Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
Agenda/Events
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Komunitas 1000 Guru Sambangi SDN 026 Lekaq Kidau

Para relawan program Traveling and Teaching 1000 Guru menyerahkan bantuan kepada Norya selaku Kepala SDN 026 Lekaq KidauPara relawan program Traveling and Teaching 1000 Guru menyerahkan bantuan kepada Norya selaku Kepala SDN 026 Lekaq Kidau
Photo: Istimewa


Para relawan Komunitas 1000 Guru saat mengajar di SDN 026 Lekaq Kidau, Sebulu
Para relawan Komunitas 1000 Guru saat mengajar di SDN 026 Lekaq Kidau, Sebulu
Photo: Istimewa

KutaiKartanegara.com - 26/08/2015 20:52 WITA
Puluhan murid SDN 026 Desa Lekaq Kidau, Kecamatan Sebulu, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), mendapat kesempatan berharga bertemu para relawan program "Traveling and Teaching" Komunitas 1000 Guru Regional Samarinda.


Kegiatan jalan-jalan sambil mengajar ini berlangsung selama tiga hari berturut-turut pada akhir pekan lalu, yakni mulai hari Jum'at (21/08) hingga Minggu (23/08) lalu.


Menurut Aldi Riandana selaku Ketua Panitia Pelaksana, kegiatan "Traveling and Teaching" Komunitas 1000 Guru ini dilaksanakan secara serentak di 23 provinsi di Indonesia, termasuk Kalimantan Timur (Kaltim).


"Untuk Kaltim sendiri ada 2 tempat yang menjadi tempat pelaksanaan program ini. Di desa Lekaq Kidau, Kabupatan Kutai Kartanegara, oleh Komunitas 1000 Guru Regional Samarinda. Kemudian ada pula di Kabupaten Paser oleh Komunitas 1000 Guru Regional Balikpapan," jelasnya.


Ditambahkan Aldi, untuk kegiatan Traveling and Teaching di SDN 026 Lekaq Kidau melibatkan 30 orang relawan. Mereka terpilih setelah lolos seleksi yang diadakan oleh panitia dari Komunitas 1000 Guru Regional Samarinda.


Para relawan tersebut memiliki latar belakang profesi yang berbeda-beda. Ada mahasiswa, PNS, penyiar radio, dan lain sebagainya. Selain berasal dari Kukar, ada pula relawan dari Samarinda, Bontang dan bahkan Jakarta.


"Salah satu relawan yang ikut program di SDN 026 Lekaq Kidau ini adalah Dina Noviyanti. Dia merupakan wakil Kalimantan Timur di ajang Pemilihan Puteri Indonesia 2015," terang Aldi.


Ditambahkan Aldi, konsep dari kegiatan ini adalah perpaduan antara hobi traveling atau jalan-jalan dengan keinginan untuk memajukan pendidikan di daerah terpencil atau pedalaman, khususnya di lembaga pendidikan yang kerap kekurangan tenaga pengajar.


Dalam program Traveling and Teaching di SDN 026 Sebulu itu, para relawan ikut mengajar sambil bermain di sekolah tersebut. "Di SDN 026 Lekaq Kidau di Kecamatan Sebulu ini fasilitasnya yang masih kurang memadai serta kurangnya tenaga pengajar. Di sekolah ini hanya 9 orang guru, 2 di antaranya adalah tenaga honorer. Mereka diharuskan mengajar 58 murid dari kelas 1 hingga kelas 6," katanya.


Selain mengajar di sekolah tersebut, tambah Aldi, para relawan juga mendapatkan kesempatan untuk mengenal dan mempelajari budaya setempat. "Jadi kita dapat menikmati dan mengetahui bagaimana masyarakat Dayak Kenyah Lepoq Bem hidup sehari-hari. Dari berladang, beternak hingga mengetahui makanan khasnya," ujarnya.


Kemudian pada malam hari, lanjutnya, relawan juga disuguhkan tarian-tarian khas masyarakat Dayak Kenyah yang bermukim di Desa Budaya Lekaq Kidau.


Menurut Aldi, program Traveling and Teaching bersama komunitas 1000 Guru di desa Lekaq Kidau ini merupakan yang kedua kali digelar di Kaltim, atau yang pertama oleh Regional Samarinda. "Ke depan, program ini akan menjadi agenda rutin bulanan. Setiap bulannya akan digelar di wilayah yang berbeda di Kaltim," ungkapnya.


Bagi warga Kaltim yang memiliki informasi tentang Sekolah Dasar atau sederajat yang membutuhkan bantuan, bisa segera menghubungi 1.000 Guru Regional Samarinda melalui media sosial seperti instagram @1000_guru_samarinda, akun twitter @1000_guru_smr atau lewat LINE resmi di @foo7943e.


"Informasi tentang pembukaan pendaftaran bagi relawan yang bersedia ikut untuk program berikutnya akan disampaikan lewat media sosial tersebut. Kami juga membuka donasi bagi masyarakat yang ingin membantu peningkatan pendidikan di wilayah Kaltim. Bisa berupa uang dan juga alat tulis, buku dan penunjang pendidikan lainnya. Semua akan kami salurkan pada saat kegiatan," pungkasnya. (win)


Ketua Panitia Pelaksana Aldi Riandana dan para relawan Komunitas 1000 Guru Regional Samarinda berbaur dengan para siswa SDN 026 Lekaq Kidau
Photo: Istimewa

 
Pasang Iklan
Pasang Iklan
Username
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Peringatan HUT Kota Tenggarong ke-240, Bupati Edi Damansyah dan Kerabat Kesultanan Kutai Ziarah ke Makam Aji Imbut
Bertabur Aneka Doorprize, Serunya Media Gathering PWI Kukar
 
Lima Kepala OPD Pemkab Kukar Resmi Dilantik
Ngapeh Hambat Pemkab Kukar Bahas 1 Tahun Kepemimpinan Edi-Rendi
 
PT Tunggang Parangan Perbaharui MOU Dengan Kejari Kukar
Semangat Baru PT Tunggang Parangan Untuk Berikan PAD Bagi Kukar
 
Pelaku Teror Masjid Diringkus Polisi, Mengaku Sering Keluar Masuk Rumah Sakit Jiwa
IRT Pelaku Pembakaran Rumah Ditangkap Dalam Perjalanan ke Banjarmasin
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Musisi Jazz Ardhito Pramono Apresiasi SetiaFest 2022
Fabio Asher Sukses Bikin Baper Penonton Konser SetiaFest 2022
 
Kalahkan LIP FC di Partai Final, TM FC Juara Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022
Liga 1 Askab PSSI Kukar 2022 Resmi Dimulai
 
Puncak Pelaksanaan Erau 2022 Ditandai Dengan Mengulur Naga dan Belimbur
Jaga Persatuan dan Kesatuan Melalui Pesta Adat Erau
 
SMAN 3 Samarinda dan SMPN 1 Tenggarong Juara Umum LKBB The Velocity of Nusantara se-Kaltim 2022
Penantian Panjang Hingga 8 Tahun, Gedung Baru SMAN 1 Tenggarong Akhirnya Siap Digunakan
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com