Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

DPRD Kukar Dituntut Bentuk Pansus Raperda Transparansi

Para Anggota DPRD Kukar akhirnya berdialog dengan pengunjukrasa sambil lesehan di lantaiPara Anggota DPRD Kukar akhirnya berdialog dengan pengunjukrasa sambil lesehan di lantai
Photo: Agri


Dua aparat Polres Kukar berjaga di pintu masuk gedung DPRD Kukar sambil mengawasi pengunjukrasa berorasi
Dua aparat Polres Kukar berjaga di pintu masuk gedung DPRD Kukar sambil mengawasi pengunjukrasa berorasi
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 16/04/2007 23:50 WITA
Usai berunjukrasa ke PT PLN Ranting Tenggarong tadi siang, para pengunjukrasa dari berbagai elemen mahasiswa dan masyarakat yang menamakan dirinya Aliansi Gerakan Transparansi (Sikat) mendatangi gedung DPRD Kukar.

Mereka menuntut agar DPRD Kukar segera membentuk Panitia Khusus (Pansus) guna membahas Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif tentang tranparansi yang pernah diusulkan oleh LSM Barisan Oposisi Murni (BOM) belum lama ini.

Kedatangan para pengunjukrasa gabungan dari PMII, HMI, LSM BOM, POKSI PLH, dan beberapa elemen mahasiswa Unikarta ini sempat tidak mendapat tanggapan selama kurang lebih 2 jam dari Anggota DPRD.

Pasalnya, pada saat bersamaan, para anggota dewan tengah melakukan rapat penting di Ruang Panitia Musyawarah (Panmus) yang berada di lantai 2 gedung Sekretariat DPRD Kukar tersebut.


Pengunjukrasa duduk-duduk sambil berorasi di lobi lantai 2 gedung Sekretariat DPRD Kukar
Photo: Agri

Setelah berorasi selama 15 menit di teras depan DPRD Kukar dan tidak mendapat respon dari anggota dewan, para pengunjukrasa kemudian memasuki lobi gedung DPRD Kukar sambil duduk-duduk dan kembali berorasi.

Sekitar pukul 11.30 WITA, para pengunjukrasa kemudian menaiki tangga menuju lantai 2. Pihak aparat keamanan dari Polres Kukar membatasi pengunjukrasa untuk tidak menuju Ruang Panmus yang sedang digunakan untuk rapat oleh anggota dewan.

Tak sabar lantaran begitu lama menunggu sambil duduk-duduk di lobi lantai 2, para pengunjukrasa bergerak menuju Ruang Panmus sambil berorasi dan meneriakkan yel-yel.

Anggota DPRD Kukar Marwan SP dan Husaini Rasyid yang sebenarnya masih rapat akhirnya keluar untuk menemui pengunjukrasa. Namun mereka menolak berdialog dengan Marwan, karena ingin bertemu langsung dengan pimpinan dan seluruh anggota dewan.


Ketegangan yang terjadi di depan Ruang Panmus
Photo: Agri

Suasana gaduh yang terjadi di luar Ruang Panmus membuat anggota dewan lainnya yakni Irwan Mukhlis keluar ruang dan meminta pengunjukrasa untuk tenang. Irwan pun sempat bersitegang dengan pengunjukrasa. Irwan lalu meminta pengunjukrasa menunggu di Ruang Sidang Utama, namun lagi-lagi ditolak keras mahasiswa.

Akhirnya mahasiswa kembali duduk-duduk dan berorasi di lobi lantai 2. Sementara Kasubag Humas dan Protokol Sekretariat DPRD Kukar Nurhayati Touristiany melakukan pendekatan kepada pengunjurasa untuk bersabar menanti karena rapat anggota dewan masih berlangsung.

Sekitar pukul 12.45 WITA, para anggota dewan akhirnya menemui mahasiswa yang lesehan di lobi lantai 2. Wakil Ketua DPRD Kukar Ir HM Yusuf AS dan sejumlah anggota dewan lainnya pun ikut duduk-duduk di lantai 2 untuk berdialog.

Presiden BEM FISIP Unikarta Wahyudi selaku Koordinator Aksi kemudian menyampaikan tuntutan Sikat. Selain menuntut pembentukan Pansus Raperda Transparansi, Sikat juga mendesak agar pelaksanaan APBD 2007 dilakukan secara transparan.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD HM Yusuf AS mengaku bahwa secara pribadi dirinya sangat mendukung dibuatnya Perda tentang transparansi anggaran. "Namun, hal tersebut memerlukan waktu dan tergantung dari penentu kebijakan, yakni pihak eksekutif," jelasnya.

Setelah berdialog dengan mahasiswa, para anggota dewan didaulat menandatangani pernyataan dukungan terhadap pembentukan Pansus Raperda Transparansi.

Sedikitnya ada 10 anggota dewan termasuk Wakil Ketua HM Yusuf AS atas nama pribadi menandatangani pernyataan dukungan tersebut. Anggota lainnya adalah Edy Mulawarman, Jumarin Tripada, H Irwan Mukhlis, Marwan, Husaini Rasyid, Zainuddin Syam, HM Syarifuddin, H Abdul Rahman dan H Abubakar HAS. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kebakaran Lahap 5 Rumah Warga Desa Jembayan Tengah
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com