Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Dikucuri Dana USD 3,6 Juta
Program Pemberdayaan Masyarakat Delta Mahakam Diluncurkan

Wabup Samsuri Aspar menyerahkan cendramata khas Kukar kepada Dirjen PMD Depdagri Ayib Muflich disaksikan Asisten I Pemprov Kaltim Syahruddin usai peluncuran program PMD Mahakam
Wabup Samsuri Aspar menyerahkan cendramata khas Kukar kepada Dirjen PMD Depdagri Ayib Muflich disaksikan Asisten I Pemprov Kaltim Syahruddin usai peluncuran program PMD Mahakam
Photo: Ale

KutaiKartanegara.com - 11/04/2007 21:48 WITA
Upaya peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) di kawasan Delta Mahakam, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Delta Mahakam tadi siang secara resmi diluncurkan di ibu kota Kecamatan Anggana, Desa Sungai Meriam.


Peluncuran program ini ditandai dengan pemukulan gong oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dirjen PMD) Departemen Dalam Negeri (Depdagri) Ayib Muflich.


Turut menyaksikan peluncuran program ini di antaranya adalah Asisten I Pemprov Kaltim Drs Syahruddin, Wakil Bupati Kukar Drs H Samsuri Aspar MM, Sekretaris BPN Pusat Ir Rizal Anshari, Asisten Residen Refresentatif UNDP Indonesia Budi Sayuko, Camat dan Muspika Anggana, tokoh masyarakat setempat dan undangan lainnya.


Program Pemberdayaan Masyarakat Delta Mahakam yang bernilai USD 3,6 juta atau setara dengan Rp 33 milyar ini merupakan hasil kerjasama antara Pemerintah Pusat, Pemkab Kukar, Program Pembangunan PBB (UNDP) serta perusahaan migas Total E&P Indonesie dan Inpex Corp dari Jepang.


Ada dua sasaran utama dari program Pemberdayaan Masyarakat Delta Mahakam, yakni melalui pemberdayaan masyarakat yang ada di Delta Mahakam dan upaya pelestarian lingkungan melalui metode Silvo Fisheries atau usaha perikanan dan tambak yang ramah lingkungan.



Suasana peluncuran program Pemberdayaan Masyarakat Delta Mahakam di Kecamatan Anggana tadi siang
Photo: Ale

Dirjen PMD Depdagri Ayib Muflich menegaskan, pemberdayaan masyarakat melalui peningkatan kegiatan ekonomi kerakyatan hendaknya menjadi agenda penting dalam kesejahteraan masyarakat.


Hal lain yang perlu diprioritaskan adalah menjamin partisipasi masyarakat terutama dalam pengambilan keputusan untuk mengelola sumber daya alam (SDA) dan pelestarian ekosistemnya.


"Oleh sebab itu pemerintah pusat mendukung sepenuhnya program Pemberdayaan Masyarakat Delta Mahakam sebagai wujud percepatan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.


Sementara Wabup Samsuri Aspar berharap agar program ini di satu sisi mampu memacu pendapatan masyarakat. Di sisi lain, harapnya, kelestarian lingkungan kawasan ini tetap terjaga. "Sehingga program ini dapat dijadikan contoh model bagi kawasan lain di Indonesia bahkan di dunia," demikian kata Wabup Kukar.


Kawasan Delta Mahakam yang luasnya mencapai 110.000 hektar ini berada dalam tiga wilayah kecamatan di Kukar yaitu Anggana, Muara Badak dan Muara Jawa.


Awalnya, kawasan ini memiliki formasi hutan bakau atau mangrove dan nipah. Namun sekarang kondisinya sudah berubah akibat penggunaan lahan untuk usaha tambak dengan cara membabat hutan mangrove secara besar-besaran. Akibatnya, kualitas air bersih di kawasan itu pun menurun.


Selain itu, tercatat 697 hektare areal hilang akibat erosi dan 88.704 hektare hutan bakau rusak berat. Diharapkan melalui program yang diluncurkan hari ini dapat mengatasi kerusakan lingkungan di Delta Mahakam melalui usaha tambak bermetode Silvo Fisheries dan penanaman kembali hutan mangrove. (ale)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Pasien Corona Sembuh, Kasus Aktif COVID-19 di Kukar Tinggal 10 Kasus
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com