Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II
Akan Bagikan 7.500 Kacamata dan Gelar 2.000 Operasi Katarak

Suasana kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jum'at (03/08) kemarin
Suasana kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II di Pendopo Odah Etam, Tenggarong, Jum'at (03/08) kemarin
Photo: Humas Kukar/Yuliati

KutaiKartanegara.com - 04/08/2007 16:34 WITA
Program Kesehatan Mata dan Nutrisi yang merupakan program kerjasama antara Total E&P Indonesie, Helen Keller International (HKI), Rumah Sakit Pertamina Balikpapan (RSPB) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), kembali dilanjutkan mulai bulan Agustus 2007.


Menandai dilaksanakannya program yang memasuki tahap ke-2 tersebut, Jum'at (03/08) kemarin dilakukan kegiatan sosialisasi yang dibuka secara resmi oleh Asisten IV Bidang Kesra & Humas Pemkab Kukar HM Ghufron Yusuf di Pendopo Odah Etam, Tenggarong.


Menurut Vice President Government & Media Relations Total E&P Indonesie Ananda Idris, program ini merupakan bagian dari program pengembangan masyarakat atau community development (comdev) dari BPMIGAS-Total E&P Indonesie untuk meningkatkan kesehatan mata dan nutrisi di sekitar wilayah operasi, khususnya di kawasan Delta Mahakam.


"Tahap I program ini telah dilaksanakan selama 6 bulan di tahun 2005-2006 yang difokuskan pada pengkajian untuk mengetahui kondisi kesehatan mata dan nutrisi masyarakat di kawasan Delta Mahakam," ujarnya.


Ditambahkan Ananda Idris, tim gabungan Total E&P Indonesie, HKI, RSPB dan Dinkes Kukar, berhasil mengidentifikasi 242 orang penderita katarak. Dari jumlah tersebut, 33 penderita telah menjalani operasi katarak. Kemudian 400 kacamata juga telah diberikan kepada murid sekolah di Kecamatan Anggana dan Samboja.



Para camat dari wilayah pesisir Kukar dengan serius menyimak materi sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi yang akan dilaksanakan di wilayah kerjanya
Photo: Humas Kukar/Yuliati

"Selanjutnya pada Tahap II yang akan mulai dilaksanakan pada bulan ini, operasi katarak dan pembagian kacamatan akan kembali dilanjutkan. Sebanyak 7.500 kacamata ditargetkan untuk dapat dibagikan kepada orang dewasa dan anak-anak yang mengalami gangguan pada mata, serta 2.000 operasi katarak lainnya akan dilaksanakan," jelasnya.


Menanggapi dimulainya Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II tersebut, Asisten IV HM Ghufron Yusuf mengatakan, pihaknya menyambut baik dilaksanakannya program tersebut. "Program ini sejalan dengan program Gerbang Dayaku Tahap II, yang mana salah satu prioritasnya adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) melalui pendidikan dan kesehatan," kata Ghufron.


Menurut Asisten IV Pemkab Kukar, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi wahana perbaikan dan meningkatkan kesehatan mata dan nutrisi masyarakat, khususnya pada anak usia sekolah, ibu hamil dan menyusui.


"Petuah orang bijak bahwa kesehatan memang bukan segalanya, tetapi tanpa kesehatan segalanya tidak berarti. Itu menunjukkan bahwa kesehatan terkait dalam semua bentuk pelaksanaan pembangunan yang melibatkan semua stakeholder," katanya.


Kegiatan sosialisasi Program Kesehatan Mata dan Nutrisi Tahap II yang dipandu dr Sahat Mangasih itu menampilkan beberapa pakar kesehatan mata dan gizi, seperti dr Roy Tjiond dari HKI, M Arif Suprapto dan dr Muslim dari RSPB. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Pasien Corona Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal 10 Kasus
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com