Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pengusaha dan Buruh Kayu Protes Penyitaan Kayu oleh Polisi

Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi (tengah) didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat menerima kedatangan pengurus Hikpaba Kukar yang dipimpin Asrul eddy (kanan)
Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi (tengah) didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat menerima kedatangan pengurus Hikpaba Kukar yang dipimpin Asrul eddy (kanan)
Photo: DPRD Kukar/Dian

KutaiKartanegara.com - 26/01/2007 00:55 WITA
Keberatan atas tindakan pihak Polres Kutai Kartanegara (Kukar) yang menyita 200 meter kubik kayu milik salah seorang anggotanya, puluhan orang warga yang terdiri dari pengurus Himpuan Pengusaha Kayu Bangunan (Hipkaba) Kukar dan para buruh kayu mengadu ke wakil rakyat di gedung DPRD Kukar.


"Pengamanan kayu yang dilakukan polisi itu tanpa sepengetahuan anggota Hipkaba dan terkesan sewenang-wenang. Mereka datang dan tiba-tiba memasang garis polisi," cetus Ketua Hikpaba Asrul Eddy dalam dengar pendapat bersama DPRD dan Muspida Kukar, Kamis (25/01) siang.


Hadir dalam kegiatan dengar pendapat yang difasilitasi Ketua DPRD Bachtiar Effendi itu di antaranya adalah Sekkab Kukar Drs HM Husni Tamrin MM, Kapolres Kukar AKBP Darmawan Sutawijaya, sejumlah anggota DPRD Kukar, serta beberapa pejabat dari dinas/instansi terkait.


Ditambahkan Asrul Eddy, anggotanya tidak ada melakukan praktek illegal logging atau pembalakan liar. "Apa yang dilakukan anggota Hipkaba selama ini hanya mengambil bagian sisa kayu hasil pembukaan lahan," tandasnya.



Sambil menanti perwakilan mereka berdialog dengan pihak terkait, para buruh kayu dengan sabar menunggu di luar gedung DPRD Kukar
Photo: DPRD Kukar/Dian

Menurutnya, pengelolaan kayu yang dilakukan pihaknya sebenarnya telah menjadi mata pencarian warga. "Masyarakat Kukar 75% memiliki pendapatan dari sumber usaha kayu lokal. Jika pemerintah daerah tidak memiliki perhatian terhadap pengelolaan kayu lokal, maka dikhawatirkan akan berdampak pada kehidupan ekonomi warga," ujar Asrul.


Dengan adanya pengamanan kayu yang dilakukan pihak berwajib tersebut, ujar Asrul, para pengusaha kayu bangunan di Kukar saat ini merasa terancam. Oleh karena itu, Asrul berharap agar penyelesaian masalah kayu anggota Hipkaba dapat secepatnya dituntaskan dengan bijak.


Menanggapi keluhan yang disampaikan Asrul, Kapolres Kukar AKBP Darmawan Sutawijaya mengatakan bahwa apa yang dilakukan pihaknya telah melalui prosedur yang ada. "Jadi, kami tidak melakukan tindakan di luar mekanisme atau tanpa dasar," tegasnya.


Darmawan dapat memaklumi keberatan yang disampaikan pengurus Hipkaba tersebut sebagai hal yang wajar. "Namun kami tidak akan menahan kayu warga kalau disertai surat dan dokumen izin yang lengkap. Tapi, jika tidak ada surat izin yang lengkap, maka sudah kewajiban kami untuk menahan kayu-kayu ilegal," kata Darmawan.


Menurut Darmawan, pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap praktik ilegal logging secaraq intensif di daerah ini. "Kami juga didukung dengan informasi masyarakat. Ini kan langkah kerjasama yang baik," tandasnya.


Kedatangan warga dari Hikpaba dan buruh kayu ini ke DPRD Kukar ini mendapat perhatian serius dari pihak Polres Kukar dengan menerjunkan puluhan personelnya. Aparat Polres Kukar ini telah berjaga-jaga di DPRD Kukar sebelum jajaran pengusaha dan buruh kayu tiba di gedung dewan.


Kendati situasinya cukup panas, pertemuan antara pihak Hikpaba dengan DPRD dan Muspida Kukar ini berjalan aman dan lancar. Usai dialog, warga Hikpaba membubarkan diri dengan tertib. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com