Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

VICO Indonesia Serahkan Proyek Comdev 2004

Pj Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto secara simbolis menerima proyek comdev VICO Indonesia dari Ir Robby P Joenoes dengan disaksikan Ahmad Hamdani dari BP Migas
Pj Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto secara simbolis menerima proyek comdev VICO Indonesia dari Ir Robby P Joenoes dengan disaksikan Ahmad Hamdani dari BP Migas
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 19/04/2005 22:54 WITA
Badan Pengelola (BP) Migas melalui perusahaan migas VICO Indonesia yang beroperasi di wilayah Kutai Kartanegara (Kukar) menyerahkan sejumlah proyek pengembangan masyarakat atau community development (comdev) tahun 2004 senilai lebih dari Rp 5,02 milyar kepada Pemkab Kukar.

Penyerahan proyek comdev tahun 2004 tersebut dilakukan tadi siang melalui Vice President Health, Safety, Enviromental & Integrity Operations (HSE & IO) VICO Indonesia, Ir Robby P Joenoes, yang diterima secara simbolis oleh Penjabat Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto di Desa Badak Mekar, Kecamatan Muara Badak.

Adapun proyek comdev yang diserahkan tersebut terdiri dari 5 sektor masing-masing sektor pendidikan, kesehatan, ekonomi, fasilitas sosial dan fasilitas umum serta sektor lingkungan. Dari ke 5 sektor tersebut realisasinya sebagian besar dilakukan di wilayah operasi VICO Indonesia seperti Kecamatan Muara Badak, Marang Kayu, Anggana, Muara Jawa, Sanga-Sanga dan Samboja.


Pj Bupati Kukar ketika meninjau pameran produksi pertanian dan kerajinan hasil binaan comdev VICO Indonesia
Photo: Joe

Menurut Vice President HSE & IO VICO, Ir Robby P Joenoes, proyek comdev VICO tahun 2004 ini lebih difokuskan pada perbaikan kualitas kehidupan masyarakat seperti bidang kesehatan dan pendidikan. "Berbeda dari tahun sebelumnya dimana proyek comdev VICO Indonesia lebih diarahkan pada pembangunan infrastruktur. Karena pembangunan infrastruktur lebih tepat dilakukan oleh pemerintah, maka kami lebih memilih pada aspek peningkatan mutu sumber daya manusianya," ujar Robby.

Oleh sebab itu diakuinya, nilai comdev tahun 2004 ini mengalami penurunan dibandingkan tahun 2003 lalu yang mencapai lebih dari Rp 8 milyar. Hal ini disebabkan pada 2004 pembangunan di sektor infrastruktur mengalami penurunan yang signifikan.


Virgin Coconut Oil yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit ini ternyata sangat menarik perhatian Pj Bupati Kukar
Photo: Joe

Dijelaskan pula untuk comdev sektor pendidikan, VICO Indonesia telah memberikan beasiswa kepada siswa yang berprestasi di Kukar, kemudian memberikan bantuan biaya pelatihan kepada ratusan guru SD hingga SLTA juga di Kukar. "Sementara di bidang kesehatan telah direalisasikan bantuan program penyuluhan dan abatisasi kepada masyarakat untuk mengurangi dampak demam berdarah di sekitar wilayah operasi," papar Robby.

Sementara Penjabat Bupati Kukar Drs Hadi Sutanto mengatakan, kepedulian VICO Indonesia terhadap masyarakat dan lingkungan patut dicontoh. Menurutnya, sebagai perusahaan besar VICO Indonesia selama ini telah berhasil melakukan pembangunan wilayah sesuai dengan tuntutan dan kondisi masyarakat.

"Ke depan VICO Indonesia harus tetap konsisten dalam melaksanakan program comdev-nya, karena bila mengandalkan kemampuan pemerintah daerah maka upaya pengembangan masyarakat akan berjalan lambat," ujar Hadi Sutanto.

Dibagian lain Pj Bupati Kukar berharap agar masyarakat mendukung upaya-upaya yang dilakukan VICO Indonesia karena perusahaan ini merupakan aset negara sekaligus daerah juga penghasil devisa yang perlu dijaga dan dilestarikan eksistensinya.

Acara penyerahan comdev dari BP Migas-VICO Indonesia tadi siang disaksikan pula oleh Kepala Operasi BP Migas Wilayah Kalimantan & Sulawesi Ahmad Hamdani, pejabat Muspikab Kukar, kepala dinas/instansi Pemkab Kukar, pejabat Muspika Muara Badak serta dan sejumlah undangan lainya. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kabar Baik, Kecamatan Samboja Kini Zero COVID-19
Satu Pasien Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal di 5 Kasus
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Satu-Satunya Perpustakaan Sekolah di Kukar yang Raih Akreditasi Perpusnas RI Ada di SD Muhammadiyah 1 Tenggarong
Menuju Normal Baru, Hari Pertama Masuk Sekolah di Kukar 13 Juli 2020
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com