Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Aksi Damai PMII Kukar Sambut Tahun Baru
Serukan Penegakan Pemerintahan yang Baik dan Bersih di 2007

Ketua PMII Kukar Junaidi saat berorasi di bundaran Jembatan Aji Imbut, Tenggarong, tadi malam
Ketua PMII Kukar Junaidi saat berorasi di bundaran Jembatan Aji Imbut, Tenggarong, tadi malam
Photo: PMII Kukar/Edy Candra

KutaiKartanegara.com - 01/01/2007 16:28 WITA
Di tahun 2007, Pengurus Cabang (PC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Kutai Kartanegara (Kukar) menyerukan penegakkan pelaksanaan pemerintahan yang baik dan bersih di Kukar.

Seruan yang ditujukan kepada pihak eksekutif dan legislatif serta seluruh masyarakat Kukar ini disampaikan para aktivis PMII Kukar dalam aksi damai di bundaran Jembatan Aji Imbut, Tenggarong, tadi malam.

Aksi damai para pengurus baru PMII 2006-2007 yang menamakan dirinya Kabinet Pergerakan Murni ini dipimpin langsung Ketua PC PMII Kukar, Junaidi, yang baru terpilih dalam Konferensi Cabang ke-12 PMII Kukar 28-29 Desember 2006 lalu.

Dalam orasinya, Junaidi mengatakan bahwa perubahan menuju ke arah yang lebih baik butuh perjuangan dan pengorbanan. Perubahan yang diharapkan, menurutnya tidak lain adalah biaya makan yang mudah dicari, kemudian makin murahnya pendidikan dan kesehatan, serta pelayanan publik yang ramah dan pemerintahan yang baik dan bersih.


Aksi damai PMII Kukar juga diwarnai dengan pembagian selebaran pernyataan sikap PMII kepada para pengendara yang melintas
Photo: PMII Kukar/Edy Candra

Dikatakan Junaidi, program Gerbang Dayaku yang dijalankan Pemkab Kukar merupakan grand strategy pembangunan di Kukar yang diharapkan mampu membawa Kukar ke arah yang lebih baik.

"Yang jadi persoalan adalah ketika antara tekstual atau konsep program Gerbang Dayaku yang sangat cantik dan sangat cerdas tersebut tidak sesuai dengan konteks atau keadaan yang terjadi sebenarnya," katanya.

Selain itu, tambahnya, kelambanan pembangunan di Kukar tak lain disebabkan lemahnya pada tataran Middle Manager atau Pimpinan Level Menengah yang memiliki tugas sebagai pengimplementasi kebijakan.

Menurutnya, beberapa implementator atau pelaksana seperti kepala dinas/instansi/badan tertentu tidak mampu menerjemahkan dan melaksanakan program tersebut sesuai dengan harapan sehingga semuanya jadi stagnan alias jalan di tempat.

"Namun harus kita sadari pula bahwa program tersebut tidak akan berhasil kalau kita hanya menjadi penonton dan tidak mendukungnya, sebagai wujud kongkrit untuk mendukung program tersebut adalah dengan mengontrol dan mengkritisinya agar program tersebut tidak salah arah," tandasnya.


Salah seorang aktivis putri PMII Kukar membacakan puisi dalam aksi damai mereka tadi malam
Photo: PMII Kukar/Edy Candra

Untuk mewujudkan terciptanya Good and Clean Governance di Kukar, Kabinet Pergerakan Murni PMII Kukar mengeluarkan pernyataan sikap pergerakannya dalam rangka mengawali misi perubahan di awal tahun 2007 ini.

Sedikitnya ada 7 butir pernyataan sikap PMII Kukar tersebut. Pertama, akan melakukan kontrol atau dialog ke setiap dinas tentang arah programnya untuk mewujudkan program Gerbang Dayaku di Kukar.

Kedua, mengajak seluruh masyarakat Kukar untuk melakukan kontrol sosial terhadap pelaksanaan pembangunan di Kukar demi terwujudnya Good and Clean Governance. Ketiga, menuntut kepada Pemkab Kukar untuk selalu transparan dan responsif dalam melaksanakan kebijakan.

Keempat, meminta kepada Anggota DPRD Kukar untuk berkerja secara profesional dan proporsional untuk menjalankan fungsi kontrolnya sebagai wakil rakyat bukan wakil konglomerat/penguasa yang hanya mengurusi proyek pribadinya.

Kelima, mengharapkan kepada aparatur penegak hukum dari pusat sampai daerah untuk menegakkan hukum dengan adil, tidak hanya berfokus pada orang-orang tertentu saja.

"Keenam, untuk kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat Kukar, kami menuntut kepada pemerintah daerah dan DPRD Kukar untuk meningkatkan pelayanan publik di bidang Pendidikan, Kesehatan,dan membuka lahan perekonomian atau pekerjaan bagi seluruh masyarakat Kukar," seru Junaidi.

Dan terakhir, dengan memanasnya isu dan nuansa politik di Kukar, PMII Kukar menyerukan kepada masyarakat agar tidak terprovokasi untuk berbuat sesuatu yang melanggar hukum.

Aksi damai PMII Kukar menyambut pergantian tahun yang dimulai sejak pukul 20.00 WITA ini cukup menarik perhatian ribuan warga Tenggarong yang melintasi bundaran Jembatan Aji Imbut. Aksi tersebut baru berakhir sekitar pukul 22.00 WITA. (win)


Suasana aksi damai PMII Kukar dalam menyambut tahun baru 2007
Photo: PMII Kukar/Edy Candra

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Lagi Pasien Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 54 Persen
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com