Kabupaten Kesultanan Wisata Seni Budaya Festival Erau Agenda Dokumen
       
Arsip Berita Gallery Download Direktori Data Forum Buku Tamu
RSUD A.M. Parikesit
mySamarinda.com
    Agenda/Events
 
 
Cerita Pendek

Akan Ku Tunggu
Oleh: Rhony Samlan

Beberapa menit lagi kapal fery akan segera berangkat. Akan tetapi mataku masih saja kesana kemari untuk mencari sesuatu. Atau lebih tepatnya seseorang. Biasanya setiap saat aku selalu berjumpa dengannya di kapal ini atau kapal satunya. Mengantri atau sudah berada di ...

Terima Remisi Kemerdekaan, 18 Napi Lapas Tenggarong Bebas

Bupati Kukar Rita Widyasari menerima SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang pemberian remisi bagi warga binaan Lapas Tenggarong yang diserahkan Kepala Lapas II B Tenggarong, M IksanBupati Kukar Rita Widyasari menerima SK Menteri Hukum dan HAM RI tentang pemberian remisi bagi warga binaan Lapas Tenggarong yang diserahkan Kepala Lapas II B Tenggarong, M Iksan
Photo: Humas Kukar/Rahman


Bupati Rita Widyasari mengucapkan selamat kepada warga binaan Lapas Tenggarong yang akan dibebaskan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-69
Bupati Rita Widyasari mengucapkan selamat kepada warga binaan Lapas Tenggarong yang akan dibebaskan pada perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-69
Photo: Humas Kukar/Rahman

KutaiKartanegara.com - 18/08/2014 16:11 WITA
Sebanyak 18 orang warga binaan atau narapidana Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Tenggarong menerima remisi umum II (RU II) dan langsung bebas di hari kemerdekaan, Minggu (17/08) kemarin.


Sementara 380 warga binaan lainnya menerima remisi umum I (RU I) dengan pemotongan masa tahanan yang bervariasi, mulai dari 1 bulan, 2, 3, 4 dan 6 bulan, terhitung mulai tanggal 17 Agustus 2014.


Pemberian remisi kemerdekaan ini dilakukan dalam sebuah upacara yang dipimpin Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari di lapangan voli Lapas Tenggarong, Sabtu (16/08) pagi.


Dalam upacara ini, Kepala Lapas Tenggarong M Iksan terlebih dahulu menyerahkan surat keputusan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Republik Indonesia tentang pemberian remisi kepada Bupati Rita Widyasari.


Selanjutnya, Bupati Rita Widyasari secara simbolis menyerahkan SK pemberian remisi kepada perwakilan warga binaan Lapas Tenggarong, baik yang hanya menerima pengurangan masa tahanan maupun yang akan dibebaskan.


Menkumham RI Amir Syamsudin dalam sambutan tertulis yang dibacakan Bupati Rita Widyasari mengatakan, rasa syukur dalam memperingati hari kemerdekaan menjadi milik segenap lapisan masyarakat, tak terkecuali para warga binaan.


Oleh sebab itu, lanjutnya, pemerintah memberikan apresiasi berupa pengurangan masa menjalani pidana atau remisi bagi mereka yang telah menunjukkan prestasi, disertai dedikasi dan disiplin yang tinggi dalam mengikuti program pembinaan, serta telah memenuhi syarat yang ditentukan.


Menurut Menkumham RI, remisi merupakan instrumen yang dapat mendorong narapidana untuk berperilaku baik selama menjalani pidana. "Karena remisi hanya akan diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik. Mereka yang melakukan pelanggaran peraturan tata tertib tidak akan mendapatkan remisi," tegasnya.


Ditambahkannya, pemberian remisi bukanlah suatu bentuk kemudahan bagi warga binaan untuk dapat cepat bebas. "Melainkan suatu sarana untuk meningkatkan kualitas diri sekaligus memotivasi diri, sehingga dapat mendorong warga binaan kembali memilih jalan kebenaran," demikian kata Menkumham seperti disampaikan Bupati Rita Widyasari.


Sementara menurut Kepala Lapas Tenggarong, M Iksan, kapasitas Lapas Tenggarong idealnya hanya bisa menampung 300 orang warga binaan. Namun, hingga saat ini total penghuni Lapas Tenggarong berjumlah 948 orang.


"Penuhnya Lapas ini selain dihuni warga binaan dari Tenggarong, juga disebabkan adanya titipan warga binaan dari daerah lain seperti Kutai Timur, Bontang dan Kutai Barat," ujarnya.


Jumlah warga binaan di Lapas Tenggarong, lanjut Iksan, selalu mengalami peningkatan dari per hari, per bulan bahkan per tahun. "Jadi tidak ada penurunan jumlah penghuni Lapas Tenggarong," pungkasnya. (man/win)

 
Pasang Iklan
Username  
Password  
Info Odah Etam
Politik & Peristiwa   Pemerintahan   Ekonomi & Bisnis   Hukum & Kriminal
Edi Damansyah Pimpin Peringatan Hari Pramuka ke-56
Warga Loa Ipuh Darat Ditemukan Meninggal Dunia Dalam Mobil
 
Program Satu RT Satu Laptop: 3.067 Ketua RT se-Kukar Akan Kebagian Laptop
Wah, Pemkab Kukar Raih Opini WTP Lima Kali Berturut-Turut!
 
Gandeng Pihak Kecamatan, Upaya BPJS Kesehatan Dongkrak Kepesertaan di Kukar
Kukar CSR Award Kembali Digelar Tahun Ini
 
Sabu Senilai Rp 1,5 Milyar Dimusnahkan Dengan Cara Diblender
Polres Kukar Ringkus Bandar Besar Narkoba di Samarinda
             
Hiburan   Olahraga   Seni Budaya   Pendidikan
Skid Row Puaskan Penonton Rock In Borneo 2017 Dengan 17 Lagu
Bawakan 10 Lagu, Jamrud Sukses Guncang Rock In Borneo 2017
 
Mitra Kukar 0-4 Borneo FC: Tiga Kartu Merah Warnai Derby Mahakam, Naga Mekes Tersungkur di Kandang
Mitra Kukar vs Borneo FC: Sama-Sama Bidik Kemenangan di Derby Mahakam
 
Dimeriahkan Tenggarong Fair, Festival Kota Raja VI Digelar Selama Sepekan
Erau 2017 Berakhir, Kesultanan Kutai Laksanakan Prosesi Mengulur Naga dan Belimbur
 
PMII-Lakpesdam PCNU Kukar Gelar Sarasehan Pendidikan
Ini Dia Kwarran Pramuka Kecamatan Paling Giat se-Kukar
Arsip Berita Berdasarkan Tahun :  
Arsip Berita Berdasarkan Kategori :  
             
Kabupaten
Kecamatan
Kesultanan
Festival Erau
Seni Budaya
Kesah Loco
Cerita Pendek
Wisata
Direktori
KutaiKartanegara.com