Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pendukung Syaukani Demo Besar-Besaran
Desak DPRD Buat Kesepakatan Bersama

Massa pendukung Bupati H Syaukani HR ketika berada di teras depan gedung DPRD KukarMassa pendukung Bupati H Syaukani HR ketika berada di teras depan gedung DPRD Kukar
Photo: Agri


Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi diminta menandatangani Kesepakatan Bersama Antara Rakyat dan DPRD Kukar
Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi diminta menandatangani Kesepakatan Bersama Antara Rakyat dan DPRD Kukar
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 17/04/2007 20:07 WITA
Situasi di Kutai Kartanegara (Kukar) hari ini semakin memanas. Setelah lama menahan diri, ribuan pendukung Bupati H Syaukani HR dari berbagai elemen masyarakat akhirnya tumpah ruah menyerbu gedung DPRD Kukar.


Puluhan elemen masyarakat dari sejumlah paguyuban dan OKP terlibat dalam aksi unjukrasa di gedung wakil rakyat tersebut. Di antaranya adalah Syaukani Center Kaltim (SCK), Kaning Fans Club (KFC), Tim Relawan Bela Syaukani (Trebels) Kaltim, Sempekat Keroan Kutai (SKK), Persekutuan Dayak Kalimantan Timur (PDKT) Kukar, Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) Kukar, dan Kerukunan Keluarga Sasak Lombok (KKSL) Kukar dan Aliansi Parpol Kukar.


Kemudian dari Forum Tenaga Honor Kukar, Forum Solidaritas Guru Kukar (FSGK) Kosgoro, Ikatan Pemuda Nahdlatul Ulama (IPNU) Kukar, Himpunan Pengusaha Kayu Bangunan (Hipkaba) Kukar, GP Anshor, Himpunan Pemuda Nahdlatul Wathan, serta sejumlah pengurus Partai Golkar.


Bergeraknya para pendukung Bupati H Syaukani HR ini tak lepas dari pemeriksaan KPK terhadap Wabup H Samsuri Aspar dan Ketua DPRD Kukar belum lama ini terkait kasus dugaan korupsi Bupati H Syaukani HR atas penggunaan upah pungut migas, yang berbuntut pada pengembalian uang sebesar Rp 2 milyar oleh Samsuri dan Bachtiar.



Anggota DPRD Kukar Sutopo Gasif dan beberapa anggota dewan lainnya turut membubuhkan kesepakatan bersama
Photo: Agri

Mereka menilai, apa yang dilakukan Samsuri dan Bachtiar merupakan tindakan yang ceroboh. "Seharusnya kalau mau mengembalikan dana tersebut, bukan diserahkan ke KPK, tetapi disetor ke kas daerah," ujar salah seorang pengunjukrasa dengan lantang.


Bahkan Samsuri dan Bachtiar dituntut untuk mundur dari jabatannya. Terbukti dari sebuah spanduk hitam yang dibawa pengunjukrasa. Spanduk tersebut bertuliskan "Tuntut Mundur Bachtiar & Samsuri Sebagai Pengkhianat Perjuangan Rakyat Kukar!"


Setelah berorasi beberapa menit di teras depan gedung wakil rakyat tersebut, demonstran kemudian diajak berdialog di Ruang Sidang Utama DPRD Kukar. Dengan diiringi puluhan personel Polres Kukar, demonstran pun berjalan menuju ruang sidang dengan membawa spanduk-spanduk dan sejumlah poster bernada kecaman terhadap Samsuri dan Bachtiar, serta dukungan kepada Bupati Syaukani.


Namun, sebelum dialog dilakukan, para anggota dewan terlebih dahulu melakukan rapat internal selama kurang lebih 10 menit. Beberapa pengunjukrasa yang tidak sabar menunggu mulai gerah dan mengancam untuk penjemputan paksa terhadap Bachtiar.


Ketua KFC Muhib bin Ali yang menjadi Koordinator Aksi meminta rekan-rekannya untuk menahan diri. Muhib kemudian meminta beberapa orang perwakilan untuk menjemput Ketua DPRD Kukar dan anggota dewan lainnya.


Tak beberapa lama, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi dan para anggota dewan lainnya memasuki ruangan sidang. Bachtiar yang tampak kurang sehat kemudian memimpin jalannya pertemuan untuk membahas draft Kesepakatan Bersama Antara Rakyat dan DPRD Kukar yang konsepnya telah disiapkan pengunjukrasa.



Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi tampak begitu tegang saat menghadapi pengunjukrasa pendukung Bupati Syaukani
Photo: Agri

Setelah dilakukan sedikit revisi, akhirnya Kesepakatan Bersama tersebut disetujui pihak dewan. Pengunjukrasa kemudian mendaulat jajaran DPRD Kukar untuk menandatangani Kesepakatan Bersama tersebut.


Namun ditegaskan Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi, tanda tangan yang mereka bubuhkan tersebut adalah atas nama pribadi, dan bukan atas nama lembaga. Pasalnya, keputusan yang dikeluarkan DPRD harus melalui mekanisme resmi sidang paripurna.


Dalam butir pertama kesepakatan tersebut dinyatakan bahwa DPRD Kukar diminta segera mengadakan hearing untuk meminta pertanggungjawaban kepada para pejabat, Ketua DPRD dan Anggota DPRD yang mengembalikan upah pungut, apa motivasi dan tujuannya.


Kedua, segera membentuk tim Panitia Khusus (Pansus) untuk mendapatkan kajian hukum atas legalitas dan dasar hukum penerimaan upah pungut migas. Ketiga, segera mengadakan penggantian Ketua DPRD, Wakil Ketua DPRD dan Ketua Fraksi Golkar sesuai prosedur dan peraturan yang berlaku.


Keempat, segera menganggarkan dan membayarkan seluruh biaya rumah sakit dan biaya pendampingan hukum atas Bupati Kukar, karena itu merupakan kepentingan pemerintah daerah.


Kelima, segera membentuk Pansus untuk membidani dan mengadakan kajian terhadap percepatan otonomi khusus Kaltim bersama DPRD Provinsi Kaltim. Dan keenam, segera adakan transparansi kepada rakyat terhadap mekanisme penyusunan anggaran sesuai PP No 58/2005 dan Permendagri No 13/2006.


Pengunjukrasa kemudian meminta agar Kesepakatan Bersama tersebut dilaksanakan mulai hari ini. "Paling lambat adalah pada Senin (23/04) nanti," tegas Muhib bin Ali. (win)


Suasana Ruang Sidang Utama DPRD Kukar yang dipadati para pendukung Bupati Syaukani
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com