Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Kukar Gandeng FKH Unair Kembangkan Ternak

Wabup Samsuri Aspar bersama PR II Unair Edy Wiyono Slamet saat menandatangani MoU Pengembangan Ternak
Wabup Samsuri Aspar bersama PR II Unair Edy Wiyono Slamet saat menandatangani MoU Pengembangan Ternak
Photo: Agus Salim

KutaiKartanegara.com - 28/12/2006 20:49 WITA
Guna mengembangkan sektor peternakan di wilayahnya, Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) menggandeng pihak Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Airlangga (Unair) Surabaya untuk bekerjasama dalam peningkatan produksi, reproduksi dan kesehatan hewan ternak

Kerjasama antara kedua belah pihak terangkum dalam Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani Wakil Bupati Drs H Samsuri Aspar MM bersama Pembantu Rektor II Unair Dr Edy Wiyono Slamet MSc, Rabu (27/12) kemarin di Tenggarong.

Kepala Dinas Peternakan (Disnak) Kukar drh Suriansyah HM mengatakan, MoU ini berkaitan dengan dukungan Unair Surabaya membantu Pemkab khususnya Disnak Kukar dalam upaya transfer teknologi melalui pelatihan reproduksi melalui pembuatan bayi tabung ternak sapi, kambing dan kerbau melalui kawin suntik.

Selain itu, pihak Unair secara berkala akan menurunkan timnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan ternak. Sementara untuk peningkatan produksi ternak akan dilakukan melalui upaya penggemukan ternak, pemilihan bibit ternak dan pengembangan ternak lokal khususnya sapi Bali.

Menurutnya, realisasi MoU ini akan dimulakan pada Triwulan II tahun anggaran 2007 mendatang. "Kerjasama ini merupakan langkah strategis dalam membangun peternakan di Kukar. Apalagi Kukar telah mencanangkan tiga zona pengembangan ternak baik sapi, kerbau dan kambing," katanya.

Misalnya untuk ternak sapi berada di wilayah Kukar pesisir seperti Samboja, Muara Jawa, Marangkayu dan sanga-Sanga. Kemudian untuk kambing berada di zona Kukar Tengah (Loa Kulu, Tenggarong seberang dan Loa Janan), sementara untuk ternak kerbau di wilayah zona Kukar Hulu (Muara Muntai, Kota Bangun dan Muara Wis).

Ditambahka Kepala Disnak Kukar, MoU ini juga bagian dari upaya mendukung program pemerintah Indonesia dalam mengembangkan usaha ternak nasional yang terangkum dalam Deklarasi Sumawa.

Sementara Wabup Samsuri Aspar dalam sambutannya menyambut baik terjalinnya kerjasama ini sebagai bentuk percepatan pembangunan sub sektor peternakan. Menurutnya, usaha peternakan sebagai komoditas pertanian secara luas selain sudah lama diakrabi masyarakat juga memiliki prospektifnya sangat cerah.

"Karena kebutuhan akan pemenuhan protein hewani semakin meningkat seiring dengan membaiknya tingkat pendapatan masyarakat dan ekonomi nasional pada umumnya," ujarnya.

Oleh karenanya Pemkab sangat antusias dalam pengembangan ternak ini yaitu selain dijadikan sebagai komoditas unggulan juga sebagai sarana pemberdayaan peternak sesuai dengan program Gerbang Dayaku Tahap II.

Sedang PR II Unair Dr Edy Wiyono Slamet mendukung sepenuhnya langkah Pemkab Kukar dalam usaha pengembangan ternak. Menurutnya, komitmen Pemkab Kukar dalam pengembangkan ternak sangat tepat, mengingat kebutuhan akan ternak nasional belum dapat dipenuhi dari dalam negeri.

Sisi lain dari pentingnya kerjasama ini menurut Edy adalah semakin terjaminnya produksi dan kesehatan ternak di Kukar. Hal ini berkat kemampuan teknologi yang dukungan SDM dari Unair yang berpengalaman dalam oleh reproduksi dan kesehatan ternak. (joe)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tambahan 10 Kasus Sembuh, Pasien COVID-19 yang Dirawat di Kukar Tinggal 7 Pasien
Kabar Baik, 4 Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan COVID-19
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com