Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Puncak Peringatan Hari Ibu ke-78
Perempuan Jangan Hanya Sebagai Pengguna Pembangunan

Dengan mesra Wabup H Samsuri Aspar bersiap menyuapkan nasi kepada istri tercinta yang disambut riuh rendah para hadirin pada syukuran Hari Ibu ke-78
Dengan mesra Wabup H Samsuri Aspar bersiap menyuapkan nasi kepada istri tercinta yang disambut riuh rendah para hadirin pada syukuran Hari Ibu ke-78
Photo: Evin

KutaiKartanegara.com - 22/12/2006 21:54 WITA
Harus diakui bahwa sudah banyak kemajuan yang dicapai kaum ibu dalam mengisi pembangunan. Kiprah mereka seperti di bidang politik dan pemerintahan, ekonomi, sosial, seni budaya dan sektor lainnya telah memberikan kontribusi yang luas dan positif bagi bangsa dan negara Indonesia.

Namun demikian, kita juga tak dapat menutup mata bahwa banyak juga di antara mereka yang menemui kendala mengakses peluang maupun kemajuan.

Hal lainnya yang perlu disikapi adalah masih ditemukannya tindak kekerasan di dalam dan di luar rumah, trafficking (perdagangan wanita) serta penyakit sosial lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa peran dan keberadaan kaum perempuan masih belum maksimal dibanding dengan kaum laki-laki.

Demikian hal tersebut diungkap Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Samsuri Aspar saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Ibu ke-78 di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagi.


Wabup H Samsuri Aspar memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Ibu ke-78 tadi pagi
Photo: Evin

Dikatakan Wabup Samsuri Aspar, hakekat peringatan Hari Ibu adalah untuk meningkatkan dan menyegarkan aspirasi masyarakat terhadap keluhuran kodrat, harkat dan martabat maupun kedudukan dan peran serta kaum perempuan Indonesia.

Menurut Samsuri Aspar, sangatlah tepat jika Hari Ibu tahun ini mengambil tema sentral yaitu Dengan Semangat Hari Ibu Kita Budayakan Kesetaraan dan Keadilan Gender.

Dengan tema ini, lanjut Wabup, perempuan didorong untuk berperan di segenap aspek pembangunan, serta aktif dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

"Dengan demikian keberadaan perempuan kedepan tidak boleh lagi hanya sebagai pengguna hasil pembangunan,” demikian katanya.


Penyerahan hadiah kepada para juara lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ibu oleh Wabup Samsuri Aspar
Photo: Evin

Upacara peringatan Hari Ibu ke-78 ditandai dengan pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kukar Dra Hj Rusdiah.

Hadir pada acara ini para pejabat Muspikab, anggota DPRD Kukar, pimpinan organisasi kewanitaan dengan peserta upacara yakni pegawai Pemkab Kukar, aparat TNI/Polri, anggota organisasi kewanitaan, LSM, anggota PKK, mahasiswa serta pelajar.

Usai upacara peringatan dilanjutkan dengan acara syukuran Hari Ibu di Ruang Serba Guna Kantor Bupati yang ditandai dengan pemotongan puncak nasi tumpeng oleh istri Wabup Kukar Ny Hj Farida Samsuri Aspar. Potongan tersebut kemudian diserahkan kepada suami tercinta.

Oleh Wabup Samsuri Aspar, nasi tumpeng lalu disuapkan ke istrinya. Sehingga momen saling suap ini membuat suasana syukuran peringatan Hari Ibu semakin meriah. Apalagi aksi pemotongan tumpeng dan menyuap nasi ini dilakukan istri pejabat Muspikab lainnya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan berbagai hadiah lomba yang diadakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ibu di Kukar. Di antaranya lomba memasak nasi goreng bagi bapak-bapak, lomba merangkai bunga, lomba paduan suara dan berbagai kegiatan lomba olahraga. Syukuran diakhiri dengan hiburan dan santap siang bersama. (ale)


Suasana upacara peringatan Hari Ibu ke-78 di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, yang diikuti berbagai organisasi kewanitaan se-Kukar
Photo: Evin

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com