Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pembentukan Desa Siaga, Muara Badak Paling Siap

Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah membuka pelatihan dengan memasangkan topi bantuan VICO Indonesia secara simbolis kepada perwakilan Kader Desa Siaga
Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah membuka pelatihan dengan memasangkan topi bantuan VICO Indonesia secara simbolis kepada perwakilan Kader Desa Siaga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

KutaiKartanegara.com - 22/11/2007 12:56 WITA
Untuk menyukseskan program Desa Siaga di Kecamatan Muara Badak, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan BPMIGAS-VICO Indonesia membentuk sekaligus melatih sejumlah Kader Desa Siaga di kecamatan tersebut.


Pembentukan dan Pelatihan Kader Desa Siaga tersebut dibuka Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emmy Dasimah bertempat di BPU Muara Badak Ulu, Kecamatan Muara Badak, Selasa (19/11) lalu.


"Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemandirian serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana maupun situasi gawat darurat secara mandiri," kata dr Emmy Dasimah.


Menurut Emmy, sebuah desa dikategorikan sebagai Desa Siaga jika memiliki pelayanan kesehatan dasar seperti pos kesehatan desa atau puskesmas pembantu. Selain itu, harus dilengkapi berbagai unit kesehatan berbasis masyarakat (UKBM) sesuai kebutuhan masyarakat setempat, seperti posyandu.


Program Desa Siaga, lanjutnya, juga bisa meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat desa. "Sehingga masyarakat dapat mengetahui berbagai risiko dan bahaya yang dapat menimbulkan gangguan kesehatan, seperti bencana dan wabah penyakit," ujarnya.



Eko Sudiro mewakili VICO Indonesia menyerahkan bantuan bubuk abate secara simbolis kepada Sekdes Gas Alam untuk dibagikan kepada warga
Photo: VICO Indonesia/Bastian

Ditambahkannya, program Desa Siaga bertujuan meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan pentingnya kesehatan. Selain itu, meningkatkan kemampuan dan kemauan masyarakat desa menolong dirinya sendiri di bidang kesehatan.


Emmy juga menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada pihak VICO Indonesia yang telah membantu kegiatan kesehatan di wilayah Kukar. Tidak hanya di Muara Badak, namun juga di wilayah kecamatan lain.


"Hingga akhir 2008, ada 13 desa yang ditargetkan menjadi Desa Siaga. Namun Kecamatan yang paling siap dalam program Desa Siaga di wilayah Kukar adalah kecamatan Muara Badak. Hal ini tak lepas dari peran serta VICO Indonesia yang begitu peduli terhadap upaya peningkatan derajat kesehatan di wilayah operasinya," demikian kata Emmy.


Kegiatan pelatihan Kader Desa Siaga ini dihadiri pula oleh para bidan desa dan anggota PKK yang ada di Muara Badak. Tampil sebagai pemateri antara lain dr Emmy Dasimah dengan materi Kebijakan Pemerintah Tentang Desa Siaga, kemudian Kasi Promkes Dinkes Kukar Adelina batara SKM MKes tentang Program Desa Siaga, Kasi Gizi Dinkes Kukar Aminah Toha SKM MKes tentang Kesehatan Keluarga dan Kasi Kesga Dinkes Kukar Winarti SST dengan materi mengenai Desa Siaga.


Guna memotivasi para kader dalam menyukseskan program Desa Siaga, masing-masing kader diberi kostum dan topi yang merupakan bantuan dari VICO Indonesia. Dalam kesempatan tersebut, VICO Indonesia juga menyerahkan bantuan berupa bubuk Abate untuk selanjutanya dibagikan kepada warga sebagai upaya mencegah merebaknya kasus demam berdarah. (bas)


Suasana pembukaan Pelatihan Kader Desa Siaga di BPU Muara Badak Ulu, Senin (19/11) lalu
Photo: VICO Indonesia/Bastian

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Terus Meningkat, Kasus Positif COVID-19 di Kukar Sudah Tembus 292 Kasus
Penularan COVID-19 dari Klaster Kantor Pertanian Telah Merembet ke Keluarga Dekat
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com