Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

SMAN I Tenggarong Siapkan Penulis Muda Daerah

Nurjannah (kanan) saat memberikan motivasi dan kiat-kiat bagi remaja aktif di SMAN I Tenggarong
Nurjannah (kanan) saat memberikan motivasi dan kiat-kiat bagi remaja aktif di SMAN I Tenggarong
Photo: FLP Kukar

KutaiKartanegara.com - 04/04/2005 14:15 WITA
Study Club Menulis (SCM) Karya SMAN I Tenggarong bekerjasama dengan Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Kutai Kartanegara (Kukar) menggelar kegiatan Pelatihan Menulis yang diikuti 25 orang siswa bertempat di SMAN I Tenggarong, Jalan Mulawarman, Sabtu (02/04) lalu. Selain memperoleh materi penulisan, para siswa tersebut juga dibekali materi pengembangan diri yang disampaikan oleh Nurjannah SAg, Ketua Pemberdayaan SCM/Study Club Buku Kutai Kartanegara.

Menurut Nurjannah, remaja sekarang ini harus bisa mengoptimalkan pribadinya masing-masing karena setiap orang memiliki potensi sendiri-sendiri. "Dan potensi itulah yang akan mengantarkan seorang remaja memiliki kepribadian yang handal," ungkapnya.

Nurjannah yang selama ini bergelut di dunia remaja, memang melihat belum banyak remaja Kukar yang memiliki prestasi membanggakan, lebih-lebih yang berhubungan dengan dunia buku dan kepenulisan. Jika dibandingkan dengan remaja-remaja di luar Kukar, menurutnya, remaja Kukar masih sangat jauh tertinggal. Akan tetapi bukan berarti remaja Kukar tidak punya kesempatan untuk maju.

Sementara itu dikatakan Ketua SCM Karya SMAN I Tenggarong, Faridamiaty, selama ini banyak siswa yang berminat dan berbakat dalam hal kepenulisan namun sering terkendala masalah percaya diri dan belum banyak wadah bagi mereka untuk berekspresi dan belajar banyak.

Untuk itu, tambahnya, SCM Karya ke depan memprogramkan pembinaan secara intensif kepada siswa-siswa yang berminat untuk menekuni dunia penulisan. "Formatnya sendiri nantinya akan dimasukkan dalam ekstra kurikuler sekolah. Jadi, siswa bisa belajar ilmu kewartawanan, menulis fiksi dan ilustrasi serta pengembangan diri secara rutin," ujarnya.

Menurutnya, hal itu dilakukan guna mempersiapkan siswa-siswa SMAN I yang handal dan memiliki skill berbeda karena sudah saatnya SMAN I Tenggarong memiliki barisan penulis-penulis muda yang brilian dan mampu mengharumkan nama sekolah dan daerah.

Kepala SMAN I Tenggarong Drs Yasir MM menyambut baik rencana yang disusun oleh siswa-siswanya yang tergabung dalamSCM Karya. Yasir berharap kelak bermunculan penulis-penulis atau wartawan muda dari sekolah yang dipimpinnya karena menurutnya di masa mendatang persaingan dunia kerja akan sangat keras.

Sedangkan Ketua FLP Cabang Kukar, Hanafi, dengan antusias menyambut program yang akan disusun oleh SCM Karya tersebut. Menurut Hanafi, hal itu membuktikan bahwa remaja Kukar masih peduli dengan masa depan daerah ini.

"Jadi, tidak bijak kalau kita menyamaratakan remaja kita yang identik dengan hura-huranya," ujar Hanafi. Diakui Hanafi, sebenarnya banyak remaja yang memiliki potensi, namun tak terasah dengan baik. Mereka yang tidak dimotivasi secara terarah, akhirnya menyalurkan-nya kepada hal-hal yang negatif. Demikian katanya. (win)


Pengurus SCM Karya bersama pengurus FLP Cabang Kukar usai menggelar pelatihan menulis di SMAN I Tenggarong, Sabtu (02/04) lalu
Photo: FLP Kukar

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Bupati Kukar Ajak Warga Bantu Korban Bencana Kalsel-Sulbar-Jabar
Vaksinasi COVID-19 Perdana di Kukar, Ada 3 Tokoh Ditunda Jalani Vaksinasi
 
Bupati Edi Damansyah Lantik 169 Pejabat Fungsional
Dibuka Bupati Edi Damansyah, Rakor dan Evaluasi Pemerintahan Desa se-Muara Kaman
 
Queen Orca Houseboat, Kapal Wisata Bergaya Hotel di Sungai Mahakam
PHM Terbitkan Kontrak Baru Jack-up Rig Hakuryu-14 Senilai US$ 96 Juta
 
Sepanjang 2020, Tingkat Kejahatan di Kukar Alami Penurunan
Antar Bakso Berisi Narkoba ke Lapas, Pelajar SLTA Asal Sebulu Diamankan Petugas
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tetap Berkarya di Tengah Pandemi, Album Kompilasi Global Arise Diluncurkan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
 
Liga 2 Kembali Tertunda, Mitra Kukar Pilih Liburkan Pemain
Mitra Kukar Tekuk Nurjanah FC di Laga Uji Coba
 
Inilah Pemenang Pemilihan Teruna Dara dan Putri Pariwisata Kukar 2020
Finalis Teruna Dara Kukar 2020 Jalani Masa Karantina di Grand Elty Singgasana
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com