Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pengusaha dan Buruh Kayu Protes Penyitaan Kayu oleh Polisi

Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi (tengah) didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat menerima kedatangan pengurus Hikpaba Kukar yang dipimpin Asrul eddy (kanan)
Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi (tengah) didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat menerima kedatangan pengurus Hikpaba Kukar yang dipimpin Asrul eddy (kanan)
Photo: DPRD Kukar/Dian

KutaiKartanegara.com - 26/01/2007 00:55 WITA
Keberatan atas tindakan pihak Polres Kutai Kartanegara (Kukar) yang menyita 200 meter kubik kayu milik salah seorang anggotanya, puluhan orang warga yang terdiri dari pengurus Himpuan Pengusaha Kayu Bangunan (Hipkaba) Kukar dan para buruh kayu mengadu ke wakil rakyat di gedung DPRD Kukar.


"Pengamanan kayu yang dilakukan polisi itu tanpa sepengetahuan anggota Hipkaba dan terkesan sewenang-wenang. Mereka datang dan tiba-tiba memasang garis polisi," cetus Ketua Hikpaba Asrul Eddy dalam dengar pendapat bersama DPRD dan Muspida Kukar, Kamis (25/01) siang.


Hadir dalam kegiatan dengar pendapat yang difasilitasi Ketua DPRD Bachtiar Effendi itu di antaranya adalah Sekkab Kukar Drs HM Husni Tamrin MM, Kapolres Kukar AKBP Darmawan Sutawijaya, sejumlah anggota DPRD Kukar, serta beberapa pejabat dari dinas/instansi terkait.


Ditambahkan Asrul Eddy, anggotanya tidak ada melakukan praktek illegal logging atau pembalakan liar. "Apa yang dilakukan anggota Hipkaba selama ini hanya mengambil bagian sisa kayu hasil pembukaan lahan," tandasnya.



Sambil menanti perwakilan mereka berdialog dengan pihak terkait, para buruh kayu dengan sabar menunggu di luar gedung DPRD Kukar
Photo: DPRD Kukar/Dian

Menurutnya, pengelolaan kayu yang dilakukan pihaknya sebenarnya telah menjadi mata pencarian warga. "Masyarakat Kukar 75% memiliki pendapatan dari sumber usaha kayu lokal. Jika pemerintah daerah tidak memiliki perhatian terhadap pengelolaan kayu lokal, maka dikhawatirkan akan berdampak pada kehidupan ekonomi warga," ujar Asrul.


Dengan adanya pengamanan kayu yang dilakukan pihak berwajib tersebut, ujar Asrul, para pengusaha kayu bangunan di Kukar saat ini merasa terancam. Oleh karena itu, Asrul berharap agar penyelesaian masalah kayu anggota Hipkaba dapat secepatnya dituntaskan dengan bijak.


Menanggapi keluhan yang disampaikan Asrul, Kapolres Kukar AKBP Darmawan Sutawijaya mengatakan bahwa apa yang dilakukan pihaknya telah melalui prosedur yang ada. "Jadi, kami tidak melakukan tindakan di luar mekanisme atau tanpa dasar," tegasnya.


Darmawan dapat memaklumi keberatan yang disampaikan pengurus Hipkaba tersebut sebagai hal yang wajar. "Namun kami tidak akan menahan kayu warga kalau disertai surat dan dokumen izin yang lengkap. Tapi, jika tidak ada surat izin yang lengkap, maka sudah kewajiban kami untuk menahan kayu-kayu ilegal," kata Darmawan.


Menurut Darmawan, pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap praktik ilegal logging secaraq intensif di daerah ini. "Kami juga didukung dengan informasi masyarakat. Ini kan langkah kerjasama yang baik," tandasnya.


Kedatangan warga dari Hikpaba dan buruh kayu ini ke DPRD Kukar ini mendapat perhatian serius dari pihak Polres Kukar dengan menerjunkan puluhan personelnya. Aparat Polres Kukar ini telah berjaga-jaga di DPRD Kukar sebelum jajaran pengusaha dan buruh kayu tiba di gedung dewan.


Kendati situasinya cukup panas, pertemuan antara pihak Hikpaba dengan DPRD dan Muspida Kukar ini berjalan aman dan lancar. Usai dialog, warga Hikpaba membubarkan diri dengan tertib. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Difasiltasi Polres Kukar, Nenek Penyapu Jalan Yang Berkurban Sapi Itu Berangkat Ziarah ke Kalsel
Jasad Pria Ditemukan di Kolong Jembatan Desa Sumber Sari, Loa Kulu
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Duh, 3 Dari 4 Pelaku Percobaan Perampokan Toko Emas Ternyata Masih Pelajar SLTA
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com