Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Pengusaha dan Buruh Kayu Protes Penyitaan Kayu oleh Polisi

Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi (tengah) didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat menerima kedatangan pengurus Hikpaba Kukar yang dipimpin Asrul eddy (kanan)
Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi (tengah) didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat menerima kedatangan pengurus Hikpaba Kukar yang dipimpin Asrul eddy (kanan)
Photo: DPRD Kukar/Dian

KutaiKartanegara.com - 26/01/2007 00:55 WITA
Keberatan atas tindakan pihak Polres Kutai Kartanegara (Kukar) yang menyita 200 meter kubik kayu milik salah seorang anggotanya, puluhan orang warga yang terdiri dari pengurus Himpuan Pengusaha Kayu Bangunan (Hipkaba) Kukar dan para buruh kayu mengadu ke wakil rakyat di gedung DPRD Kukar.


"Pengamanan kayu yang dilakukan polisi itu tanpa sepengetahuan anggota Hipkaba dan terkesan sewenang-wenang. Mereka datang dan tiba-tiba memasang garis polisi," cetus Ketua Hikpaba Asrul Eddy dalam dengar pendapat bersama DPRD dan Muspida Kukar, Kamis (25/01) siang.


Hadir dalam kegiatan dengar pendapat yang difasilitasi Ketua DPRD Bachtiar Effendi itu di antaranya adalah Sekkab Kukar Drs HM Husni Tamrin MM, Kapolres Kukar AKBP Darmawan Sutawijaya, sejumlah anggota DPRD Kukar, serta beberapa pejabat dari dinas/instansi terkait.


Ditambahkan Asrul Eddy, anggotanya tidak ada melakukan praktek illegal logging atau pembalakan liar. "Apa yang dilakukan anggota Hipkaba selama ini hanya mengambil bagian sisa kayu hasil pembukaan lahan," tandasnya.



Sambil menanti perwakilan mereka berdialog dengan pihak terkait, para buruh kayu dengan sabar menunggu di luar gedung DPRD Kukar
Photo: DPRD Kukar/Dian

Menurutnya, pengelolaan kayu yang dilakukan pihaknya sebenarnya telah menjadi mata pencarian warga. "Masyarakat Kukar 75% memiliki pendapatan dari sumber usaha kayu lokal. Jika pemerintah daerah tidak memiliki perhatian terhadap pengelolaan kayu lokal, maka dikhawatirkan akan berdampak pada kehidupan ekonomi warga," ujar Asrul.


Dengan adanya pengamanan kayu yang dilakukan pihak berwajib tersebut, ujar Asrul, para pengusaha kayu bangunan di Kukar saat ini merasa terancam. Oleh karena itu, Asrul berharap agar penyelesaian masalah kayu anggota Hipkaba dapat secepatnya dituntaskan dengan bijak.


Menanggapi keluhan yang disampaikan Asrul, Kapolres Kukar AKBP Darmawan Sutawijaya mengatakan bahwa apa yang dilakukan pihaknya telah melalui prosedur yang ada. "Jadi, kami tidak melakukan tindakan di luar mekanisme atau tanpa dasar," tegasnya.


Darmawan dapat memaklumi keberatan yang disampaikan pengurus Hipkaba tersebut sebagai hal yang wajar. "Namun kami tidak akan menahan kayu warga kalau disertai surat dan dokumen izin yang lengkap. Tapi, jika tidak ada surat izin yang lengkap, maka sudah kewajiban kami untuk menahan kayu-kayu ilegal," kata Darmawan.


Menurut Darmawan, pihaknya telah melakukan pemantauan terhadap praktik ilegal logging secaraq intensif di daerah ini. "Kami juga didukung dengan informasi masyarakat. Ini kan langkah kerjasama yang baik," tandasnya.


Kedatangan warga dari Hikpaba dan buruh kayu ini ke DPRD Kukar ini mendapat perhatian serius dari pihak Polres Kukar dengan menerjunkan puluhan personelnya. Aparat Polres Kukar ini telah berjaga-jaga di DPRD Kukar sebelum jajaran pengusaha dan buruh kayu tiba di gedung dewan.


Kendati situasinya cukup panas, pertemuan antara pihak Hikpaba dengan DPRD dan Muspida Kukar ini berjalan aman dan lancar. Usai dialog, warga Hikpaba membubarkan diri dengan tertib. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Meriahnya Peluncuran Pilbup Kukar 2020
Digelar Selama 4 Hari, Pekan Kebudayaan Kukar Dilaksanakan di Planetarium
 
Bupati Kukar Lantik 107 Kades Hasil Pilkades Serentak 2019
Gerbong Mutasi Masih Bergerak, Bupati Edi Damansyah Lantik 98 Pejabat
 
Dampak Penetapan IKN, Dubes Malaysia Kunjungi Kukar Jajaki Peluang Investasi Baru
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
 
Kasus Pencurian Minyak Mentah dari Pipa Pertamina, Polisi Tangkap 3 Pelaku
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Hari Guru Nasional 2019: Ini Sambutan Nadiem Makarim Yang Bikin Para Guru Bersorak Riuh dan Bertepuk Tangan
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com