Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Semarak Pembukaan Porprov III Kaltim 2006

Aksi salah seorang penari yang terlibat dalam tari massal Ragam Panorama Odah Etam
Aksi salah seorang penari yang terlibat dalam tari massal Ragam Panorama Odah Etam
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/11/2006 23:46 WITA
Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) III Kalimantan Timur (Kaltim) 2006 yang dibuka secara resmi oleh Wakil Gubernur Kaltim Yurnalis Ngayoh tadi siang di Stadion Rondong Demang, Tenggarong, berlangsung semarak.

Pembukaan ajang olahraga empat tahunan di Kaltim ini ditandai dengan penekanan tombol oleh Wagub Kaltim didampingi Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi dan Ketua Panitia Porprov III Drs H Samsuri Aspar MM.

Acara pembukaan diawali dengan defile wasit, disusul kontingen Porprov dari 13 kabupaten/kota se-Kaltim. Hampir seluruh defile kabupaten/kota tersebut dipimpin langsung oleh Bupati atau Walikota daerah bersangkutan. Seperti Walikota Balikpapan H Imdaad Hamid, Walikota Bontang H Sofyan Hasdam, Bupati Kutai Timur H Awang Faroek Ishak, dan Bupati Paser Ridwan Suwidi.

Sementara kontingen tuan rumah Kukar yang tampil di barisan terakhir dipimpin oleh Sekretaris Kabupaten Drs HM Husni Thamrin MM bersama beberapa kepala dinas/instansi Pemkab Kukar yang menjadi ofisial kontingen Kukar.


Mantan juara tinju nasional asal Kukar HM Arsyad dipercaya membawa obor Porprov III Kaltim 2006
Photo: Agri

Wagub Yurnalis Ngayoh dalam sambutannya mengatakan, penyelenggaraan Porprov merupakan event resmi tingkat provinsi yang telah digariskan oleh Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga KONI.

Menurut Wagub, kegiatan ini dimaksudkan untuk menggalang rasa persatuan dan kesatuan daerah di wilayah provinsi Kalimantan Timur, sekaligus sebagai media pengukuran kemajuan prestasi Kabupaten/Kota.

"Kemudian untuk memasyarakatkan olahraga dan mengolahragakan masyarakat, membentuk pembinaan dan peningkatan prestasi dalam rangka persiapan daerah menuju PON XVII 2008 dan penggalian potensi dan partisipasi masyarakat terhadap pembinaan olahraga di Kaltim," ujar Ngayoh.

Yurnalis Ngayoh juga mengatakan pencapaian prestasi tidak dapat dilaksanakan secara mendadak, tetapi melalui tahapan–tahapan pembinaan dan harus diselenggarakan secara berkesinambungan dan terus menerus.

Porprov sudah barang tentu memberikan rangsangan dan motivasi terhadap semua daerah untuk berpacu dan bersaing secara sehat dan positif. Momentum Porprov hendaknya dapat dijadikan barometer pembinaan olahraga di daerah yang perlu dilestarikan sehingga pembinaan bagi daerah Kabupaten/Kota dibakukan pada sisi lain secara otomatis merangsang program pembangunan di wilayah–wilayah yang selama ini tidak terjangkau secara pola otonomi dan era reformasi.


Salah seorang penerjun membawa bendera bergambar logo Porprov III Kaltim 2006
Photo: Agri

Sementara dikatakan Bupati Kukar H Syaukani HR, kegiatan ini merupakan kehormatan bagi pemerintah dan masyarakat Kukar, disamping untuk memberikan dukungan dan partisipasi aktif terhadap pelaksanaan Program Pembangunan Nasional khususnya sektor olahraga yang merupakan bagian integral dari pembangunan khususnya di wilayah Kukar.

Bupati Kukar juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kota Samarinda, Balikpapan dan Bontang yang telah memberikan dukungan positif sebagai lokasi pertandingan yang tak dapat dilaksanakan di Kukar.

Sedangkan Ketua Panitia Pelaksana H Samsuri Aspar dalam laporannya mengatakan, Porprov III Kaltim 2006 diikuti 13 Kabupaten/Kota se-Kaltim dengan jumlah atlit seluruhnya mencapai 7.041 orang.

Kontingen tuan rumah Kukar mengirimkan 1.336 atlit dan ofisial untuk 43 cabang olahraga (cabor), Kutai Barat 321 orang untuk 20 cabor, Kutai Timur 796 orang 40 cabor, Samarinda 1.034 orang 39 cabor, Balikpapan 833 orang 40 cabor, Tarakan 256 orang 26 cabor, Bontang 832 orang 41 cabor, dan Berau 365 orang 17 cabor.

Sedangkan Nunukan sebanyak 282 orang 21 cabor, Panajam Paser Utara 234 orang 21 cabor, Malinau 136 orang 12 cabor, Paser 378 orang 21 cabang, dan Kabupaten Bulungan hanya mengirimkan 238 orang untuk mengikuti 21 cabor.

Acara pembukaan Porprov III Kaltim 2006 juga ditandai dengan pengibaran bendera KONI, serta penyalaan obor yang dibawa mantan petinju nasional asal Kukar HM Arsyad.

Puncak acara pembukaan ditandai dengan atraksi drum band dari PKT Bontang, atraksi terjun payung dan dari 16 penerjun yang membawa bendera Merah Putih, bendera lambang daerah Kaltim, bendera logo Porprov III Kaltim 2006, serta bendera lambang daerah 13 Kabupaten/Kota se-Kaltim.

Sebagai pamungkas acara adalah pagelaran tari massal bertajuk Ragam Panorama Odah Etam garapan Lembaga Pembinaan Kebudayaan Kutai (LPKK) Tenggarong bersama seluruh komunitas seni budaya dan paguyuban yang ada di Kukar. (win)


Kontingen tuan rumah Kukar saat melakukan defile dipimpin Sekkab Kukar HM Husni Thamrin
Photo: Agri




Sajian pamungkas tari massal Ragam Panorama Odah Etam yang menghadirkan binatang mitos Kutai Kartanegara yakni Lembu Swana
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com