakat.


Sementara dikatakan Plt Bupati Kukar Samsuri Aspar, walaupun Pilkada secara langsung sudah pernah dilaksanakan di Kukar, namun Pilkada Kaltim memerlukan perhatian dan kecermatan yang lebih dalam pengawasannya.


"Karena dalam berbagai Pilkada seperti di Maluku Utara dan Sulawesi Selatan, terjadi masalah yang hingga sekarang belum tuntas penyelesaiannya," ujarnya.


Menurut Samsuri, munculnya berbagai permasalahan itu disebabkan adanya dugaan-dugaan pelanggaran selama berlangsungnya Pilkada. "Seperti Kecurangan-kecurangan dalam proses pemungutan dan perhitungan suara," katanya.


Samsuri lalu berharap kepada petugas Panwascam untuk belajar dari permasalahan itu. "Peran Panwas dalam rangka menyukseskan Pilkada sangat penting, terutama dalam menerima dan meneruskan temuan serta laporan pelanggaran selama Pilkada," demikian kata Plt Bupati Kukar. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
Kebakaran Hebat Landa Pemukiman Warga Dusun Sirbaya
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
Operasi Patuh Mahakam 2019: Polres Kukar Gencarkan Razia Kendaraan Selama 2 Pekan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Laga Hidup Mati Kontra Sriwijaya FC, Mitra Kukar Buru Poin Penuh
Perempat Final Liga 2 2019: Naga Mekes Tersungkur di Laga Perdana Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com