Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Umat Kristiani Gelar Natal Bersama
Bupati Syaukani Ucapkan Shalom dan Selamat Natal Lewat Ponsel

Kelompok Vokal dari Yon Armed Jembayan tampil membawakan lagu rohani pada acara Natal Bersama di Gedung PKM Tenggarong Seberang, Rabu (09/01) malam
Kelompok Vokal dari Yon Armed Jembayan tampil membawakan lagu rohani pada acara Natal Bersama di Gedung PKM Tenggarong Seberang, Rabu (09/01) malam
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 10/01/2007 19:41 WITA
Kendati tidak dapat hadir karena masih menjalani perawatan di Jakarta, Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Syaukani HR masih menyempatkan diri untuk menyapa umat Kristiani Kukar pada acara Natal Bersama di Gedung Puteri Karang Melenu (PKM), Tenggarong Seberang, Rabu (09/01) malam.

Melalui telepon seluler milik Asisten IV Pemkab Kukar, HM Ghufron Yusuf, yang disalurkan ke sound system gedung PKM, suara orang nomor satu di Kukar ini masih terdengar cukup lantang dan jelas.

Bupati H Syaukani HR mengucapkan selamat Natal dan Tahun Baru 2007 kepada umat Kristiani Kukar. Syaukani juga meminta maaf karena tidak dapat menghadiri langsung gelar Natal Bersama ini. "Semoga berkah Natal memberikan damai sejahtera bagi kita," katanya.

Bupati H Syaukani HR juga meminta segenap umat Kristiani untuk mendoakan kesembuhannya, sehingga dapat kembali bertugas di Tenggarong dan berjumpa lagi dengan masyarakat. Di bagian akhir pesannya, Syaukani mengucapkan Shalom, dan kembali menyampaikan selamat merayakan Natal dan tahun baru.

Sementara Asisten IV Pemkab Kukar Ghufron Yusuf dalam sambutannya mengajak seluruh umat Kristiani untuk meningkatkan dukungannya kepada Pemkab dalam menyejahterakan masyarakat melalui program Gerbang Dayaku. Sebab tanpa dukungan yang berarti dari masyarakat, katanya, maka program ini akan jalan ditempat.

Dia juga meminta umat Kristiani untuk berupaya menciptakan suasana kondusif, sehingga akselerasi pembangunan di bawah pimpinan Bupati H Syaukani HR tetap berjalan sesuai visi dan misi program Gerbang Dayaku.

Kegiatan Natal Bersama yang digagas Badan Persekutuan Antar Gereja (BPAG) Kukar ini berlangsung meriah. Selain diisi dengan persembahan doa syukur dan puji-pujian serta renungan Natal oleh Pendeta Mayor CAJ Tomi Edward dari Bina Mental Kodam VI Tanjungpura Balikpapan, acara ini juga ditandai dengan penyerahan hadiah berbagai lomba.


Asisten IV Pemkab Kukar HM Ghufron Yusuf ketika menyerahkan hadiah bagi pemenang lomba
Photo: Joe

Sebagai puncak acara Natal Bersama ini, dilakukan penyalaan lilin Natal oleh pejabat Muspikab Kukar, sejumlah pejabat Pemkab, para Gembala Sidang dan Pastor serta tokoh organisasi massa di lingkungan gereja lainnya.

Menurut Ketua BPAG Kukar, Soeparlan, kegiatan Natal Bersama merupakan rentetan perayaan Natal Gerejawi yang bertujuan untuk membangun jemaat umat Kristiani sehingga memiliki peningkatan iman dan taqwa kepada Tuhan.

Dikatakan Soeparlan, tema Natal Bersama kali ini diambil dari tema Natal Nasional yang bersumber pada surat Efesus 2:14 yaitu Dialah Damai Sejahtera Yang Telah Mempersatukan. Sedang sub tema Natal Bersama ini yaitu Dengan Semangat Damai Sejahtera Natal, Kita Sukseskan Program Gerbang Dayaku II dan Zona Bebas Pekerja Anak (ZBPA).

Ditambahkannya, Natal Bersama umat Kristiani Kukar yang melibatkan jajaran besar TNI/Polri dan KORPRI Kukar ini digarap oleh BPAG Kukar. "Keberadaan forum BPAG Kukar adalah untuk membantu hubungan yang harmonis antar gereja dan hubungan gereja dengan Pemkab," ujarnya.

Menurutnya, BPAG Kukar saat ini membawahi 8 gereja, yakni Gereja Pantekosta Serikat Indonesia (GPSI), Gereja Kebangunan Kalam Allah (GKKAI), Gereja Bethel Indonesia (GBI), Gereja Sidang Jemaat Allah (GSJA), Gereja Protestan Indonesia (GPIB), Gereja Katolik St Pius X, Gereja Kemah Injil Indonesia (GKII) dan Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI).

Dalam kesempatan tersebut, Soeparlan memohon kepada Pemkab Kukar untu membantu membangunkan gereja bagi umat yang belum memilikinya. Menurutnya, masih ada tiga golongan umat Kristiani di Kukar yang sama sekali belum memiliki gereja permanen.

Selain itu, Soeparlan juga meminta kepada Pemkab Kukar untuk memberi lokasi lahan pemakaman bagi umat Kristiani. "Pemakaman bagi umat Kristiani yang ada di Tenggarong sat ini kondisinya sudah penuh. Untuk mencari lokasi pembangunan 'rumah masa depan' kami, kiranya Pemkab Kukar dapat membantu," demikian harapnya.

Kegiatan Natal Bersama umat Kristiani se-Kukar ini diakhiri dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba dalam rangka memeriahkan Natal. Untuk Lomba Paduan Suara, Juara I adalah GPIB, Juara II dari GPdI dan Juara III dari GKII.

Sedang untuk Lomba Vokal Grup, keluar sebagai Juara I adalah kelompok dari GKII, Juara II dari GKII Perjiwa dan Juara II dari GPdI. Penyerahan hadiah dilakukan Asisten IV Ghufron Yusuf dan Dandim 0906/TGR Letkol Inf Hardani Lukitanta Adi. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com