Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kinerja PDAM Tirta Mahakam Dinilai Cukup Baik

Seorang karyawan PDAM Tirta Mahakam Kukar tengah memeriksa salah satu Instalasi Pengolah Air di Kelurahan Sukarame, Tenggarong. Badan Pengawas PDAM Kukar memberikan predikat Cukup Baik atas kinerja PDAM Tirta Mahakam dalam 4 tahun
Seorang karyawan PDAM Tirta Mahakam Kukar tengah memeriksa salah satu Instalasi Pengolah Air di Kelurahan Sukarame, Tenggarong. Badan Pengawas PDAM Kukar memberikan predikat Cukup Baik atas kinerja PDAM Tirta Mahakam dalam 4 tahun
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/08/2007 23:24 WITA
Kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Mahakam Kutai Kartanegara (Kukar) periode 2003-2007 mendapat predikat Cukup Baik. Penilaian Cukup Baik ini disampaikan Ketua Badan Pengawas PDAM Kukar Samuel Robert Djukuw SE MM, Kamis (09/08) kemarin, di Tenggarong.


Menurut Samuel Robert Djukuw yang juga Asisten II Pemkab Kukar bidang Ekonomi dan Pembangunan ini, penilaian tersebut sesuai Surat Keputusan (SK) Bupati No 180.188/2003 tentang Pengangkatan Direktur Umum (Dirum) dan Direktur Teknik (Dirtek) PDAM Tirta Mahakam periode 2003/2007 yang berakhir tanggal 1 Agustus 2007.


Samuel yang didampingi Sekretarisnya Drs Dardiansyah MM menambahkan, dari laporan tim pengawas yang sangat komprehensif dan transparan, sangat jelas dan sesuai prosedur yang berlaku. "Sehingga dapat disimpulkan kinerja PDAM Tirta Mahakam Kukar periode 2003-2007 yang dipimpin Ir H Awang Yacoub Luthman MM memperoleh nilai Cukup Baik," ujarnya.


Ditambahkan Samuel, pihaknya melihat bahwa hasil kerja tim pengawas yang menilai semua aspek kinerja PDAM Tirta Mahakam telah terlihat secara nyata dan dapat dipertanggungjawabkan. Untuk itu, ujarnya, Badan Pengawas PDAM Kukar akan mengusulkan kepada Bupati agar jabatan Dirum dan Dirtek PDAM Tirta Mahakam Kukar priode 2003-2007 layak dipertahankan.


Sementara Ketua Tim Penilai Agus Supriyono memaparkan, dalam melakukan penilaian dan evaluasi, pihaknya menggunakan beberapa indikator sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) No 7/1998 tentang Pengelolaan PDAM dan Permendagri No 2/2007 tentang Organisasi dan Kepegawaian PDAM.


Kemudian berpatokan pula dengan Kepmendagri No 47/1999 tentang Pedoman Penilaian Kinerja PDAM serta Perda No 13/2003 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja PDAM Tirta Mahakam Kukar, serta Telaahan Staf Wakil Bupati No 013/2007 tanggal 25 Juni 2007 perihal Pengangkatan Kembali Dirum dan Dirtek PDAM Tirta Mahakam Kukar untuk masa jabatan 2007/2011.


Ditambahkan Agus Supriyono, pihaknya juga melakukan penilaian lapangan terutama dalam pelayanan kebutuhan air minum kepada masyarakat. "Termasuk aspek keuangan, operasional dan aspek administrasi," katanya.


Dari aspek keuangan, tingkat kinerja keuangan PDAM Tirta Mahakam Kukar cukup fluktuatif. Misalnya tahun 2004 nilai kinerja 21,75 poin, sedangkan tahun 2005 terjadi kenaikan menjadi 34,5. Dan tahun 2006 terjadi penurunan nilai kinerja menjadi 23, 25.


"Kemudian aspek operasional dinilai hanya 2 tahun yaitu 2005-2006, dimana pada 2005 nilai kinerja 21,28 sedangkan tahun 2006 naik 28,09, sehingga dari penilaian ini terefleksi peningkatan nilai kinerja 7,66," papar Agus.


Sedangkan aspek administrasi, lanjutnya, di tahun 2004-2006, nilai kinerja 11,67 dari standar batas maksimum nilai kinerja 36. Ini berarti kinerja administrasi terencana cukup baik. "Dengan demikian kinerja PDAM Tirta Mahakam Kukar selalu berusaha meningkatkan kinerjanya dalam melayani kebutuhan masyarakat setiap tahunnya," demikian katanya. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Lagi Pasien Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 54 Persen
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com