Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Meriah, Malam Peringatan Tahun Baru Islam di Muara Badak

Penampilan siswi TK/TPA Bintang Kecil yang turut menyemarakkan malam menyambut Tahun Baru Islam di Muara Badak
Penampilan siswi TK/TPA Bintang Kecil yang turut menyemarakkan malam menyambut Tahun Baru Islam di Muara Badak
Photo: Bastian

KutaiKartanegara.com - 21/01/2007 19:54 WITA
Suasana malam menyambut datangnya Tahun Baru Islam 1428 H di Kecamatan Muara Badak berlangsung semarak, Sabtu (20/01) malam. Ribuan warga tumpah ruah di sepanjang Jalan Sultan Hasanuddin, Desa Badak Baru, untuk menyimak tausiyah oleh Dai muda dari Makssar, Drs H Azhar Tumanggung MA.

Warga dengan tertib mengikuti seluruh rangkaian acara dengan duduk-duduk beralaskan karpet plastik yang telah dihamparkan pihak panitia. Apalagi acara ini juga dimeriahkan dengan atraksi kesenian oleh anak-anak Muara Badak, baik dalam bentuk suguhan tari tradisi maupun pembacaan puisi.

Dikatakan H Azhar Tumanggung, adalah Khalifah Umar bin Al Khattab ra yang pertama kali memperkenalkan penanggalan Hijriyah dengan mempergunakan hitungan bulan yang dimulai dari hijrahnya Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah pada 14 abad silam.

"Hari hijrah Rasulullah SAW tersebut ditetapkan sebagai tanggal 01 Muharram 0001 H atau bertepatan dengan tanggal 16 Juli 622 M," ujarnya.


Aksi anak-anak Muara Badak saat membacakan puisi
Photo: Bastian

Menurut Azhar, momentum bulan Muharram hendaknya bisa dijadikan sebagai bulan pembersihan diri dari segala dosa. Karena di dalam Islam, bulan Muharram merupakan salah satu bulan yang mendapatkan kemuliaan di sisi Allah SWT.

"Untuk itu mulai tahun 1428 H ini tidak boleh lagi ada anggapan bahwa bulan Muharram sebagai bulan 'Panas', atau sepanjang hari Sabtu di tahun 1428 H tidak boleh lagi ada anggapan bahwa hari Sabtu merupakan hari yang 'sial' sehingga banyak orang beranggapan bahwa jika memulai usaha, bepergian pada hari Sabtu sepanjang tahun ini akan membawa sial. Itu anggapan keliru!" ujarnya.

Seraya mengutip Hadits Nabi Muhammad SAW, Azhar mengatakan pada tanggal 10 bulan Muharram disunnahkan untuk melaksanakan puasa. Jika orang muslim yang melaksanakan ibadah puasa maka akan diampuni dosanya selama 2 tahun. Pada hari itu juga meruapakan hari ditetapkannya rezeki seorang hamba untuk satu tahun yang akan datang.

Dengan datangnya bulan Muharram, Ustadz Azhar berharap agar warga Muara Badak semakin meningkatkan semangat untuk memperbaiki ajaran Islam. "Jangan karena Muharram, musyrik merajalela. Misalnya, kalau ada orang yang mau pergi menunaikan ibadah haji, banyak orang yang menitipkan foto supaya disimpan di dekat Ka’bah agar dia bisa juga menunaikan ibadah haji," katanya.


Ustadz H Azhar Temanggung saat menyampaikan tausiyah di hadapan ribuan jamaah yang memadati Jalan Sulatan Hasanuddin, Desa Badak Baru
Photo: Bastian

"Atau ada yang minta fotonya ditaruh di Jabal Rahmah tempat bertemunya Nabi Adam dan hawa, supaya segera dapat jodoh. Yang terbaik adalah luruskan niat perbaiki aqidah," ujarnya lagi.

Hadir dalam acara memeriahkan Tahun Baru Islam ini di antaranya adalah Kepala KUA Muara Badak H Ichsanul Karim, Ketua MUI Kecamatan Muara Badak H Abdullah Syukur, pemuka agama, tokoh masyarakat, serta santri TK/TPA se-Badak Baru.

Peringatan Tahun Baru Islam di Desa Badak Baru ini terselenggara atas kerjasama Komunitas Masyarakat Islam Badak Baru dengan BDI (Badan Dakwah Islamiyah) BPMIGAS-VICO Indonesia.

Tampil menyemarakkan suasana malam peringatan Tahun Baru Islam ini adalah kelompok tari Zapin TK/TPA Bintang Kecil, pembacaan puisi dan kelompok Sholawat Habsi Desa Badak Baru yang mendapatkan sambutan hangat dari ribuan hadirin. (bas)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91, Bupati Kukar Ajak Pemuda Kawal Pembangunan
Kebakaran Hebat Landa Pemukiman Warga Dusun Sirbaya
 
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
Bupati Edi Damansyah Mutasi 10 Pejabat Pemkab Kukar
 
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
Berdayakan UKM Lokal, PHM Fasilitasi Kerjasama BUMDes Handil Terusan Dengan Mitra Kerja
 
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
Operasi Patuh Mahakam 2019: Polres Kukar Gencarkan Razia Kendaraan Selama 2 Pekan
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 1-1 Sriwijaya FC: Sempat Unggul, Naga Mekes Ditahan Imbang Laskar Wong Kito
Laga Hidup Mati Kontra Sriwijaya FC, Mitra Kukar Buru Poin Penuh
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com