Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Mendiknas Harap Kukar Jadi Teladan Pembangunan Pendidikan

Mendiknas RI dengan seksama memperhatikan maket kampus Unikarta yang rencananya juga akan dibangun di Tenggarong SeberangMendiknas RI dengan seksama memperhatikan maket kampus Unikarta yang rencananya juga akan dibangun di Tenggarong Seberang
Photo: Agri


Para siswa SMA 3 Unggulan Tenggarong mengerumuni Mendiknas RI Bambang Sudibyo dan Bupati Kukar H Syaukani HR untuk bersalaman
Para siswa SMA 3 Unggulan Tenggarong mengerumuni Mendiknas RI Bambang Sudibyo dan Bupati Kukar H Syaukani HR untuk bersalaman
Photo: Agri

KutaiKartanegara.com - 12/07/2006 22:20 WITA
Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Prof Dr Bambang Sudibyo MBA berharap Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menjadi contoh atau teladan dalam pembangunan pendidikan terbaik di Indonesia. Dengan kekayaan sumber daya alamnya, Kukar memiliki kemampuan untuk mewujudkan hal itu.

Hal tersebut disampaikan Mendiknas RI tadi sore pada acara peletakan batu pertama proyek pembangunan sekolah unggulan di Kecamatan Tenggarong Seberang.

"Saya betul-betul berharap Kukar menjadi uswantun khasanah atau teladan bagi kabupaten-kabupaten lain di seluruh Indonesia bagaimana membangun pendidikan," ujar Mendiknas Bambang Sudibyo.


Mendiknas RI Bambang Sudibyo didampingi Bupati H Syaukani HR tampak antusias menyimak penjelasan Kadis PU Kukar Sugiyanto tentang pembangunan SMA Unggulan di Tenggarong Seberang
Photo: Agri


Mendiknas Bambang Sudibyo dibantu Bupati Kukar H Syaukani HR saat meletakkan batu pertama dimulainya proyek pembangunan SMA Unggulan di Tenggarong Seberang
Photo: Agri

Menurut Mendiknas, apa yang dilakukan hari ini adalah awal bagi Kukar dengan membangun sekolah unggulan mulai dari SMA, SMP hingga SD. Unggulan jika memakai istilah dalam UU Sisdiknas, lanjut Mendiknas adalah berarti bertaraf mutu internasional dan berbasis keunggulan lokal.

"Jadi kita ingin membangun bukan sembarang sekolah, tapi benar-benar sekolah unggul yang bisa dibanggakan dan dijadikan contoh bagi daerah-daerah lain bagaimana membangun pendidikan di Indonesia," imbuhnya.

Sementara Bupati Kukar Prof Dr H Syaukani HR MM dalam sambutannya mengatakan pembangunan sekolah unggulan ini merupakan komitmen Pemkab Kukar beserta masyarakat dalam upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mempersiapkan generasi muda yang mampu bersaing di era globalisasi.

Dikatakannya, sekolah unggulan yang pertama akan dibangun adalah SMA unggulan berbasis IT (teknologi informasi-red) dengan menempati lahan seluas 42 hektare. SMA Unggulan Kukar terdiri dari gedung belajar, laboratorium, perpustakaan, gedung serbaguna, asrama siswa, fasilitas olahraga serta rumah dinas guru. "SMA unggulan ini nantinya akan mampu menampung 219 orang pelajar se-Kukar maupun dari daerah lainnya," kata Bupati Kukar.

Ditambahkan Bupati H Syaukani HR, peningkatan kualitas SDM merupakan priortitas dalam program Gerakan Pengembangan dan Pemberdayaan Kutai (Gerbang Dayaku). "Kami telah membebaskan biaya sekolah sejak 2001 mulai dari SD hingga SMA baik negeri maupun swasta, termasuk membebaskan biaya ujian, pengadan angkutan pelajar, memberikan beasiswa bagi mahasiswa Kukar, serta pemberian insentif bagi guru," ujar Syaukani.

Selain dilakukan oleh Mendiknas Bambang Sudibyo, peletakan batu pertama pembangunan SMA Unggulan Kukar juga dilakukan oleh Bupati H Syaukani HR, sesepuh pendidikan nasional Prof Dr Warjiman Djoyonegoro, Anggota Komisi IV DPR RI Munawar Saleh dan Ketua DPRD Kukar H Bachtiar Effendi. (win)

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Bupati Edi Damansyah Paparkan Prestasi dan Capaian Pembangunan Kukar Tahun 2022
32 Pejabat Struktural dan Fungsional Pemkab Kukar Dimutasi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Kukarland Festival Jadi Agenda Tahunan di Kukar
Ada Pemecahan Rekor MURI di Kukarland Festival 2023
 
Susun Program Kerja 2023, Askab PSSI Kukar Laksanakan Kongres Biasa
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
 
Erau Adat Kutai Kembali Dilaksanakan, Sultan Kutai Jalani Ritual Beluluh
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com