Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

DPRD Kukar Setuju Pembentukan Kutai Pesisir

Anggota Tim Sukses Kutai Pesisir saling berpelukan setelah DPRD Kukar merestui aspirasi pembentukan Kutai PesisirAnggota Tim Sukses Kutai Pesisir saling berpelukan setelah DPRD Kukar merestui aspirasi pembentukan Kutai Pesisir
Photo: Agri


Anggota DPRD Kukar dari Samboja tak kuasa menahan airmata saat bersalaman dengan rekan-rekannya dari Tim Sukses Kutai Pesisir
Anggota DPRD Kukar dari Samboja tak kuasa menahan airmata saat bersalaman dengan rekan-rekannya dari Tim Sukses Kutai Pesisir
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 01/12/2007 21:02 WITA
Tepuk tangan meriah, pekikan merdeka hingga tangis haru dari anggota tim sukses Kabupaten Kutai Pesisir mewarnai berakhirnya Rapat Paripurna DPRD Kutai Kartanegara (Kukar) ke-17 di Tenggarong, Jum'at (30/11) malam.


Ya, malam itu merupakan malam membahagiakan bagi para perwakilan masyarakat dari 5 kecamatan di wilayah pesisir Kukar. Aspirasi mereka untuk membentuk kabupaten baru mendapat restu dari DPRD Kukar.


Dalam Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Kata Akhir Fraksi Terhadap Aspirasi Masyarakat Pesisir itu, seluruh fraksi di DPRD Kukar yakni Fraksi Golkar, Fraksi PDI-P dan Fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR), menyetujui dan mendukung dibentuknya Kabupaten Kutai Pesisir yang terdiri dari Kecamatan Anggana, Loa Janan, Muara Jawa, Samboja dan Sanga-Sanga.


Rapat Paripurna ini sempat molor 1 jam lantaran belum banyak anggota dewan yang hadir pada pukul 19.30 WITA. Rapat Paripurna itu akhirnya dibuka Ketua DPRD Rahmat Santoso setelah jumlah anggota mencapai kuorum, yakni dihadiri 25 orang dari total 40 Anggota DPRD Kukar.


Fraksi Golkar mendapat kesempatan pertama untuk menyampaikan kata akhir fraksinya melalui jurubicaranya I Made Sarwa. Dikatakan I Made Sarwa, pemekaran wilayah merupakan keinginan masyarakat untuk membangun wilayah, menumbuhkembangkan perekonomian rakyat serta pecepatan pembangunan.



Juru bicara Fraksi Golkar I Made Sarwa menyerahkan dokumen Kata Akhir Fraksinya kepada Ketua DPRD Rahmat Santoso
Photo: Agri

"Sehingga pemekaran wilayah pesisir dipandang memungkinkan. Akan tetapi, mekanisme ataupun proses penyelenggaraannya haruslah berpegang teguh pada jenjang hirarki yang telah ditentukan," ujarnya.


Ditambahkannya, sosialisasi juga harus dilakukan kepada seluruh masyarakat Kukar baik yang berada di wilayah hulu maupun tengah. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi konflik horisontal atas pemekaran wilayah ini.


Fraksi Golkar juga mengingatkan bahwa aspek mekanisme pemekaran ini akan melalui proses yang cukup panjang dengan beberapa tahapan. "Sehingga segala sesuatunya haruslah benar-benar disiapkan secara matang. Karena pemekaran wilayah ini merupakan permasalahan serius yang harus disikapi secara arif, bijaksana, dan cermat," ujar Made Sarwa.


Terkait aspirasi masyarakat wilyah pesisir, lanjutnya, Fraksi Golkar menyatakan mendukung dan menyerahkan kepada pihak yang berkompeten dan berwenang sesuai mekanisme peraturan dan ketentuan berlaku.


Sementara Fraksi PDI-P melalui jurubicaranya H Abdurrahman mengatakan, wilayah pesisir Kukar sangat layak dimekarkan dengan pertimbangan sosiologi, ekonomi, penduduk, potensi wilayah dan infrastruktur di wilayah tersebut yang sangat mendukung.


"Fraksi PDI-P menyatakan dapat menyetujui aspirasi masyarakat pesisir untuk pemekaran wilayah," ujar Abdurrahman disambut tepuk tangan meriah dari puluhan warga pesisir yang hadir dalam rapat paripurna tersebut.



Tepuk tangan meriah terus bergema setiap kali juru bicara masing-masing fraksi menyampaikan pernyataan yang mendukung pembentukan Kutai Pesisir
Photo: Agri

Sedangkan Fraksi AKR melalui jurubicaranya Marwan menyatakan bahwa Kabupaten Kutai memiliki pengalaman yang mengesankan dalam hal pemekaran wilayah ketika dibentuknya Kabupaten Kutai Induk (Kukar-red), Kutai Timur, Kutai Barat dan Kota Bontang.


Melihat pengalaman pembentukan kabupaten/kota hasil pemekaran Kabupaten Kutai itu, lanjutnya, harus diakui bahwa pemekaran wilayah pada kenyataannya mampu memberikan kontribusi yang positif terhadap perkembangan wilayah serta peningkatan kesejahteraan masyarakat.


Mendekatkan pelayanan pemerintahan kepada masyarakat serta akselerasi pembangunan, lanjut Marwan, merupakan faktor yang sangat menentukan dalam mencapai tujuan pemekaran wilayah.


"Fraksi AKR menyatakan dapat memahami keinginan masyarakat wilayah pesisir dan memberikan apresiasi yang besar terhadap upaya untuk melakukan pemekaran wilayah khususnya di kawasan pesisir," tegas Marwan.


Usai Rapat Paripurna yang berlangsung tertib tersebut, puluhan anggota Tim Sukses Kabupaten Kutai Pesisir pun berjabat tangan dan berangkulan satu sama lain. Anggota DPRD Kukar dari wilayah Muara Jawa, Mahdalena HA, tak dapat menahan airmata haru atas keberhasilan perjuangan masyarakat wilayah pesisir untuk mendirikan kabupaten baru.


Mereka pun menyalami pimpinan dan anggota dewan lainnya sekaligus mengucapkan terima kasih atas dukungan DPRD Kukar terhadap aspirasi masyarakat wilayah pesisir. (win)


Suasana Rapat Paripurna ke-17 DPRD Kukar dengan agenda penyampaian Kata Akhir Fraksi terhadap aspirasi masyarakat pesisir
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Difasiltasi Polres Kukar, Nenek Penyapu Jalan Yang Berkurban Sapi Itu Berangkat Ziarah ke Kalsel
Jasad Pria Ditemukan di Kolong Jembatan Desa Sumber Sari, Loa Kulu
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com