Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Akan Dibuka Meneg LH
Seminar Peranan Keraton dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup

Kedaton Kutai Kartanegara akan menjadi tempat pelaksanaan Seminar Lingkungan Hidup yang dihadiri Raja/Sultan/Panembahan se-Kalimantan
Kedaton Kutai Kartanegara akan menjadi tempat pelaksanaan Seminar Lingkungan Hidup yang dihadiri Raja/Sultan/Panembahan se-Kalimantan
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 10/06/2007 14:26 WITA
Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia (RI) Rachmat Witoelar dipastikan akan membuka Seminar Lingkungan Hidup yang diikuti Raja/Sultan/Panembahan se-Kalimantan pada 28 Juni mendatang.


Demikian hal tersebut dikemukakan Menteri Sekretaris Keraton Dr H Adji Raden Mohd Haryanto Bachroel gelar H Adji Raden Gondo Prawiro selaku Ketua Panitia Pelaksana tadi siang di Tenggarong.


Menurut Haryanto Bachroel, kegiatan seminar ini digarap Kementerian Negara Lingkungan Hidup RI bekerjasama dengan Keraton Kutai Kartanegara ing Martadipura, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) dan Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda.


"Semula kegiatan ini akan digelar pada awal Juni. Namun karena padatnya jadwal Meneg LH, akhirnya diputuskan seminar ini dapat dilaksanakan pada hari Kamis, 28 Juni 2007," jelas pria yang akrab disapa Harry ini.


Dikatakan Harry, seminar ini mengambil tema Peranan Keraton-Keraton se-Kalimantan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup. "Jadi di sini kita akan mengetahui bagaimana kiat dan upaya dari pihak keraton dalam menangani persoalan lingkungan hidup di masa lalu hingga saat ini," ujarnya.


Dalam seminar tersebut, lanjut Harry, akan menampilkan 4 pembicara yang mewakili 18 raja/sultan atau panembahan yang diundang. Adapun pihak kerajaan/kesultanan yang diundang di antaranya adalah Kesultanan Banjar, Kesultanan Bulungan, Kesultanan Gunung Tabur, Kesultanan Sambaliung, dan Kesultanan Paser Belengkong.


"Kemudian ada pula Keraton Kadriyah Pontianak, Keraton Amantubillah Mempawah, Keraton Alwatzkubillah Sambas, Kerajaan Selimbau Kapuas Hulu, Kerajaan Sekadau, dan Kerajaan Kotawaringin," paparnya.


Selain diikuti para raja/sultan/panembahan, lanjutnya, kegiatan ini akan diikuti Kepala Bapedalda Tingkat Provinsi se-Kalimantan serta seluruh Kepala Bapedalda Tingkat Kabupaten/Kota se-Kaltim. "Diperkirakan seminar ini diikuti 200 peserta, termasuk dari kalangan mahasiswa serta LSM," katanya.


Menurutnya, kegiatan serupa juga digelar di seluruh tanah air yang dibagi dalam beberapa wilayah. Untuk raja/sultan se-Jawa misalnya, kegiatan seminar dilakukan di Keraton Surakarta Hadiningrat, Jawa Tengah. Kemudian di Sulawesi, Sumatera, dan wilayah Indonesia Timur lainnya, juga digelar kegiatan serupa yang dipusatkan di salah satu keraton sebagai tuan rumah.


Hasil dari seminar-seminar yang digelar di beberapa wilayah di Indonesia tersebut selanjutnya akan menjadi masukan bagi Kementerian Negara Lingkungan Hidup dalam memperkaya upaya penanganan lingkungan hidup di Indonesia bahkan dunia," demikian kata Harry yang juga tengah mempersiapkan Seminar Nasional Ekonomi Indonesia di Balikpapan dalam kapasitasnya selaku Ketua ISEI Kaltim pada Juli mendatang. (win)



Berita Sebelumnya:
Dihadiri Raja/Sultan se-Kalimantan, Keraton Kutai Kartanegara Tuan Rumah Seminar Lingkungan Hidup (15/05/2007)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kunjungan Kerja Perdana Kapolda Kaltim Irjen Pol Muktiono ke Kukar
Disangka Tidur di Pinggir Jalan, Pemulung Ini Ternyata Meninggal Dunia
 
Enggan Pilih Politisi Sebagai Wabup Sisa Masa Jabatan, Ini Alasan Edi Damansyah
Mutasi Perdana di Tahun 2020, 142 Pejabat Dilantik Bupati Edi Damansyah
 
Kelola Jasa Kepelabuhan, Perusda Tunggang Parangan Jalin Kerja Sama Dengan PT PTB
PHM Menjawab Tantangan Produksi 2019 dengan Inovasi
 
Kaki Dilumpuhkan Timah Panas, Maling Yang Bawa Golok Terekam CCTV Akhirnya Ditangkap Polisi
Sepanjang Tahun 2019, Polres Kukar Tangani 494 Kasus Kriminalitas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Hari Guru Nasional 2019: Ini Sambutan Nadiem Makarim Yang Bikin Para Guru Bersorak Riuh dan Bertepuk Tangan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com