Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Polres Kukar Gelar Lomba Gema Takbir
Para Pejabat Takbiran, Wabup dan Sekkab Pukul Bedug

Wakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar tampil sebagai penabuh bedug mengiringi rekan-rekannya melantunkan takbirWakil Bupati Kukar H Samsuri Aspar tampil sebagai penabuh bedug mengiringi rekan-rekannya melantunkan takbir
Photo: Agri


Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat membuka Lomba Gema Takbir dengan penabuhan bedug
Bupati Kukar H Syaukani HR didampingi Kapolres AKBP Darmawan Sutawijaya saat membuka Lomba Gema Takbir dengan penabuhan bedug
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 25/10/2006 18:50 WITA
Ada hal yang menarik pada malam menjelang Idul Fitri 1427 H, Senin (22/10) malam lalu. Sebanyak 11 orang pejabat teras Pemkab Kutai Kartanegara (Kukar) serta Muspida tampil sebagai peserta Lomba Gema Takbir di halaman Mapolres Kukar, Tenggarong.

Keikutsertaan para pejabat teras di Kukar tersebut tentu saja menjadi kejutan dalam lomba garapan Polres Kukar yang diikuti 25 peserta ini. Peserta kehormatan dengan nomor urut 1 ini terdiri dari Bupati Kukar H Syaukani HR, Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi, Wakil Ketua DPRD Kukar HM Yusuf AS, Kapolres Kukar Darmawan Sutawijaya, Kepala Kandepag H Djamaluddin HD, dan Ketua PN Tenggarong Sudirman WP.

Kemudian ada pula 3 Asisten Sekkab Kukar seperti Asisten I H Adji Ridwan Sya'ranie, Asisten III AR Ruznie Oms dan Asisten IV HM Gufron Yusuf selaku pemimpin takbiran. Sementara selaku pemukul bedug, tak tanggung-tanggung menampilkan duet Wabup Kukar H Samsuri Aspar dan Sekkab Kukar HM Husni Thamrin.

Pukulan bedug kedua pejabat top Kukar saat mengiringi takbiran ini ternyata tidak main-main dan patut mendapat acungan jempol. Tepuk tangan meriah pun membahana begitu peserta kehormatan mengawali maupun mengakhiri penampilan mereka yang dibatasi selama 5 menit tersebut sesuai ketentuan lomba.


Sekkab Kukar HM Husni Thamrin yang ternyata cukup piawai dalam hal menabuh bedug
Photo: Agri

Namun di pertengahan jalan, Kapolres Darmawan Sutawijaya yang kasihan melihat Wabup H Samsuri Aspar mulai kewalahan menabuh bedug menawarkan diri untuk menjadi pemukul bedug. Wabup pun setuju kedua pejabat ini bertukar posisi.

Begitu penampilan peserta nomor urut 1 ini berakhir, Wabup Samsuri Aspar langsung berseloroh, "Ndak telepas tanganku (Mau copot tanganku-red)!" Para pejabat dan penonton pun tertawa geli mendengar pernyataan Wabup tersebut. "Kasihan pak Wabup kena kerjain," celetuk salah seorang pejabat sambil terkekeh.

Lomba Gema Takbir yang digelar Polres Kukar dalam rangka menyambut dan memeriahkan Idul Fitri ini dibuka Bupati H Syaukani HR usai pelepasan pawai takbir keliling kota di depan Masjid Agung Sultan Sulaiman.

Pembukaan Lomba Gema Takbir ini ditandai dengan pemukulan bedug oleh Bupati Kukar H Syaukani HR dan pejabat Muspida lainnya. Bupati H Syaukani HR dalam sambutannya menyambut baik digelarnya Lomba Gema Takbir ini.

Menurut Bupati Kukar, seni memukul bedug ini memang perlu dihidupkan kembali, seiring dengan mulai tenggelamnya seni memukul bedug. "Bahkan di kota besar sudah tidak kedengaran lagi," ujarnya.

Oleh karena itu, Bupati H Syaukani HR memberikan penghargaan kepada pihak Polres Kukar sebagai penggagas acara. "Karena itu wajar kita berikan applaus kepada Kapolres atas prakarsanya. Semoga acara ini terus bergaung dalam rangka meningkatkan syiar agama kita," demikian kata Bupati Kukar H Syaukani HR. (win)


Asisten IV HM Gufron Yusuf (tengah) saat memimpin takbiran, sementara Kapolres Kukar Darmawan Sutawijaya (kiri) dan Bupati H Syaukani HR menoleh ke arah Wabup yang sedang menabuh bedug
Photo: Agri

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Tiga Lagi Warga Kukar Dinyatakan Sembuh Dari Paparan Virus Corona
Tambahan Satu Kasus Baru, Bayi 13 Bulan Asal Muara Badak Positif Terjangkit Virus Corona
 
Bekerja Dari Rumah Bagi Pegawai Pemkab Kukar Kembali Diperpanjang Hingga 29 Mei
Bupati Edi Damansyah Sampaikan LKPJ Tahun Anggaran 2019 Kepada DPRD Kukar
 
Tak Terdampak Pandemi COVID-19, PHM Tetap Jaga Produksi Migas Blok Mahakam
Mencicipi Kopi Nusantara Lewat Coffee Cupping
 
Beraksi di 30 TKP se-Kaltim, Sindikat Spesialis Tower Seluler Dibekuk Polres Kukar
Dua Pekan Pertama Tahun 2020, Polres Kukar Amankan 11 Tersangka Kasus Narkoba
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Tenggarong Kutai Carnival 2019 Angkat Tema Mandau, Tandok Payau dan Lai
Digelar Selama Sepekan, Festival Kota Raja 2019 Suguhkan Aneka Atraksi
 
Dukung Tenaga Kesehatan Hadapi COVID-19, Mitra Kukar Berikan Bantuan 200 APD dan 2000 Masker
Mitra Kukar 2-0 Martapura FC: Menang di Laga Perdana, JS Akui Masih Banyak Yang Harus Dibenahi
 
Meriah, Pembukaan TIFAF 2019 di Stadion Rondong Demang
Karnaval Seni Internasional Awali TIFAF 2019
 
Pertama di Kaltim, SMK YPK Tenggarong Jadi Proyek Percontohan Sekolah Digital
Hadirkan Nuansa Kutai Tempo Doeloe: SMAN 1 Tenggarong Gelar Lorong Budaya Mulawarman
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com