Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Warga 5 Kecamatan Desak Pembentukan Kutai Pesisir

Suasana pertemuan masyarakat 5 kecamatan wilayah pesisir Kukar dengan pihak legislatif dan eksekutif di Ruang Sidang Utama DPRD Kukar
Suasana pertemuan masyarakat 5 kecamatan wilayah pesisir Kukar dengan pihak legislatif dan eksekutif di Ruang Sidang Utama DPRD Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 09/11/2007 22:35 WITA
Sejumlah tokoh bersama ratusan warga dari 5 Kecamatan di wilayah pesisir Kutai Kartanegara (Kukar), Rabu (07/11) lalu berbondong-bondong datang ke kota Tenggarong guna menyampaikan aspirasi mereka dalam rangka pembentukan Kabupaten Kutai Pesisir.


Rombongan warga wilayah pesisir yang dipimpin Heri Fahlevi tersebut berasal dari Kecamatan Muara Jawa, Samboja, Anggana, Sanga-Sanga dan Loa Janan.


Kehadiran mereka diterima Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lidya bersama sejumlah anggota dewan lainnya di Ruang Sidang Utama DPRD Kukar. Dari pihak eksekutif sendiri diwakili langsung oleh Sekkab HM Husni Thamrin bersama beberapa pejabat lainnya.


"Kedatangan kami ke Tenggarong adalah untuk menyampaikan aspirasi masyarakat dari 5 kecamatan wilayah pesisir agar pihak legislatif dan eksekutif merealisaikan pembentukan Kabupaten Kutai Pesisir," ujar Heri.


Heri juga mempersilakan 5 perwakilan masing-masing kecamatan untuk menyampaikan opininya. Hasanuddin dari Kecamatan Samboja yang diberi kesempatan pertama menyatakan, keinginan untuk membentuk kabupaten baru adalah murni aspirasi masyarakat sendiri. "Tidak ada iming-iming dari pihak-pihak tertentu," ujar Hasanuddin yang juga Ketua AMPG Samboja ini.



Perwakilan masayrakat Sanga-Sanga, Asmuransyah, menegaskan pembentukan Kutai Pesisir akan terus diperjuangkan dengan cara yang santun
Photo: Agri

Ditambahkan Ketua KKSS Kecamatan Muara Jawa, Nasruddin, pemekaran Kukar menjadi Kabupaten Kutai Pesisir sudah tidak bisa ditawar-tawar lagi. "Karena secara fisik wilayah pesisir sangat siap menjadi kabupaten yang mandiri," tandasnya.


Sementara Kecamatan Sanga-Sanga yang diwakili H Asmuransyah berharap agar DPRD dan Pemkab Kukar dapat memberikan restu terhadap wacana pembentukan Kutai Pesisir.


Menurutnya, pembentukan Kutai Pesisir akan terus diperjuangkan. "Tentunya dengan cara yang santun, proporsional dan menghindari sikap-sikap arogansi," tegas tokoh yang sudah sepuh ini.


Sementara Said Andi Hamsyah dari Loa Janan mengatakan, sudah saatnya Kabupaten Kutai Pesisir diwujudkan dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. "Karena semakin berkembangnya wilayah ini, sehingga kabupaten induk semakin kewalahan melayani masyarakat. Apalagi letak ibu kota Kukar yang jauh dijangkau masyarakat pesisir," ujarnya.


Sedangkan Aris dari Kecamatan Anggana hanya berkomentar singkat yakni menuntut DPRD Kukar untuk segera membentuk panitia khusus (Pansus) yang membahas pembentukan Kutai Pesisir.



Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lidya berharap warga tetap menjaga situasi kondusif jika ingin memperjuangkan terwujudnya Kutai Pesisir
Photo: Agri

Menurutnya, beberapa hal yang telah disampaikan rekan-rekannya tersebut harus disikapi dengan arif dan bijaksana sehingga ke depan pembentukan Kutai Pantai dapat berjalan sesuai dengan rencana.


Menanggapi aspirasi warga dari lima kecamatan itu, hampir seluruh anggota dewan menyambut baik aspirasi yang disampaikan warga. Seperti disampaikan Anggota DPRD dari Fraksi Amanat Keadilan Rakyat (AKR), Marwan. Dirinya setuju untuk menindaklanjuti aspirasi masyarakat wilayah pesisir tersebut secara rasional sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku.


Begitu pula Anggota DPRD Marten Apuy dari Fraksi PDIP. "Setelah membaca kajian tentang Kutai Pesisir, saya tertarik dan menyetujui rencana ini. "DPRD harus berkoordinasi dengan Pemkab Kukar untuk mengkaji lebih dalam wacana ini," katanya.


Sementara Sekkab HM Husni Thamrin yang dipersilakan Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lidya untuk menyampaikan komentarnya berpendapat, pihaknya akan menampung aspirasi masyarakat tersebut dan meminta DPRD Kukar untuk menindaklanjutinya. "Karena ada aturan main dalam UU No 32/2004 yang mesti dilewati," ujarnya singkat.


Wakil Ketua DPRD Hj Joice Lidya yang memimpin pertemuan tersebut berpesan kepada warga di wilayah pesisir untuk tetap menjaga kondusifitas wilayah di wilayah mereka. "Kondusifnya wilayah ini akan sangat menentukan terwujudnya Kutai Pesisir," katanya. (win/joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 3 Kasus Baru COVID-19 di Kukar dan 2 Kasus Sembuh Per 8 Juli 2020
Swab Massal di Sanga-Sanga: PDP Yang Meninggal Dunia Ternyata Tidak Dimakamkan Secara COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com