Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Aliansi Parpol dan Forsa Kukar Protes KPK
Pemeriksaan Syaukani Dinilai Tidak Manusiawi

Suasana aksi unjukrasa Aliansi Parpol dan Forsa Kukar di gedung DPRD Kukar tadi siangSuasana aksi unjukrasa Aliansi Parpol dan Forsa Kukar di gedung DPRD Kukar tadi siang
Photo: Gugun


KutaiKartanegara.com - 22/03/2007 20:38 WITA
Tindakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) saat menjemput dan memeriksa Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Syaukani HR yang masih dalam keadaan sakit, Jum'at (16/03) lalu, menuai protes dari para pendukung Syaukani.


Seperti yang terjadi hari ini. Puluhan demonstran dari Aliansi Partai Politik (Parpol) Kukar dan Forum Syaukani (Forsa) Kukar mendatangi gedung dewan untuk menyampaikan protes mereka terhadap perlakuan KPK tersebut yang dinilai tidak manusiawi dan sewenang-wenang.


"Perlakuan KPK yang memeriksa Bupati Kukar yang saat itu masih dalam kondisi sakit tidaklah manusiawi. Sangat jelas sekali KPK terlalu memaksakan pemeriksaan di saat seseorang sedang sakit. Tentu saja ini sangatlah menyinggung hak azasi manusia (HAM) seseorang," ujar Saleh Hakim selaku Koordinator Aksi.


Pihaknya sangat menyayangkan pihak pemeriksa KPK tidak memperhatikan keadaan Bupati Kukar yang tengah sakit. "KPK telah semena-mena terhadap Syaukani dan ini tidak manusiawi," katanya.


Dalam aksi damainya, para pengunjukrasa menyampaikan pernyataan sikap yang terdiri dari 4 butir. Pertama, tetap peduli terhadap perkembangan dan pembangunan politik yang kondusif di daerah Kaltim umumnya dan Kukar pada khususnya.


Kedua, menolak adanya statement yang mengarah kepada rekayasa politik yang dapat menciptakan instabilitas pembangunan di Kukar dan rasa kenyamanan berkehidupan yang dikaitkan baik langsung maupun tidak langsung dengan proses hukum yang dihadapi oleh Bupati Kukar.


Ketiga, meminta kepada DPRD Kukar menjaga aspirasi masyarakat Kukar untuk tetap mendukung pencalonan H Syaukani HR sebagai Calon Gubernur Kaltim periode 2008-2013.


DPRD Kukar juga diminta menentukan sikap bahwa proses pemeriksaan yang dilakukan terakhir terhadap Bupati Kukar yang dalam kedaan sakit oleh KPK adalah melanggar HAM seseorang sebagaimana yang diamanatkan dalam amandemen UUD 1945 Pasal 28.


Keempat, meminta agar masyarakat Kukar tetap bersatu menjaga stabilitas kehidupan bermasyarakat, serta bersama-sama mendoakan bagi kesembuhan H Syaukani HR agar segera terlepas dari persoalan yang sedang dihadapi.


Sementara Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi di hadapan para pengunjukrasa menyatakan dapat memahami aspirasi dan kepedulian pihak Aliansi Parpol Kukar dan Forsa terhadap Bupati H Syaukani HR.


Kendati demikian, Bachtiar Effendi menyampaikan pesan Bupati Kukar bahwa dia menginginkan agar masyarakat tetap tenang dan menjaga kedamaian di Kukar.


"Kita harus tetap menjaga keadaan daerah ini agar tetap kondusif. Jadi pak Syaukani minta agar masyarakat jangan melakukan tindakan melawan hukum selama beliau dalam pemeriksaan," kata Bachtiar menyampaikan pesan Syaukani yang diterimanya lewat SMS di ponselnya. (win/gun)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com