Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Asyiknya Menjelajahi Dunia Maya

Suasana Workshop Pengenalan Internet yang berlangsung selama 2 pekan di Kancatel TenggarongSuasana Workshop Pengenalan Internet yang berlangsung selama 2 pekan di Kancatel Tenggarong
Photo: Agri


Salah seorang guru TK ABA Tenggarong asyik menyimak informasi yang ditampilkan KutaiKartanegara.com
Salah seorang guru TK ABA Tenggarong asyik menyimak informasi yang ditampilkan KutaiKartanegara.com
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 03/10/2007 21:00 WITA
Banyak manfaat dan kemudahan yang diperoleh melalui internet. Tidak hanya kemudahan dalam mendapatkan informasi, namun juga untuk hiburan, berkomunikasi, berbelanja hingga melakukan transaksi perbankan.

Dalam Workshop Pengenalan Internet yang digelar selama 2 pekan di ruang rapat PT Telekomunikasi Indonesia (Telkom) Kantor Cabang Tenggarong, semua manfaat dan kemudahaan melalui penggunaan internet ini disajikan di hadapan warga Tenggarong, mulai dari kalangan santri hingga anak yatim, pelajar hingga pegawai, guru TK maupun guru SLTA.

"Itulah sebabnya mengapa muncul istilah cyberspace atau dunia maya. Karena sama seperti di dunia nyata, apapun bisa kita lakukan lewat internet. Cuma bedanya, semua itu kita lakukan hanya di depan komputer," ujar reporter KutaiKartanegara.com, Nopianda, yang menjadi pemateri workshop ini.


Yanda saat membimbing peserta untuk melakukan pendaftaran di salah satu layanan e-mail gratis
Photo: Agri

Ditambahkan pria yang akrab disapa Yanda ini, seiring dengan pesatnya teknologi internet, banyak perusahaan dari berbagai bidang melirik internet untuk mengembangkan bisnisnya yang pada akhirnya semakin memudahkan masyarakat.

"Kita sekarang bisa beli barang atau pesan tiket pesawat lewat internet. Bayarnya juga bisa lewat internet, karena banyak bank yang telah menyediakan layanan internet banking bagi nasabahnya," ujar Yanda sambil mempraktekkan cara pemesanan tiket pesawat di salah satu maskapai penerbangan nasional.

"Jika anda menjadi nasabah bank-bank terkemuka, kita bisa manfaatkan layanan internet banking untuk melakukan berbagai transaksi. Misalnya bayar tagihan telepon, ponsel, kirim uang, bahkan beli voucher isi ulang untuk kartu pra bayar. Semua bisa dilakukan di depan komputer, tanpa perlu keluar rumah, dalam waktu 24 jam," jelasnya.

Sejumlah peserta workshop yang rata-rata baru pertama kali menjajal internet, tampak takjub melihat apa saja yang bisa diperoleh melalui internet, terutama untuk melakukan berbagai transaksi. "Wah, ternyata asyik juga ya?! Semua jadi begitu gampang dengan internet," ujar Siti Afshohah, salah seorang guru TK ABA Tenggarong.


Deputy GM PT Telkom Kaltim Tengah, Rinaldi, hadir memberi kejutan dengan menghadiahi uang tunai Rp 100 ribu bagi peserta yang memberikan jawaban terbaik mengenai manfaat internet
Photo: Agri

Lain lagi tanggapan staf Sub Bagian Pemberitaan Bagian Humas & Protokol Pemkab Kukar, Dayang Ifdhali. Menurutnya, selama ini dirinya hanya mendengar sebutan internet, akan tetapi tidak tahu untuk apa internet itu.

"Dengan adanya pelatihan ini, kita jadi tahu betapa banyaknya kegunaan internet. Selain bisa berkomunikasi melalui internet, kita juga bisa mengetahui tentang dunia, belanja dan berbagai macam kemudahan lainnya yang luar biasa," ujarnya.

Sementara menurut siswi SMAN 3 Tenggarong, Eka Padmawati, pengetahuannya jadi bertambah banyak setelah mengikuti Workshop Pengenalan Internet yang digelar PT Telkom Kancatel Tenggarong bekerjasama dengan situs KutaiKartanegara.com.

"Sebelumnya kami hanya pernah diajari cara membuat dan berkirim e-mail. Setelah ikut pelatihan ini, ternyata masih banyak lagi yang bisa kita lakukan lewat internet," ujar Eka.


Guru dan murid SMKN 1 Tenggarong tampak asyik melakukan chatting
Photo: Agri
Sekedar informasi, Workshop Pengenalan Internet yang digelar di Kancatel Tenggarong ini berlangsung selama 2 pekan, mulai 20 September hingga 4 Oktober.

Para peserta workshop ini di antaranya adalah anak-anak Panti Sosial Tenggarong, pelajar SMPN 2 Tenggarong, SMKN 1 Tenggarong, santri Ponpes Ribathul Khail Tenggarong, para guru TK ABA Tenggarong, dosen Unikarta Tenggarong hingga para pegawai Pemkab Kukar seperti dari Dinas Peternakan, Disperindagkop, dan Sekretariat DPRD Kukar.

"Kegiatan pelatihan ini merupakan sumbangsih PT Telkom Kancatel Tenggarong untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia Kukar di bidang teknologi informasi. Alhamdulillah kegiatan ini ternyata mendapat respon yang luar biasa dari warga Tenggarong," ujar Kepala Kancatel Tenggarong, Zulpan Wardhana.

Menurut Zulpan, kegiatan ini juga merupakan upaya dari PT Telkom untuk mejadi pusat pembelajaran di Tenggarong. "Kegiatan seperti ini akan terus berlanjut di masa mendatang. Jadi bagi masyarakat Tenggarong yang belum mendapat kesempatan ikut pelatihan internet gratis, insya Allah masih bisa mendapatkannya di lain waktu," katanya. (win)


Kepala Kancatel Tenggarong Zulpan Wardhana (kedua dari kanan) menyatakan kegiatan pelatihan ini merupakan sumbangsih PT Telkom untuk meningkatkan kualitas SDM di Kukar dalam pemanfaatan teknologi informasi
Photo: Agri


Berita Terkait:
Diikuti Pelajar, Pegawai Hingga Anak Yatim: Mengisi Ramadhan Lewat Pelatihan Internet (25/09/2007)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com