Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

PMII Kukar Peringati Isra Mi'raj di Ponpes Al Munawarah Bukit Biru

Suasana peringatan Isra Mi'raj di Ponpes Al Munawarah, Kelurahan Bukit Biru
Suasana peringatan Isra Mi'raj di Ponpes Al Munawarah, Kelurahan Bukit Biru
Photo: PMII Kukar/Jeri Pazerin

KutaiKartanegara.com - 12/08/2007 23:46 WITA
Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutai Kartanegara (Kukar) bekerjasama dengan KNPI Kukar dan Pondok Pesantren (Ponpes) Al Munawarah, Jum'at (10/08) malam lalu menggelar peringatan Isra Mi'raj 1428 H di Kelurahan Bukit Biru, Tenggarong.


Selain diikuti para santri Ponpes Al Munawarah, acara peringatan peristiwa Isra Mi'raj ini juga dihadiri ratusan warga setempat yang begitu antusias untuk datang. Teristimewa, Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso pun berkesempatan untuk hadir pada acara itu.


Begitu membeludaknya warga yang memadati halaman Ponpes tersebut, para santri Ponpes Al Munawarah selaku tuan rumah yang jumlahnya mencapai sekitar 200 orang harus rela mengikuti acara dibalik jendela-jendela ruangan kelas belajar pesantren.


Dikatakan Ketua Umum PC PMII Kukar, Junaidi, peringatan Isra Mi'raj ini merupakan salah satu bentuk silaturahmi antara masyarakat dengan elit politik. Pasalnya, Ketua DPRD Kukar sebagai wakil rakyat turut hadir pada acara tersebut.



Nyai Ummul Hidayah saat memberikan siraman rohani di hadapan ratusan warga Ponpes Al Munawarah dan warga Kelurahan Bukit Biru
Photo: PMII Kukar/Jeri Pazerin

"Jadi acara ini juga bisa dikatakan sebagai momen yang bagus untuk menyampaikan aspirasi masyarakat, khususnya mengenai kondisi Ponpes yang masih memerlukan perhatian lebih dari pemerintah daerah, baik eksekutif maupun legislatif," ujarnya.


Junaidi juga menegaskan bahwa peringatan Isra Miíraj ini merupakan ajang untuk memperkuat iman untuk mencapai keadilan dan kebenaran, sebagaimana tema dari pelaksanaan kegiatan ini yaitu Merakit Iman, Menyongsong Masa Depan, Demi Menegakkan Keadilan dan Kebenaran.


"Dengan peringatan Isra Miíraj ini juga menunjukkan bahwa PMII Kukar kerjaannya bukan hanya orasi dan demo, tetapi juga tetap mengutamakan penguatan nilai keislaman dalam setiap gerakannya," kata Junaidi.


Sementara pengasuh Ponpes Al Munawarah Al Ustadz Abu Ali mengharapkan kepedulian dari kalangan anggota DPRD sebagai wakil rakyat untuk memperhatikan keberadaan Ponpes Al-Munawarah. Karena menurutnya, masih banyak kekurangan-kekurangan, khususnya sarana dan prasanara pendukung dari ponpes tersebut.


Ketua DPRD Kukar Rahmat Santoso dalam sambutannya mengatakan, terdapat hikmah besar dalam peringtan Isra Miíraj. Yakni diantaranya shalat lima waktu yang diperintahkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad SAW.



Ketua DPRD Rahmat Santoso (kiri) bersama pimpinan Ponpes Al Munawarah dan pengurus PMII Kukar dengan serius menyimak siraman rohani
Photo: PMII Kukar/Jeri Pazerin

Rahmat Santoso juga mengingatkan bahwa jabatan yang ada sekarang hanya bersifat sementara, karena yang akan menemani kita untuk menuju akhirat kelak hanyalah ilmu yang bermanfaat dan amal perbuatan yang ada hari ini.


Peringatan Isra Miíraj 1428 H di Ponpes Al Munawarah diisi pula dengan siraman rohani oleh Nyai Ummul Hidayah, yang juga pengasuh Ponpes Al-Faraqhi Balikpapan. Dalam ceramahnya, dia mengatakan betapa pentingnya umat Islam untuk menjaga shalat lima waktu.


"Shalat bisa mencegah perbuatan keji dan munkar. Disamping itu, shalat juga bisa membuat tubuh kita selalu sehat, karena gerakan yang ada dalam shalat adalah merupakan gerakan olahraga yang luar biasa, yang telah diteliti oleh berbagai kalangan," ujarnya.


Nyai Ummul Hidayah juga mengingatkan kepada kaum Muslimin tentang keutamaan bershadaqah. "Dengan bershadaqah, rezeki kita tidak akan berkurang, malah akan terus bertambah," katanya.


Dan seruan itu berujung pada dilepaskannya selendang hijau yang menempel pada tubuhnya. Selendang tersebut dijadikan sebagai sarana untuk mengumpulkan sumbangan dari masyarakat yang hadir mendengarkan ceramah tersebut.


Akhirnya, panitia berhasil mengumpulkan sumbangan sebesar Rp 2,276 juta. Hasil dari sumbangan ini langsung diserahkan kepada pengasuh Ponpes Al-Munawarah. (yud)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Pasien Corona Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal 10 Kasus
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com