Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Polres Kukar Gelar Lomba Gema Takbir
Para Pejabat Takbiran, Wabup dan Sekkab Pukul Bedug

Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar tampil sebagai penabuh bedug mengiringi rekan-rekannya melantunkan takbirWakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar tampil sebagai penabuh bedug mengiringi rekan-rekannya melantunkan takbir
Photo: Agri


Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat membuka Lomba Gema Takbir dengan penabuhan bedug
Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat membuka Lomba Gema Takbir dengan penabuhan bedug
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/10/2006 18:50 WITA
Ada hal yang menarik pada malam menjelang Idul Fitri 1427 H, Senin (22/10) malam lalu. Sebanyak 11 orang pejabat teras Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) serta Muspida tampil sebagai peserta Lomba Gema Takbir di halaman Mapolres Kukar, Tenggarong.

Keikutsertaan para pejabat teras di Kukar tersebut tentu saja menjadi kejutan dalam lomba garapan Polres Kukar yang diikuti 25 peserta ini. Peserta kehormatan dengan nomor urut 1 ini terdiri dari Bupati Kukar H Syaukani HR, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi, Wakil Ketua DPRD Kukar HM Yusuf AS, Kapolres Kukar Darmawan Sutawijaya, Kepala Kandepag H Djamaluddin HD, dan Ketua PN Tenggarong Sudirman WP.

Kemudian ada pula 3 Asisten Sekkab Kukar seperti Asisten I H Adji Ridwan Sya'ranie, Asisten III AR Ruznie Oms dan Asisten IV HM Gufron Yusuf selaku pemimpin takbiran. Sementara selaku pemukul bedug, tak tanggung-tanggung menampilkan duet Wabup Kukar H Samsuri Aspar dan Sekkab Kukar HM Husni Thamrin.

Pukulan bedug kedua pejabat top Kukar saat mengiringi takbiran ini ternyata tidak main-main dan patut mendapat acungan jempol. Tepuk tangan meriah pun membahana begitu peserta kehormatan mengawali maupun mengakhiri penampilan mereka yang dibatasi selama 5 menit tersebut sesuai ketentuan lomba.


Sekkab Kukar HM Husni Thamrin yang ternyata cukup piawai dalam hal menabuh bedug
Photo: Agri

Namun di pertengahan jalan, Kapolres Darmawan Sutawijaya yang kasihan melihat Wabup H Samsuri Aspar mulai kewalahan menabuh bedug menawarkan diri untuk menjadi pemukul bedug. Wabup pun setuju kedua pejabat ini bertukar posisi.

Begitu penampilan peserta nomor urut 1 ini berakhir, Wabup Samsuri Aspar langsung berseloroh, "Ndak telepas tanganku (Mau copot tanganku-red)!" Para pejabat dan penonton pun tertawa geli mendengar pernyataan Wabup tersebut. "Kasihan pak Wabup kena kerjain," celetuk salah seorang pejabat sambil terkekeh.

Lomba Gema Takbir yang digelar Polres Kukar dalam rangka menyambut dan memeriahkan Idul Fitri ini dibuka Bupati H Syaukani HR usai pelepasan pawai takbir keliling kota di depan Masjid Agung Sultan Sulaiman.

Pembukaan Lomba Gema Takbir ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Kukar H Syaukani HR dan pejabat Muspida lainnya. Bupati H Syaukani HR dalam sambutannya menyambut baik digelarnya Lomba Gema Takbir ini.

Menurut Bupati Kukar, seni memukul bedug ini memang perlu dihidupkan kembali, seiring dengan mulai tenggelamnya seni memukul bedug. "Bahkan di kota besar sudah tidak kedengaran lagi," ujarnya.

Oleh karena itu, Bupati H Syaukani HR memberikan penghargaan kepada pihak Polres Kukar sebagai penggagas acara. "Karena itu wajar kita berikan applaus kepada Kapolres atas prakarsanya. Semoga acara ini terus bergaung dalam rangka meningkatkan syiar agama kita," demikian kata Bupati Kukar H Syaukani HR. (win)


Asisten IV HM Gufron Yusuf (tengah) saat memimpin takbiran, sementara Kapolres Kukar Darmawan Sutawijaya (kiri) dan Bupati H Syaukani HR menoleh ke arah Wabup yang sedang menabuh bedug
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com