Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tenaga Kesehatan Kukar Demo Tuntut Pencairan Insentif

Usai berdialog dengan jajaran Dinkes Kukar, Abdul Jalal menghimbau rekan-rekannya untuk kembali ke tempat tugas masing-masing dengan tertibUsai berdialog dengan jajaran Dinkes Kukar, Abdul Jalal menghimbau rekan-rekannya untuk kembali ke tempat tugas masing-masing dengan tertib
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 20/08/2007 18:57 WITA
Belum cairnya insentif tahun anggaran 2006 lalu bagi tenaga kesehatan se-Kutai Kartanegara (Kukar), membuat resah seluruh pegawai kesehatan mulai dari perawat, bidan, ahli gizi dan petugas kesehatan lingkungan (kesling) di daerah ini, baik mereka yang berstatus honorer (T3D) maupun PNS.


Janji dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kukar bahwa insentif akan segera dibayarkan, ternyata tak kunjung cair hingga kini. Sementara waktu terus berjalan dan tak terasa sudah memasuki pertengahan bulan Agustus 2007.


Akhirnya, tadi siang, ratusan tenaga kesehatan di Kukar melakukan aksi unjukrasa dengan mendatangi kantor Dinkes Kukar yang berada di Jl Cut Nyak Dhien, Tenggarong. Para pengunjukrasa yang terdiri dari unsur perawat, bidan, ahli gizi dan petugas kesling melakukan orasi sambil membentangkan sejumlah spanduk serta poster yang bernada kritikan maupun keluhan mereka.


Juru bicara pengunjukrasa H Abdul Jalal menyatakan pihaknya ingin bertatap muka dengan Kepala Dinkes Kukar dr H Abdurrachman dan mendengar langsung penjelasan mengenai masalah insentif dan persoalan lainnya.



Salah satu spanduk yang dibawa pengunjukrasa dan dipasang di kantor Dinkes Kukar
Photo: Agri

Namun karena yang bersangkutan tengah melakukan tugas di luar daerah, perwakilian pengunjukrasa diterima oleh Wakil Kepala Dinkes Kukar dr Emy Dasimah beserta pejabat Dinkes Kukar lainnya di aula kantor tersebut yang berada di lantai 2.


Menurut H Abdul Jalal yang juga Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Kukar ini, pihaknya menuntut agar pencairan insentif tersebut sudah dapat dibayarkan secepatnya dalam beberapa hari ini.


Tak hanya itu, mereka juga mempermasalahkan besaran insentif atau tambahan penghasilan tahun anggaran 2007 yang mereka nilai tidak adil antara PNS tenaga kesehatan dengan PNS dokter. Misalnya untuk PNS tenaga kesehatan atau perawat memperoleh Rp 500 ribu per bulan, sementara dokter mendapat Rp 1,25 juta per bulan.


Hal lain yang dipersoalkan para pengunjukrasa adalah terlalu besarnya dana anggaran Dinkes Kukar yang mencapai Rp 38 milyar. "Sementara untuk Puskesmas dialokasikan hanya sebesar Rp 3 milyar, itu pun dibagi untuk 27 Puskesmas," ujar Abdul Jalal.


Selain itu, permasalahan lainnya yang disoroti adalah soal pembagian sepeda motor dinas yang tidak tepat sasaran, operasional mandiri bagi Puskesmas dan SK Fungsional bagi tenaga kesehatan.



Seorang pengunjukrasa sempat emosi lantaran pihak Dinkes Kukar belum dapat memastikan kapan insenstif dapat dicairkan
Photo: Yanda

Wakil Kepala Dinkes dr Emy Dasimah mengatakan, pihaknya berterimakasih atas penyampaian aspirasi dari tenaga kesehatan di Kukar. Dia berjanji bahwa pihaknya akan menindaklanjuti permasalahan tersebut.


Pertemuan tersebut sempat memanas ketika pengunjukrasa menanyakan kapan insentif tersebut dapat dicairkan. Bendahara Pengeluaran Dinkes Kukar Zainur Rahman belum dapat memastikan kapan pencairan dapat dilakukan karena terbentur masalah prosedur administrasi di BPKD Kukar.


Jawaban tersebut membuat salah seorang perawat berstatus T3D yang tidak puas langsung emosi dengan menggebrak meja dan berdiri dari tempat duduknya. Beberapa rekannya segera menenangkan yang bersangkutan untuk menahan emosi dengan membawanya keluar dari ruang pertemuan.


Dialog kemudian dilanjutkan kembali. Kasubdin Pelayanan Kesehatan dr Ali Hidar menegaskan bahwa pihaknya sudah lama merespon semua permasalahan yang dihadapi untuk segera diselesaikan. "Setelah ini kami akan segera rapat membahas masalah pencairan insentif dengan pihak-pihak yang bertanggungjawab. Meski tidak ada Kepala Dinas, disini masih ada Wakil Kepala Dinas," ujar Ali Hidar.


Setelah puas menyampaikan aspirasinya, para pengunjukrasa atas himbauan Abdul Jalal kemudian meninggalkan kantor Dinkes Kukar dengan etrtib. Ketua PPNI Kukar ini juga menghimbau kepada rekan-rekannya untuk tidak mogok kerja dan tetap melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat seperti biasa. (win/nop)


Suasana dialog antara pengunjukrasa dengan jajaran Dinas Kesehatan Kukar
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com