Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Bantu Pulihkan Daerah Pasca Banjir
Tiga Kecamatan Jadi Sasaran TNI Manunggal Sosial Sejahtera

Melalui TNI Manunggal Sosial Sejahtera diharapkan dapat membantu masyarakat dan pemerintah daerah memulihkan kondisi daerah pasca banjirMelalui TNI Manunggal Sosial Sejahtera diharapkan dapat membantu masyarakat dan pemerintah daerah memulihkan kondisi daerah pasca banjir
Photo: Humas Kukar/Zoel


Staf Ahli Pangdam VI/Tanjungpura Kolonel CZI Atmadi Mulyono (kanan) menyerahkan cangkul secara simbolis kepada seorang prajurit TNI
Staf Ahli Pangdam VI/Tanjungpura Kolonel CZI Atmadi Mulyono (kanan) menyerahkan cangkul secara simbolis kepada seorang prajurit TNI
Photo: Humas Kukar/Zoel

KutaiKartanegara.com - 22/08/2007 19:26 WITA
Selain mengangkat senjata alias berperang, salah satu tugas pokok Tentara Nasional Indonesia (TNI) melalui operasi militer adalah membantu menanggulangi akibat bencana alam, pengungsian, dan pemberian bantuan kemanusiaan.

Terkait dengan hal tersebut, mulai kemarin digelar program TNI Manunggal Sosial Sejahtera di 3 wilayah yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang beberapa waktu lalu sempat terendam banjir parah.

Dimulakannya kegiatan program TNI Manunggal Sosial Sejahtera ini dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Pangdam VI/Tanjungpura Kolonel CZI Atmadi Mulyono didampingi Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Hardani Lukitanta Adi di lapangan sepakbola Desa Sebulu Ilir, Kecamatan Sebulu.

Pembukaan kegiatan TNI Manunggal Sosial Sejahtera yang akan berlangsung selama 18 hari ini (18/08 hingga 07/09) ditandai dengan penyerahan cangkul dan sekop oleh Kol CZI Atmadi Mulyono kepada perwakilan TNI dan warga masyarakat setempat.


Staf Ahli Pangdam VI/Tanjungpura dan pejabat Muspikab Kukar mendengarkan penjelasan tentang program TNI Manunggal Sosial Sejahtera di 3 kecamatan di Kukar
Photo: Humas Kukar/Zoel

Menurut Dandim 0906/Tenggarong Letkol Inf Hardani Lukitanta Adi, kegiatan TNI Manunggal Sosial Sejahtera dilaksanakan di 3 kecamatan sekaligus yakni Kecamatan Sebulu, Muara Kaman, dan Kota Bangun.

"Desa-desa yang menjadi sasaran kegiatan ini meliputi Desa Sebulu Ilir dan Desa Sebulu Modern di Kecamatan Sebulu, Desa Muara Kaman Ulu di Kecamatan Muara Kaman, serta Desa Liang Ilir di Kecamatan Kota Bangun," paparnya.

Kegiatan ini, lanjut Hadani, melibatkan sedikitnya 150 personel yang terdiri dari 100 orang personel Yonif 611/ Awang Long, 29 orang personel Kodim 0906/Tenggarong, 6 orang anggota Polri dan 15 orang aparat pemerintah .

"Adapun kegiatan yang akan dilakukan adalah mengerjakan sejumlah sarana fisik seperti rehab rumah ibadah, perbaikan jalan, dan jembatan. Sementara kegiatan non fisik yang akan dikerjakan berupa penyuluhan narkoba dan bidang kamtibmas," ujarnya.


Sekkab Kukar HM Husni Thamrin (kiri) turut mencangkul tanah untuk perbaikan jalan di Desa Sebulu Ilir
Photo: Humas Kukar/Zoel

Pangdam IV/Tanjungpura Mayjen TNI GR Situmeang dalam amanat tertulis yang dibacakan Kolonel CZI Atmadi Mulyono mengatakakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk membantu dan pemerintah daerah dalam rangka mempercepat pemulihan daerah yang terkena bencana alam (banjir-red) serta terwujudnya kesejahteraan daerah.

Selain itu, lanjutnya, kegiatan TNI Manunggal Sosial Sejahtera merupakan upaya untuk membantu pemerintah daerah memperdayakan potensi wilayah dalam upaya pemberdayaan wilayah pertahanan serta menciptakan kondisi masyarakat yang dinamis dalam menciptakan ketahanan wilayah yang tangguh.

Ditambahkannya, TNI tidak dapat memulihkan seluruh sarana dan prasarana umum yang rusak akibat bencana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. Kendati demikian, melalui kegiatan TNI Manunggal Sosial Sejahtera diharapkan dapat mengurangi beban penderitaan masyarakat akibat bencana alam, hingga dapat kembali beraktivitas kembali secara normal dalam kehidupan sehari-hari.

Tampak hadir pada acara pembukaan TNI Manunggal Sosial Sejahtera di antaranya adalah Sekkab Kukar H Husni Thamrin, Ketua PN Tenggarong Sudirman WP SH dan Wakapolres Kukar Kompol I Gede Yusa. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com