Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Hadi Sutanto Kunker ke Sebulu dan Muara Kaman

Bupati Kukar Hadi Sutanto (kanan) didampingi Camat Sebulu H Erlian saat memberikan pengarahan kepada aparat kecamatan Sebulu
Bupati Kukar Hadi Sutanto (kanan) didampingi Camat Sebulu H Erlian saat memberikan pengarahan kepada aparat kecamatan Sebulu
Photo: Joe

KutaiKartanegara.com - 22/03/2005 18:15 WITA
Setelah mengunjungi beberapa kecamatan di wilayah pesisir seperti Kecamatan Anggana, Marang Kayu dan Muara Jawa, Penjabat (Pj) Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Drs Hadi Sutanto dan rombongan Senin (21/03) kemarin mengalihkan kunjungan kerja (Kunker) ke wilayah pedalaman.

Ada dua kecamatan yang mendapat kunjungan kerja Bupati Kukar yakni kecamatan Sebulu dan Kecamatan Muara Kaman. Di Sebulu, Hadi Sutanto dan rombongan diterima Camat H Erlian SPd Ssos MM dan Muspika di kantor Camat Desa Sebulu Ilir. Sementara di Muara Kaman, Bupati Kukar diterima Camat Drs Asmuni dan jajaran staf.

Menurut Erlian Kecamatan Sebulu dengan luas wilayah sekitar 858 km persegi memiliki penduduk mencapai 31.332 jiwa atau 10.444 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di 13 Desa dan 2 desa persiapan.


Suasana pertemuan Bupati Kukar dengan aparat kecamatan Sebulu
Photo: Joe

Sebulu menurut Erlian memiliki potensi alam berupa berbagai jenis kayu hutan dan tambang batu bara. Potensi kehutanan seperti kayu meranti dan ulin sudah diekploitasi secara moderen sejak awal tahun 70 an oleh investor asing melalui PT Kutai Timber Indonesia (KTI).

Sedang potensi batubara baru dilakukan eksploitasinya awal tahun 1990an lalu. Potensi batubara ini ada yang dilakukan secara tradisional oleh masyarakat untuk kemudian hasilnya dijual secara eceran kepada perusahaan tambang batubara yang ada di sekitar Sebulu.

Sementara itu Camat Muara Kaman Drs Asmuni kepada Hadi Sutanto mengatakan, kecamatan Muara Kaman memiliki luas sekitar 341 km persegi dengan penduduk mencapai 30 ribu jiwa lebih yang tersebar di 19 desa.

"Muara Kaman berbatasan langsung dengan Kecamatan Sebulu dan Kota Bangun di selatan, Kabupaten Kutai Timur di Utara, di sebelah barat berbatasan dengan Kecamatan Kenohan dan Kembang Janggut, sedang di sebelah timur berbatasan dengan Kecamatan Merang Kayu.


Camat Drs Asmuni (kedua dari kanan) ketika memaparkan mengenai wilayahnya kepada Bupati Kukar dan rombongan
Photo: Joe

Pj Bupati Kukar Hadi Sutanto dalam sambutannya mengakui, kunjungan kerja ke beberapa kecamatan di Kukar ini perlu dilakukan karena dirinya belum mengenal lebih mendalam wilayah yang dipimpinnya.

"Sebagai pimpinan saya harus lebih cepat mengetahui wilayah yang saya pimpin. Dengan mengenal dan memahami wilayah, akan memberikan kontribusi yang positif dalam menentukan kebijakan," ujarnya.

Dikatakan hadi Sutanto, penunjukan dirinya sebagai Pj Bupati Kukar merupakan anugerah Tuhan yang tidak pernah terbayangkan selama 30 tahun kariernya sebagai abdi negara. "Kendati hanya 6 bulan bertugas saya merasa bersyukur dan menerima jabatan ini. Yah kenang-kenangan buat anak cucu bahwa saya dulunya pernah sebagai Ndoro Kanjeng (sebutan Bupati dalam Bahasa Jawa)," ujar Hadi Sutanto berkelakar.

Dalam kesempatan itu, Hadi juga meminta aparat di kecamatan Sebulu dan Muara Kaman untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada yang akan dimulai 1 Juni mendatang. Menurutnya, Pilkada sangat penting bagi kelangsungan jalannya roda pemerintahan dan pembangunan di daerah.

Hadi Sutanto yakin Pilkada di Kukar akan dapat berlangsung sukses karena tingginya kesadaran warga di Kukar dalam berdemokrasi seperti yang telah ditunjukkan dalam Pilpres putaran I dan II maupun beberapa Pemilihan Kepala Desa yang berlangsung di Kukar. "Saya jamin Kukar akan sukses melaksanakan Pilkada," ujar Hadi Sutanto dengan penuh optimis. (joe)


Pertemuan Bupati Kukar dengan aparat Kecamatan Muara Kaman, Senin (21/03) kemarin
Photo: Joe

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com