Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Sempat Macetkan Jl KH Akhmad Muksin
Warga Datangi PLN Tenggarong Protes Pemadaman Listrik

Aksi pengunjukrasa memblokade Jl KH Akhmad Muksin untuk menarik perhatian wargaAksi pengunjukrasa memblokade Jl KH Akhmad Muksin untuk menarik perhatian warga
Photo: Agri


Para kader PMII melakukan aksi menyalakan lilin di halaman Kantor PLN Ranting Tenggarong
Para kader PMII melakukan aksi menyalakan lilin di halaman Kantor PLN Ranting Tenggarong
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 26/10/2007 23:41 WITA
Kinerja PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang masih sering melakukan pemadaman aliran listrik mendapat sorotan tajam dari beberapa elemen masyarakat Kutai Kartanegara (Kukar).


Ketika pemadaman listrik kembali terjadi Jum'at (26/10) sore hingga tengah malam, puluhan kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutai Kartanegara (Kukar) dan aktivis LSM Barisan Oposisi Murni (BOM) pun bergerak mendatangi Kantor PT PLN Ranting Tenggarong yang berada di Jalan KH Akhmad Muksin Tenggarong.


Sambil menyalakan beberapa batang lilin di halaman Kantor PT PLN Ranting Tenggarong, secara silih berganti para pengunjukrasa berorasi menumpahkan kekecewaan dan kekesalan mereka terhadap pelayanan PT PLN yang mereka nilai buruk.


"Begitu banyak kerugian yang diderita masyarakat gara-gara listrik padam setiap hari. Buktinya kemarin malam 3 buah rumah di Loa Kulu habis terbakar ketika terjadi pemadaman listrik. Mana tanggung jawab PLN?!" kata Koordinator Aksi, Wahyudi.



Warga pun ikut berorasi menyuarakan kekecewaan mereka terhadap pemadaman listrik yang masih kerap terjadi
Photo: Agri

Semula aksi unjukrasa di depan Kantor PT PLN Ranting Tenggarong yang dimulai pada pukul 20.00 WITA ini hanya melibatkan para aktivis PMII dan LSM BOM. Namun jumlah pengunjukrasa kian lama kian bertambah lantaran banyaknya warga masyarakat yang ikut bergabung.


Apalagi ketika puluhan pengunjukrasa memblokade sambil berorasi di tengah lintasan Jalan KH Akhmad Muksin. Jalan utama menuju pusat kota Tenggarong ini pun menjadi macet. Beberapa warga kemudian berhenti dan bergabung dengan para pengunjukrasa, bahkan mereka tak sungkan-sungkan untuk turut berorasi menyampaikan uneg-uneg mereka.


Aksi memacetkan jalan ini dilakukan pengunjukrasa karena mereka tidak mendapat kepastian kapan pimpinan PLN Tenggarong dapat menemui mereka setelah lebih dari 1 jam menunggu. Sejumlah petugas kepolisian secara persuasif kemudian meminta pengunjukrasa untuk sedikit menepi dan membiarkan kendaraan melintasi jalan tersebut.



Koordinator Aksi, Wahyudi, berorasi menuntut tanggungjawab PLN terhadap kerugian yang diderita masyarakat akibat pemadaman listrik
Photo: Agri

Ketika jumlah warga masyarakat semakin banyak bergabung dengan para kader PMII dan aktivis LSM BOM, mereka pun bergerak menuju Kantor PLN Tenggarong. Salah seorang karyawan PLN Tenggarong, Sunardi, akhirnya memberikan penjelasan kepada pengunjukrasa bahwa pemadaman listrik terjadi karena memang ada giliran pemadaman akibat kerusakan generator di PLTGU Tanjung Batu.


Sunardi juga menjelaskan bahwa pimpinan PLN Tenggarong tidak dapat menemui pengunjukrasa karena masih berada di Samarinda lantaran ada anggota keluarganya yang sakit.


"Baik, Senin nanti usai peringatan Hari Sumpah Pemuda kita akan kembali datang kesini. Kalau perlu, kami akan datang dengan jumlah massa yang lebih besar lagi," seru Ketua PMII Kukar, Junaidi.


Setelah mendengarkan penjelasan dari karyawan PLN Tenggarong yang bertugas malam ini, pengunjukrasa kemudian membubarkan diri dengan tertib. Puluhan petugas Polres Kukar tetap bersiaga hingga para pengunjukrasa benar-benar meninggalkan Kantor PLN Tenggarong. Sementara itu, hingga berita ini diturunkan, pemadaman listrik lebih dari 6 jam masih berlangsung di sejumlah wilayah kota Tenggarong. (win)


Pengunjukrasa akan kembali mendatangi Kantor PLN Ranting Tenggarong untuk bertatap muka langsung dengan pimpinan PLN Tenggarong
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Diperpanjang Hingga 14 Oktober, Pembatasan Sosial/Aktivitas Malam Hari di Kukar
Plt Bupati Kukar Chairil Anwar: Tenggarong Akan Dikembangkan Jadi Kota Warisan Budaya
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Komite Ekonomi Kreatif Kukar Resmi Dikukuhkan
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
 
Tak Pandang Suku atau Agama, Polres Kukar Proses 2 Pihak yang Terlibat Pertikaian Berdarah di Muara Jawa
Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com