Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Gelar Sastra Kutai Ditandai Dengan Peluncuran Buku Antologi Puisi

Penampilan Hamsi Hamzah membawakan puisi bertajuk <i>Ayo! Berhimpitan</i> yang mengangkat masalah penderitaan rakyat kecil pasca kenaikan harga BBMPenampilan Hamsi Hamzah membawakan puisi bertajuk Ayo! Berhimpitan yang mengangkat masalah penderitaan rakyat kecil pasca kenaikan harga BBM
Photo: Agri


KutaiKartanegara.com - 19/12/2006 20:08 WITA
Komunitas Masyarakat Seni Kutai Kartanegara meluncurkan sebuah buku antologi puisi bertajuk Seteguk Mahakam dalam acara Gelar Sastra Kutai 2006 yang berlangsung di Gedung Putri Junjung Buyah, Tenggarong, Senin (18/12) malam.

Peluncuran buku kumpulan puisi karya 8 penyair tersebut ditandai dengan penyerahan buku oleh Karno Wahid kepada Staf Ahli Bupati Kukar Drs H Adji Muhammad dan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kukar Ds H Basran Yunus MM, serta kepada 5 perwakilan sekolah di Tenggarong.

Selain Karno Wahid, seniman dan tokoh masyarakat yang turut menyumbangkan puisinya dalam buku antologi Seteguk Mahakam adalah Buddi Warga, Dedi Sudarya, Hamsi Hamzah, Hj Maryati, Rita Widyasari, Syamsul Khaidir dan Sukardi Wahyudi.


Karno Wahid mewakili Komunitas Masyarakat Seni Kukar menyerahkan buku Antologi Puisi Seteguk Mahakam kepada Staf Ahli Bupati H Adji Muhammad dan Kepala Disparbud H Basran yunus
Photo: Agri

Yang menarik, seluruh penyair minus Ketua KNPI Kukar Rita Widyasari yang berhalangan hadir, tampil di atas pentas membacakan 1-2 karya puisinya. Tak ketinggalan Staf Ahli Bupati HA Muhammad dan Kepala Disparbud Kukar H Basran Yunus ikut ambil bagian membacakan puisi.

Selain diisi dengan pembacaan puisi, Gelar Sastra Kutai 2006 juga menampilkan para seniman tradisi yang membawakan seni sastra asli Kutai seperti Tarsul, Beladon dan Bedandeng. Dengan iringan musik tradisi yang khas, penampilan seni sastra asli Kutai ini mendapat sambutan hangat para hadirin.

Saat membuka Gelar Sastra Kutai 2006, Staf Ahli Bupati Kukar H Adji Muhammad yang bertindak mewakili Bupati H Syaukani HR mengatakan bahwa Pemkab Kukar sangat menyambut baik prakarsa Disparbud Kukar yang menggelar acara seni budaya seperti ini.


Gaya Anggota DPRD Kukar Dedi Sudarya saat membawakan puisi bertajuk Pagi Masih Begitu Buta
Photo: Yanda

Apalagi kegiatan seni sastra ini sangat jarang digelar di Kukar. "Dengan adanya acara ini membuktikan bahwa masyarakat Kukar masih memiliki komitmen kuat untuk mempertahankan nilai-nilai budaya yang mendapatkan tekanan budaya luar," ujarnya.

H Adji Muhammad berharap agar masyarakay Kukar khususnya insan sastra dapat terus mempertahankan serta mengembangkan seni sastra yang berkualitas.

Sementara dikatakan Kepala Disparbud Kukar H Basran Yunus, acara ini merupakan yang pertama kali digelar di Tenggarong yang diselenggarakan oleh Disparbud Kukar. Menurutnya, kegiatan seni budaya seperti ini merupakan salah satu penunjang untuk meningkatkan dunia pariwisata Kukar yang menjadi pilar ketiga program Pemkab Kukar melalui Gerbang Dayaku Tahap II.

Acara Gelar Sastra Kutai 2006 kemarin malam juga dimeriahkan dengan penampilan musik tingkilan dan tari Jepen yang dibawakan Sanggar Budaya Karya Dharma pimpinan M Arifin dari Kelurahan Loa Ipuh, Tenggarong. (win/nop)


Seni Bedandeng yang dibawakan Syaiful menjadi pamungkas Gelar Sastra Kutai 2006
Photo: Yanda

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Kebakaran Saat Subuh Hanguskan Fasilitas Umum di Desa Sebulu Ulu
Persiapan Perpindahan Ibu Kota Negara, Tim PPN/Bappenas Kunjungi Kukar
 
Pertama Kali, Edi Damansyah Lantik Pejabat di Jalanan Desa
Pejabat Tingkat Kelurahan Hingga Kepala OPD Dimutasi
 
Dampak Penetapan IKN, Dubes Malaysia Kunjungi Kukar Jajaki Peluang Investasi Baru
Pantau Harga Kebutuhan Pokok, Satgas Pangan Polres dan Disperindag Kukar Sambangi Pasar Mangkurawang
 
Lebih Satu Bulan Beraksi di Tenggarong, Maling Helm Ini Akhirnya Tertangkap
Terekam CCTV Bobol Kotak Amal Masjid Istiqlal Samboja, Dua Remaja Diamankan Polisi
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Mitra Kukar 2-2 Persewar Waropen: Naga Mekes Gagal Kembali ke Liga 1
Mitra Kukar Targetkan Kemenangan Atas Persewar di Laga Akhir Grup A
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Ribuan Siswa Ikuti Simpel Day Bankaltimtara 2019
Sempat Tertunda Akibat Kendala Teknis: Pelajar SMPN 1 Tenggarong Ikuti UNBK di Gedung Baru
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com