Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pembangunan Kampus Terpadu Unikarta
Pembebasan Lahan Baru 50%

Alat berat milik kontraktor tampak sibuk beroperasi menyiapkan lahan untuk pembangunan kampus terpadu Unikarta di Tenggarong Seberang
Alat berat milik kontraktor tampak sibuk beroperasi menyiapkan lahan untuk pembangunan kampus terpadu Unikarta di Tenggarong Seberang
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 30/11/2007 17:22 WITA
Pembangunan kampus baru Universitas Kutai Kartanegara (Unikarta) di Desa Perjiwa, Kecamatan Tenggarong Seberang, saat ini mulai memasuki tahap pematangan lahan.


Proses pematangan lahan ini dilakukan setelah Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) mengucurkan dana Rp 24,9 milyar dari APBD tahun anggaran 2007 yang disalurkan melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Kukar sebagai penanggung jawab proyek.


Kendati demikian, dari 100 hektare lahan yang diperuntukkkan bagi kawasan kampus terpadu Unikarta, ternyata baru 50% lahan yang dibebaskan.


Selebihnya masih dimiliki warga sekitar. Akibatnya, pekerjaan pematangan lahan belum bisa maksimal dilakukan oleh kontraktor.


"Memang sebagian lahan kampus Unikarta di Tenggarong Seberang seluas 50 hektar belum dibebaskan. Tapi pembebasannya akan terus diupayakan sesuai kemampuan keuangan daerah," ujar PPTK Pembangunan Kampus Unikarta, HM Farid.


Mengapa kampus baru Unikarta ini membutuhkan lahan begitu luas hingga 100 hektar. Menurut Farid karena memang kampus baru Unikarta didisain sebagai suatu kawasan pendidikan tinggi yang terpadu.



Kadis PU Sugianto saat menjelaskan proyek pembangunan kampus Unikarta kepada Prof Amin Rais yang didampingi Bupati H Syaukani HR beberapa waktu lalu
Photo: Joe

Artinya segala kegiatan baik intra maupun ekstrakurikuler nantinya cukup dilakukan di dalam kawasan kampus ini. "Sehingga diharapkan segenap civitas akademika, mulai dari mahasiswa, dosen, tenaga administrasi hingga profesi penunjang lainnya dapat berinteraksi dengan baik dan lancar," katanya.


Karena di dalam kawasan kampus ini, lanjut Farid, paling tidak ada 30 unit bangunan inti yang tentunya dalam skala yang memadai dan refresentatif. "Seperti Gedung Rektorat dan gedung kuliah bagi 6 fakultas yang ada di Unikarta termasuk pembuatan akses jalan lingkungan di dalam kampus yang luas ini," paparnya.


Selain itu, fasilitas lain yang akan dibangun di kawasan kampus terpadu Unikarta di antaranya adalah gedung perpustakaan, gedung pertemuan, laboratorium, gedung lembaga Penelitian dan LPPM, Student Center serta Gedung Pameran Iptek.


"Kemudian ada pula fasilitas penunjang seperti tempat ibadah, monumen, rumah dosen, asrama mahasiswa, Kantor Pos, Bank hingga Gedung Bursa. Bahkan kampus akan dilengkapi pula dengan stadion, Sport Hall, lapangan basket hingga lapangan tenis," kata Farid.


Ditambahkannya, di kampus Unikarta juga akan ada kawasan terbuka yang diperuntukkan bagi lahan konservasi Taman Hutan Tropika Humida, Tanaman Langka, Tanaman Hias dan Tanaman Keras lainnya.


Yang menarik, dari semua bangunan adalah adanya Tower yang merefleksikan unsur budaya dan potensi alam di Kukar. "Semua bangunan didisain dengan mengadopsi arsitektur lokal khas Kutai terutama dari aspek ornamennya," ujarnya lagi.


Menurut Farid, bangunan-bangunan tersebut akan dibuat fungsional dan minimalis serta akrab dengan kondisi alam. Maksudnya, selain menghemat biaya pembangunan juga tidak boros energi terutama penggunaan listrik. "Jadi diupayakan seminimal mungkin gedung-gedung itu tidak menggunakan AC," katanya.


Sementara dikatakan Kepala Disdik Kukar, Bahrul, pembangunan kampus baru Unikarta merupakan wujud konsistensi Pemkab Kukar untuk menciptakan SDM Kukar yang lebih berkualitas.


"Kehadiran kampus baru Unikarta ini akan mendukung program kota Tenggarong sebagai kota Pendidikan, disamping sebagai kota tujuan wisata. Semua ini sesuai program Gerbang Dayaku Tahap II yang merupakan program strategis pembangunan di Kukar," katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com