Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Puncak Peringatan Hari Ibu ke-78
Perempuan Jangan Hanya Sebagai Pengguna Pembangunan

Dengan mesra Wabup H Samsuri Aspar bersiap menyuapkan nasi kepada istri tercinta yang disambut riuh rendah para hadirin pada syukuran Hari Ibu ke-78
Dengan mesra Wabup H Samsuri Aspar bersiap menyuapkan nasi kepada istri tercinta yang disambut riuh rendah para hadirin pada syukuran Hari Ibu ke-78
Photo: Evin

KutaiKartanegara.com - 22/12/2006 21:54 WITA
Harus diakui bahwa sudah banyak kemajuan yang dicapai kaum ibu dalam mengisi pembangunan. Kiprah mereka seperti di bidang politik dan pemerintahan, ekonomi, sosial, seni budaya dan sektor lainnya telah memberikan kontribusi yang luas dan positif bagi bangsa dan negara Indonesia.

Namun demikian, kita juga tak dapat menutup mata bahwa banyak juga di antara mereka yang menemui kendala mengakses peluang maupun kemajuan.

Hal lainnya yang perlu disikapi adalah masih ditemukannya tindak kekerasan di dalam dan di luar rumah, trafficking (perdagangan wanita) serta penyakit sosial lainnya. Hal ini menunjukkan bahwa peran dan keberadaan kaum perempuan masih belum maksimal dibanding dengan kaum laki-laki.

Demikian hal tersebut diungkap Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) H Samsuri Aspar saat memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Ibu ke-78 di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, tadi pagi.


Wabup H Samsuri Aspar memberikan sambutan pada upacara peringatan Hari Ibu ke-78 tadi pagi
Photo: Evin

Dikatakan Wabup Samsuri Aspar, hakekat peringatan Hari Ibu adalah untuk meningkatkan dan menyegarkan aspirasi masyarakat terhadap keluhuran kodrat, harkat dan martabat maupun kedudukan dan peran serta kaum perempuan Indonesia.

Menurut Samsuri Aspar, sangatlah tepat jika Hari Ibu tahun ini mengambil tema sentral yaitu Dengan Semangat Hari Ibu Kita Budayakan Kesetaraan dan Keadilan Gender.

Dengan tema ini, lanjut Wabup, perempuan didorong untuk berperan di segenap aspek pembangunan, serta aktif dalam proses pengambilan keputusan dalam upaya membentuk keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

"Dengan demikian keberadaan perempuan kedepan tidak boleh lagi hanya sebagai pengguna hasil pembangunan, demikian katanya.


Penyerahan hadiah kepada para juara lomba dalam rangka memeriahkan Hari Ibu oleh Wabup Samsuri Aspar
Photo: Evin

Upacara peringatan Hari Ibu ke-78 ditandai dengan pembacaan sejarah singkat Hari Ibu oleh Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kukar Dra Hj Rusdiah.

Hadir pada acara ini para pejabat Muspikab, anggota DPRD Kukar, pimpinan organisasi kewanitaan dengan peserta upacara yakni pegawai Pemkab Kukar, aparat TNI/Polri, anggota organisasi kewanitaan, LSM, anggota PKK, mahasiswa serta pelajar.

Usai upacara peringatan dilanjutkan dengan acara syukuran Hari Ibu di Ruang Serba Guna Kantor Bupati yang ditandai dengan pemotongan puncak nasi tumpeng oleh istri Wabup Kukar Ny Hj Farida Samsuri Aspar. Potongan tersebut kemudian diserahkan kepada suami tercinta.

Oleh Wabup Samsuri Aspar, nasi tumpeng lalu disuapkan ke istrinya. Sehingga momen saling suap ini membuat suasana syukuran peringatan Hari Ibu semakin meriah. Apalagi aksi pemotongan tumpeng dan menyuap nasi ini dilakukan istri pejabat Muspikab lainnya.

Dalam kesempatan itu juga diserahkan berbagai hadiah lomba yang diadakan dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ibu di Kukar. Di antaranya lomba memasak nasi goreng bagi bapak-bapak, lomba merangkai bunga, lomba paduan suara dan berbagai kegiatan lomba olahraga. Syukuran diakhiri dengan hiburan dan santap siang bersama. (ale)


Suasana upacara peringatan Hari Ibu ke-78 di halaman Kantor Bupati Kukar, Tenggarong, yang diikuti berbagai organisasi kewanitaan se-Kukar
Photo: Evin

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Hasil Telusur Kontak Erat KK-73: Warga Tenggarong Seberang Yang Bekerja di Samarinda Positif Terjangkit COVID-19
Positif Terjangkit COVID-19, 4 Pekerja Yang Hendak Kembali Bekerja di Loa Kulu
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Berlaku Hingga 31 Juli 2020, Bayar Pajak Kendaraan Diberi Keringanan dan Bebas Denda/Bunga
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Pantau Langsung Kondisi Pemain, Mitra Kukar Gelar Latihan Virtual
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Tahun Pelajaran Baru Mulai 13 Juli 2020, Pelajar di Kukar Tetap Belajar Dari Rumah
Pemkab Kukar Gratiskan Rapid Test Bagi Santri/Pelajar/Mahasiswa, Ini Syaratnya
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com