Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Tim Relawan Kesehatan Kukar Usai Laksanakan Tugas di Aceh

Para relawan Kesehatan Kukar ketika berada di Banda Aceh
Para relawan Kesehatan Kukar ketika berada di Banda Aceh
Photo: Koleksi dr Jantje T

KutaiKartanegara.com - 22/03/2005 14:51 WITA
Tim relawan kesehatan Kutai Kartanegara (Kukar) yang telah melakukan kegiatan kemanusiaan dalam rangka membantu korban musibah gempa bumi dan tsunami selama 3 pekan di Provinsi Nangroe Aceh Darussalam (NAD) telah kembali ke Tenggarong.

Tim yang dikoordinir oleh dr Jantje Taroreh beranggotakan 10 orang tersebut tadi pagi melaporkan kegiatan mereka selama bertugas di Provinsi NAD kepada Assisten I Bidang Pemerintahan Pemkab Kukar, Drs HM Husni Thamrin MM, di ruang kerjanya di Tenggarong.

Menurut dr Jantje Taroreh, selama bertugas di NAD mereka banyak melakukan kegiatan membantu meringankan korban bencana gempa bumi dan tsunami terutama di bidang kesehatan dan kegiatan sosial lainnya di 4 titik penampungan pengungsi di Kabupaten Pidie yakni di Kecamatan Ulim, Bandar Dua, Jangka Buya dan Kuto Kreung.


Warga Aceh ketika melakukan pemeriksaan kesehatan di Posko Kesehatan Kukar Peduli Aceh
Photo: Koleksi dr Jantje T

"Lokasi berada di sekitar kota Sigli (ibukota Kabupaten Pidie-red) yang berada di antara kota Lhokseumawe dan Banda Aceh. Di 4 tempat kegiatan ini merupakan pusat konsentrasi GAM terbesar di Aceh. Hal ini dapat terlihat dari banyak jumlah anak-anak dan wanita serta janda ketimbang pria yang mereka tangani kesehatannya," ujarnya.

Ditambahkan dr Jantje, di Kecamatan Ulim mereka menangani pelayanan kesehatan terhadap 202 pengungsi, kemudian sebanyak 200 orang di Kecamatan Jangka Buya, 178 orang di Kecamatan Kuta Kreung jumlah yang berobat 178 orang di Kecamatan ini pula tim relawan medis Kukar memberi bantuan obat-obatan pada 4 Puskesmas dan sebuah genset kepada pasantren yang ada di Kecamatan tersebut.

"Masyarakat sangat antusias menerima kami dan memberi dukungan sehingga memudahkan kerja kemanusiaan kami disana. Kendati suasana secara umum di wilayah tersebut masih belum kondusif. Kendala kami adalah komunikasi dengan warga karena sebagian besar warga hanya bisa berbahasa Aceh dan Arab," tutur Jantje.


dr Jantje Taroreh (kanan) menyerahkan piagam penghargaan dari Pemkab Pidie kepada Assisten I Drs HM Husni Thamrin MM
Photo: Joe

Ditambahkannya, akibat bencana itu banyak warga Aceh yang mengalami penyakit ISPA (Inspeksi Saluran Pernafasan Atas), Penyakit Kulit, diare dan sebagian gangguan kejiwaan.

Dan atas keterlibatan tim kesehatan Kukar di Aceh tersebut, ujar dr Jantje, pihaknya mendapat penghargaan dari Pemkab Pidie yang ditandatangani Wakil Bupati Pidie Drs H Jalaluddin Harun dalam bentuk piagam penghargaan.

Sementara itu Assisten I Drs HM Husni Thamrin MM mengatakan, bilamana masyarakat dan Pemda di Aceh masih membutuhkan bantuan kemanusian Pemkab Kukar siap untuk berpartisipasi. "Pemkab Kukar setiap saat siap memberikan bantuan dalam bentuk apapun yang dibutuhkan di Aceh," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, HM Husni Thamrin juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada anggota tim relawan kesehatan Kukar yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya untuk membantu warga Aceh yang tertimpa musibah.

Ke 10 anggota tim relawan kesehatan Kukar yang dikoordinir dr Jantje Taroreh masing-masing adalah dr Hariyanto, Ahweriansyah (Perawat Anestesi), M Ali Q AMd Kep (Anestesi), Imam Suprapto AMd Kep (Perawat UGD), Ardiansyah (UGD) Djailani AMd Kep (Perawat ICU), Kusnandar AMd Kep (ICU), Krisantus Kuwai AMd Kep (Perawat Bedah) dan Setya Bakti Amd Kep (Perawat VIP). Semuanya merupakan tenaga kesehatan asal RSUD AM Parikesit, Tenggarong. (joe)


Suasana Posko Kesehatan Kukar Peduli Aceh di salah satu tempat pengungsian warga Aceh yang menjadi korban gempa dan tsunami
Photo: Koleksi dr Jantje T

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Satu Lagi Pasien Sembuh, Kasus Sembuh COVID-19 di Kukar Capai 54 Persen
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com